Apa itu Cryptocurrency? Penjelasan Mengenai Aset Digital

September 01, 2020

Cryptocurrency dan aset digital terkadang digunakan secara bergantian, namun keduanya memiliki arti yang berbeda. Jika berbicara mengenai aset digital di industri selain industri keuangan, orang mungkin akan berbeda pandangan. Mari kita lihat apakah cryptocurrency itu dan apa bedanya dibanding dengan aset digital.

Apa itu Aset Digital?   

Pada umumnya, aset digital adalah segala konten yang disimpan secara digital. Konten yang sedang kamu baca, gambar yang ada di Facebook, dan semua konten Google yang kamu lihat adalah aset digital. Di sektor keuangan, aset digital biasanya disebut sebagai aset yang dapat diperdagangkan seperti token emas untuk perdagangan online emas atau cryptocurrency.

Apakah Cryptocurrency?   

Cryptocurrency atau aset digital dirancang untuk berfungsi sebagai media pertukaran. Cryptocurrency menggunakan cryptography untuk mengamankan dan memverifikasi transaksi sekaligus untuk mengendalikan pembuatan unit baru dari sebuah cryptocurrency tertentu. Pada dasarnya, cryptocurrency adalah sebuah entri terbatas di sebuah database yang tidak bisa diubah oleh siapapun kecuali sebuah kondisi tertentu terpenuhi. Cryptocurrency dapat dibeli, dijual, diperdagangkan atau disimpan. Cryptocurrency mewakili nilai untuk sebuah layanan yang dibangun lewat teknologi blockchain. Blockchain, kadang disebut sebagai Distributed Ledger Technology (DLT), membuat semua transaksi aset digital tidak dapat dirubah dan transparan melalui penggunaan hashing cryptography yang terdesentralisasi. Sebagian besar cryptocurrency berbasis teknologi blockchain menggunakan blockchain publik, namun, ada suatu jenis blockchain berbeda yang merupakan blockchain privat. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan baca disini.

Apakah cryptocurrency yang paling populer? 

Bitcoin adalah aset digital paling populer, karena Bitcoin adalah cryptocurrency yang pertama kali ada. Sejak awal, fungsinya  sudah terlihat sebagai penyimpan nilai dan teknologi yang akan mengubah cara orang bertransaksi satu sama lain. Teknologi blockchain bitcoin memungkinkan untuk meniadakan fungsi perantara untuk menciptakan suatu jaringan peer to peer yang aman dan terpercaya. Sejak Bitcoin diperkenalkan, mata uang digital telah terbukti sebagai investasi dengan tingkat pengembalian terbaik dibandingkan dengan semua saham yang tersedia. Hal ini tentunya adalah salah satu alasan utama mengapa sekarang ini orang terus berinvestasi pada Bitcoin. Selain Bitcoin, sudah ada lebih dari 5.000 cryptocurrency, dan mereka disebut sebagai Altcoin atau koin alternatif.

Apa yang dimaksud dengan kapitalisasi pasar dalam cryptocurrency? 

Kapitalisasi pasar atau market cap adalah jumlah dari saham dikalikan dengan harga saham saat ini. Pada cryptocurrency, kapitalisasi pasar adalah jumlah total koin yang ada di pasar dikalikan dengan harga koin tersebut saat ini. Jadi jika kamu cek pada tanggal 13 Mei 2020, kamu bisa lihat disana ada sekitar 18.376.156 BTC dalam sistem, dan harga pada pukul 11.30 wib adalah $ 8.910,08. Jadi, kapitalisasi pasar saat itu adalah sebanyak 18.376.156 x $ 8.910,08 = $ 163.732.989,783.

Apakah saya bisa memperdagangkan crypto currency secara legal? 

Di banyak negara, mata uang digital mempunyai undang-undang yang berbeda terkait penggunaannya. Perdagangan mata uang digital crypto/crypto seperti pasangan ETH/BTC adalah legal. Namun, peraturan untuk perdagangan pasangan crypto/fiat berbeda di setiap negara. Banyak pemerintah umumnya akan bersinggungan dengan perbankan atau jasa pengiriman uang setiap kali mereka akan menukar mata uang fiat ataupun sebaliknya. Karena itu sebaiknya pelajari lebih dahulu mengenai hukum di tempat kamu berada untuk memahami kewajiban pajak yang mungkin harus kamu laporkan.

Apakah saya bisa mengganti cryptocurrency menjadi mata uang normal ? 

Untuk meningkatkan kemudahan dalam pembelian Bitcoin dan Altcoin utama lainnya, pasangan fiat ke crypto diciptakan. Namun, exhange crypto atau bursa yang ingin menyediakan pasangan fiat ke crypto diwajibkan untuk mengajukan izin lisensi berdasarkan yurisdiksi masing masing negara. Di Indonesia, Zipmex sudah terdaftar di Bappebti dan mendapatkan legalitas untuk beroperasi. Ini berarti kami telah mempunyai lisensi untuk menyediakan pasangan BTC/IDR untuk para pengguna kami di Indonesia.

Kami sedang mengajukan permohonan untuk lisensi di beberapa negara seperti Singapura, dimana Undang undang tentang Aset Digital baru saja diterbitkan oleh badan regulator negara, MAS ( The Monetary Authority of Singapore). Karena Zipmex telah beroperasi di negara negara ini sebelum peraturan diberlakukan, kami diizinkan untuk beroperasi sementara sambil menunggu lisensi kami disahkan. Di Australia, Zipmex telah terdaftar dan teregulasi oleh AUSTRAC (Australian Transaction Reports and Analysis Centre). Sekarang, setelah mengetahui apa itu cryptocurrency, kami berharap agar kamu lebih percaya diri dalam berinvestasi didalamnya.

Silahkan lihat blog artikel kami untuk mempelajari lebih lanjut mengenai perdagangan aset digital, diantaranya, ‘Koin Mana yang harus Kamu Investasikan Terlebih Dahulu?’ Atau ‘Penjelasan Lengkap tentang Bitcoin’.Ikuti kami di Facebook dan Twitter untuk mengetahui perkembangan terbaru dan peluncuran resmi kami di Thailand dalam waktu dekat.