Apa itu Bitcoin? – Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Bitcoin

April 24, 2020

Apa itu Bitcoin?

Pikirkan Bitcoin seperti mata uang lainnya seperti USD atau THB. Anda dapat menggunakannya untuk membeli minuman dingin di hari yang panas di pantai. Perbedaannya adalah, ini digital, Anda tidak dapat menyentuhnya secara fisik seperti uang kertas atau koin. Transaksi Bitcoin diproses pada jaringan komputer terdesentralisasi yang disebut Blockchain.

Bitcoin (BTC) bukan satu-satunya mata uang digital di dunia. Menjadi aset digital pertama, BTC telah menginspirasi banyak lagi token yang akan dibuat; kami menyebutnya Altcoin atau koin Alternatif.

Bitcoin and Blockchain

Bitcoin adalah mata uang berbasis blockchain pertama, juga dikenal sebagai aset digital. Ini mengikuti metodologi desentralisasi dan didasarkan pada teknologi Blockchain, yang memproses transaksi dan mencatatnya dalam jaringan komputer. Ini memungkinkan Bitcoin dapat dilacak, aman, dan cepat sementara tidak ada pemerintah atau otoritas yang mengendalikannya.

Jaringan komputer di Blockchain ada di seluruh dunia. Tidak ada yang tahu persis berapa banyak komputer dalam sistem. Walaupun sebagian orang mengira itu bisa sekitar 3 juta komputer atau biasa disebut node.

Jaringan bitcoin blockchain sangat luas, dan setiap node memiliki salinan yang sama dari buku besar detail transaksi. Untuk mengubah atau meretas Bitcoin hampir tidak mungkin karena Anda perlu kompromi lebih dari 50% komputer dalam sistem, yaitu jutaan pada satu waktu.

Jika Anda memiliki buku besar pengeluaran Anda dan seseorang mengubah atau mencurinya, Anda mungkin tidak akan pernah mengingat informasi pengeluaran yang benar, bukan? Tetapi jika 100 orang di lingkungan Anda memiliki salinan buku besar Anda, dan seseorang mencuri buku besar Anda, Anda masih memiliki 99 buku besar lagi untuk merekonsiliasi transaksi. Memiliki jutaan komputer dengan salinan transaksi Bitcoin yang sama adalah salah satu alasan mengapa blockchain Bitcoin adalah salah satu sistem yang paling aman untuk transaksi keuangan.

Apa itu penambangan Bitcoin?

Karena bitcoin blockchain menggunakan jaringan komputer untuk memproses transaksi, diperlukan banyak kekuatan pemrosesan dari banyak komputer. Penambangan Bitcoin adalah ketika orang menggunakan kekuatan komputer mereka untuk membantu memproses transaksi Bitcoin, dan mendapatkan Bitcoin sebagai hadiah. Menambang adalah bagaimana Bitcoin dibuat (atau ditambang). Mirip dengan mengurus emas atau berlian, tetapi juga berbeda karena Anda menggunakan komputer sebagai alat.

Siapa pun dapat berpartisipasi dalam jaringan dan mulai menjadi penambang. Perhatikan bahwa penambangan Bitcoin menghabiskan banyak daya sehingga mungkin tidak sebanding dengan tagihan listrik Anda jika Anda menggunakan komputer biasa.

Banyak orang membangun infrastruktur penambangan Bitcoin mereka untuk mengoptimalkan alat mereka hanya untuk penambangan bitcoin. Beberapa orang bahkan membuat perusahaan sekitar ini dan memiliki beberapa server ukuran pabrik raksasa.

Berapa banyak Bitcoin yang ada?

Tidak ada otoritas tunggal untuk mengontrol pasokan Bitcoin seperti mata uang lainnya, tetapi itu tidak berarti siapa pun dapat membuat Bitcoin sebanyak yang mereka inginkan. Satu-satunya cara untuk memiliki lebih banyak Bitcoin dalam sistem adalah dengan menambangnya, bukan mencetaknya seperti uang kertas.

