Apa Itu Proses KYC (Know Your Customer)?

January 05, 2021

Mungkin beberapa dari Anda merasa asing dengan istilah KYC (Know Your Customer). Istilah ini seringkali digunakan oleh layanan penyedia jasa keuangan untuk mengetahui identitas pengguna. Kali ini, Zipmex akan mengulas apa itu KYC dan bagaimana proses KYC berlangsung.

Apa Itu KYC?

KYC, Know Your Customer atau Know Your Clients merupakan upaya yang dilakukan untuk memastikan dan juga memverifikasi identitas yang dimiliki oleh seseorang atau organisasi. Hal ini tentu dilakukan untuk mencegah tindak kecurangan atau transaksi yang mencurigakan. Secara singkat, KYC merupakan cara pengenalan secara mendalam.

Persetujuan proses KYC

Siapa Saja yang Menggunakan Ini? 

Biasanya yang menggunakan proses KYC adalah layanan penyedia jasa keuangan seperti perbankan dan asuransi. Namun saat ini, perusahaan fintech, telekomunikasi, dan berbagai jenis perusahaan lainnya turut menggunakan metode serupa.

Di Indonesia sendiri, KYC merupakan proses yang digunakan oleh jasa perbankan untuk mengetahui nasabah yang dimiliki. Seperti yang dilansir pada PPATK, KYC diatur secara khusus dalam Peraturan Bank Indonesia Nomor 3-10-PBI-2001 tentang Penerapan Prinsip Mengenal Nasabah. Pada Pasal 1 ayat 2 peraturan ini, KYC didefinisikan sebagai prinsip yang diterapkan bank untuk mengetahui identitas nasabah, memantau kegiatan transaksi nasabah, termasuk pelaporan transaksi yang mencurigakan.

Mengapa Proses KYC Menjadi Hal Yang Penting?

Proses KYC dilakukan untuk menghindari tindakan korupsi, penyuapan, atau pencucian uang. Hal ini dilakukan guna memastikan keamanan Anda, pelanggan lain, dan platform itu sendiri. Jika bank mengizinkan siapa saja untuk membuka rekening secara acak, bisa saja ada pihak tak bertanggung jawab membuka rekening atas nama Anda. Hal ini tentu saja merugikan Anda dan kemungkinan terburuknya data Anda digunakan untuk transaksi yang bersifat kriminal.

Jika tidak ada proses KYC, Anda tentu saja tidak akan merasa tenang dalam mempercayakan uang Anda kepada bank ataupun melakukan transaksi lainnya.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Proses KYC dapat dilakukan secara offline maupun online (E-KYC), sama halnya seperti Anda membuka rekening bank. Proses pertama KYC biasanya dimulai dengan pengumpulan data, antara lain nama, nomor identitas, tanggal lahir, dan alamat. Tingkat KYC bervariasi sesuai dengan sifat dan kebutuhan bisnis, misalnya: 

  • KYC menggunakan identitas atau dokumen apa pun secara online.
  • Panggilan video atau pertemuan langsung. 
  • Pemeriksaan latar belakang lengkap termasuk sumber pendapatan.

Setelah Anda melewati proses KYC, biasanya dilanjut dengan proses CDD atau Customer Due Diligence. CDD adalah tahapan ketika penyedia layanan menggali lebih dalam transaksi keuangan Anda, memeriksa informasi Anda dengan daftar sanksi, dan membandingkan informasi Anda dengan profil berisiko tinggi seperti korupsi, pencucian uang, dan Politically Exposed Persons (PEPs) .

Informasi KYC dan CDD dapat dianalisis oleh secara langsung seperti ketika staf bank membandingkan wajah asli Anda dengan ID Anda, atau dengan proses otomatis seperti sistem pemindaian wajah lainnya. Dari sana, bank dapat mengakses profil risiko Anda.

Proses tidak hanya berhenti setelah Anda selesai melewati CDD atau mulai menggunakan layanan. Perusahaan dan organisasi selalu memantau dan menghitung risiko untuk memastikan tidak ada aktivitas ilegal yang mencurigakan yang terjadi di platform mereka.

Proses KYC Pada Aset Digital

Jika terkait aset digital atau perdagangan aset digital, persyaratan KYC berbeda-beda di setiap yurisdiksi. Kami percaya, seperti layanan keuangan lainnya, bahwa pertukaran aset digital harus benar-benar mematuhi peraturan yang berlaku pada setiap negaranya. Kami bertujuan untuk menyediakan layanan perdagangan aset digital paling aman dan terpercaya untuk semua orang.

proses KYC zipmex

Di Zipmex, kami melakukan proses KYC pada setiap klien untuk memastikan keamanan terbaik bagi semua orang yang menggunakan layanan kami. Segera daftarkan diri Anda di Zipmex dan dapatkan layanan transaksi aset digital dengan tingkat keamanan tinggi!