Pusat Bantuan > Cara Memulai > Bursa Mata Uang: Membeli / Menjual dan Pilihan Pasangan Mata Uang

Bursa Mata Uang: Membeli / Menjual dan Pilihan Pasangan Mata Uang

Dalam bursa mata uang, hanya satu mata uang yang bisa dibeli dan yang lainnya dijual (mata uang yang terjual digunakan untuk membeli mata uang yang dibeli). Mata uang yang dijual dan dibeli tersebut, telah ditentukan sebelumnya oleh dua hal dalam form order.

Pertama, apakah tombol “buy” atau “sell” yang dipilih dalam order form, dan yang kedua adalah pasangan mata uang yang mana yang dipilih.
Kalau kamu mau membeli atau menjual mata uang sekunder secara berpasangan (quote currency), kamu harus berpikir terbalik, karena tombol “buy” sebenarnya akan menjual mata uang sekunder di bursa untuk mata uang utama dan tombol “sell” akan membeli mata uang kedua menggunakan mata uang utama.
Berikut ini adalah kesimpulannya :

  • Jika tombol “buy” telah dipilih dan pasangan mata uang x/y juga sudah dipilih, maka mata uang x akan dibeli dan mata uang y akan dijual.
  • Jika tombol “sell” telah dipilih dan pasangan mata uang x/y juga sudah dipilih, maka mata uang x akan dijual dan mata uang y akan dibeli.

Contoh:
Jika kamu mengisi akun kamu dengan Rupiah (IDR) dan kamu ingin membeli Bitcoin (BTC), kamu bisa membelinya dengan melakukan order pembelian baru menggunakan pasangan BTC/IDR. Ini akan menukar IDR kamu untuk BTC sesuai rincian keterangan dalam form order kamu.

Ada pertanyaan lain?

Hubungi kami