Pasokan maksimum Bitcoin adalah 21 juta. Ketika sebuah blok baru dibuat di Blockchain (yang berarti transaksi baru berhasil diproses), para penambang yang menggunakan komputer mereka untuk memproses transaksi mendapatkan BTC sebagai hadiah. Blok baru dibuat sekitar setiap 10 menit. Di awal tahun 2020, hadiah bitcoin per blok adalah 12,5 BTC, tetapi setiap empat tahun ada acara yang disebut Halving. Mengurangi separuh berarti hadiah BTC untuk penambang akan dipotong setengah. Setelah mengurangi separuh pada 13 Mei 2020, hadiah menurun menjadi 6,25 BTC per blok. Halving dirancang untuk mencegah hiperinflasi dalam Bitcoin sehingga tidak ada yang dapat membuat Bitcoin sebanyak yang mereka inginkan.

Pada 2104, semua 21 juta Bitcoin akan ditambang. Tidak ada lagi Bitcoin yang akan dibuat. Jadi, bahkan jika satu Bitcoin bernilai satu miliar dolar pada saat itu, kami tidak dapat memasukkan lebih banyak Bitcoin ke dalam sistem untuk mengendalikan deflasi atau mengurangi nilainya. Berita baiknya adalah Bitcoin dapat dibagi menjadi 8 digit, yang berarti Anda dapat menggunakan 0,00000001 BTC sekaligus.

Siapa yang menciptakan Bitcoin? 

Satoshi Nakamoto disebut-sebut sebagai pencipta Bitcoin pada tahun 2008, dan tetap tidak dikenal hingga hari ini. Tidak ada yang tahu apakah ini sebenarnya orang Jepang (berdasarkan namanya) atau sekelompok orang. Bitcoin misterius memicu banyak minat pada aset digital, mendorong penciptaan ribuan mata uang lainnya yang dikenal sebagai Altcoins.

Apa saja fungsi Bitcoin? 

Meskipun Bitcoin tidak diterima secara luas untuk pembayaran seperti metode tradisional seperti uang tunai atau kartu kredit, banyak organisasi dan individu mulai menerima Bitcoin sebagai bentuk pembayaran. Bitcoin juga memiliki banyak manfaat lain, seperti:

Transfer Internasional

Bergantung pada pertukaran yang Anda gunakan, untuk hanya 0,4% dari transaksi Anda dapat mentransfer dana Anda dan mereka akan tiba di sana dalam satu jam, daripada membayar biaya US $ 30 + dan hari-hari menunggu dana Anda untuk masuk ke akun lain untuk mendapatkan uangmu.

Transaksi

Gunakan sebagai ganti uang tunai. Banyak toko, baik online maupun offline, menerima Bitcoin sebagai bentuk pembayaran. Meskipun tidak secara umum diakui sebagai mata uang fiat. Microsoft telah menerima Bitcoin selama bertahun-tahun, dan Anda dapat memeriksa lebih banyak tempat yang menerima Bitcoin di Use The Bitcoin.

Penyimpanan Nilai

Di negara seperti Venezuela, di mana hiperinflasi membuat jutaan Anda berubah menjadi nol semalam, Bitcoin memberikan alternatif untuk menyimpan uang Anda terlepas dari volatilitasnya.

Perdagangan (Trading)

Karena harga Bitcoin masih fluktuatif; ini memberikan banyak peluang untuk trading. Anda dapat menganggapnya sebagai membeli aset keuangan (mis. Saham) saat harga turun dan menjualnya nanti saat harga naik. Namun, volatilitas berarti frekuensi perubahan harga yang lebih tinggi, sehingga Anda memiliki lebih banyak peluang untuk menangkap keuntungan dari perbedaan harga tersebut dibandingkan dengan saham. Beberapa orang (secara informal disebut Hodlers) percaya bahwa semakin banyak Bitcoin menjadi populer, semakin tinggi harganya, sehingga mereka terus membeli dan memegang sebagai bentuk tabungan.

Apakah trading Bitcoin menguntungkan? 

Volatilitas bitcoin masih tinggi dibandingkan dengan investasi tradisional lainnya. Tidak ada circuit breaker atau jeda pasar untuk menghentikan perdagangan ketika harga jatuh karena tidak ada otoritas yang mengendalikan Bitcoin. Jadi ada risiko tinggi tetapi juga peluang untuk pendapatan tinggi juga.

Anda mungkin bertanya-tanya berapa banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan jika Anda telah berinvestasi di Bitcoin sebelumnya. Harga Bitcoin rata-rata pada Januari 2019 adalah US $ 3.706, dan pada Desember 2019, itu US $ 7.293. Ini berarti Anda bisa mendapatkan untung 96,81% dalam 12 bulan.

Di sisi lain, jika Anda melihat skenario yang sama pada tahun 2018, Anda akan kehilangan -71,39% dari uang Anda karena harga Bitcoin rata-rata US $ 13.044 pada bulan Januari, tetapi itu hanya US $ 3.732 pada bulan Desember.

Berdagang Bitcoin berarti Anda harus siap menghadapi skenario terburuk untuk kehilangan sebagian besar uang Anda. Anda bisa mendapat untung besar dalam waktu singkat, tetapi juga membuat kerugian besar juga. Pastikan Anda tidak menaruh semua telur Anda dalam satu keranjang dan periksa blog kami untuk perdagangan yang aman.

*Data dari Coinmarketcap menggunakan harga rata-rata dalam USD

Bagaimana cara memulai trading Bitcoin?

Perdagangan Bitcoin bukanlah bisnis yang rumit. Anda hanya perlu memiliki akun atau dompet Bitcoin (wallet), sama seperti Anda membutuhkan rekening bank untuk menyimpan uang fiat Anda. Selama proses pembukaan akun, akan ada KYC (Kenali Pelanggan Anda) atau proses verifikasi sesuai dengan yurisdiksi Anda. Kemudian cukup masuk ke situs web dan pilih jika Anda ingin membeli atau menjual bitcoin, tentukan jumlahnya, dan harganya.

Beberapa situs web mungkin mengharuskan Anda untuk mentransfer uang ketika transaksi terjadi; beberapa mungkin meminta Anda untuk mentransfer fiat dan meninggalkannya di situs web mereka untuk membeli Bitcoin.

Selanjutnya, Anda dapat memperdagangkan Bitcoin dengan aset lain seperti Litecoin atau bahkan token emas, tergantung pada token pengupas yang ditawarkan penyedia layanan Anda.

Kami sarankan Anda hanya menggunakan platform yang diatur secara resmi untuk memastikan uang Anda ada di tangan yang dapat dipercaya. Di Thailand, Anda dapat memeriksa daftar pertukaran yang diatur di www.sec.or.th/EN/Pages/Shortcut/DigitalAsset.aspx

Jika Anda tidak yakin dengan mata uang mana untuk memulai perdagangan (ada lebih dari sekadar Bitcoin), periksa panduan kami di sini.

Apa saja tangangan Bitcoin?

Bitcoin memiliki potensi besar untuk mengganggu beberapa industri terbesar di dunia, yang mengakibatkan penolakan untuk melegalkan Bitcoin di banyak negara. Karenanya, kita masih dalam tahap awal dalam hal regulasi dan perpajakan.

Selain itu, Bitcoin masih lebih sulit digunakan daripada rekan-rekan tradisionalnya. Ini berarti memulai dengan Bitcoin tidak semudah menggunakan kartu kredit atau mentransfer uang melalui Paypal. Banyak orang dengan niat buruk dapat mengambil keuntungan dari kurangnya pengetahuan ini, yang dapat membuat Bitcoin terlihat menarik bagi banyak orang. Itu sebabnya di Zipmex, kami bertujuan untuk memberi Anda semua pengetahuan yang Anda perlukan untuk memulai. Tim kami juga sangat ramah dan senang berbicara dengan siapa pun yang baru mengenal Bitcoin; saluran kami selalu terbuka, jadi tolong kirimkan pesan / panggilan kepada kami setiap kali Anda tidak yakin akan sesuatu.

Sudah legalkah Bitcoin?

Status Bitcoin masih bervariasi di setiap negara. Selandia Baru baru saja menjadi negara pertama yang melegalkan pembayaran gaji dalam Bitcoin pada bulan Agustus 2019. Jepang juga mengakui Bitcoin sebagai mata uang tender legal pada bulan April 2017. Sementara Cina masih melarang perdagangan Bitcoin, ia mengeluarkan undang-undang mata uang digital yang mulai berlaku pada tahun 2020.

Banyak negara memiliki peraturan tentang perdagangan Bitcoin. Di Amerika Serikat, pertukaran Bitcoin harus memiliki lisensi berdasarkan undang-undang Bank Secrecy Act.

Di Indonesia, lisensi diperlukan agar semua bursa dapat beroperasi. Zipmex Exchange sudah diregulasikan oleh Bappebti di Indonesia.

Ikuti media sosial kami untuk launching official kami sebentar lagi!

Facebook: https://www.facebook.com/zipmexindonesia/

Twitter: https://twitter.com/zipmexindonesia

Telegram : https://t.me/zipmexindonesia