Apa Itu Stablecoin?

Posted on January 11, 2021 in Articles, Kriptopedia
View all Articles

Seperti yang diartikan secara harfiah yaitu ‘koin stabil’, stablecoin adalah aset digital dengan harga yang stabil. Koin digital ini dipatok terhadap aset yang dipesan seperti USD, emas, atau komoditas aset digital lain yang diperdagangkan. Tidak seperti Bitcoin dan Ethereum yang nilainya mudah berubah, koin jenis ini nilainya akan tetap stabil. Oleh karena itu, banyak bisnis dan perusahaan memilih untuk menggunakan aset digital ini karena terjamin tidak ada volatilitas harga.

Saat ini, terdapat tiga jenis stablecoin yang ada di pasar aset digital. Berikut merupakan jenis-jenis yang perlu Anda ketahui.

Stablecoin didukung oleh Fiat

Ini adalah jenis yang paling umum yang didukung oleh mata uang fiat lainnya dengan rasio 1:1. Mata uang fiat adalah mata uang yang umum digunakan seperti Euro, Rupiah, atau Dolar AS. Contoh: Tether (USDT), USD Coin (USDC), Indonesian Rupiah Token (IDRT). Penerbit stablecoin seperti perusahaan, bank, atau bahkan pemerintah harus memiliki jumlah uang yang sama di rekening Bank atau akun Trust mereka.

Stablecoin didukung oleh aset digital

Serupa dengan fiat, koin jenis ini yang juga dipatok ke dolar AS dengan rasio 1:1 namun jaminan yang mendasarinya adalah aset digital, bukan fiat. Proses penerbitan koin jenis ini dilakukan melalui beragam protokol yang dilakukan pada blockchain. Salah satu contoh utama di sini adalah stablecoin Maker DAO (DAI). Pengguna dapat mengunci sejumlah aset digital, seperti Ethereum (ETH) sebagai jaminan untuk peminjaman DAI yang dipatok harganya sesuai dengan Dolar AS.

Stablecoin Algoritma

Ini adalah jenis koin yang relatif baru dan belum banyak digunakan. Pada dasarnya stablecoin algoritma tidak memiliki jaminan. Stablecoin jenis ini menggunakan algoritma yang berbasis blockchain untuk memastikan koin akan selalu diperdagangkan dengan harga satu dolar AS. Contohnya adalah Basis dan Carbon USD.

Jika Anda tertarik untuk memiliki koin jenis ini, tentunya Anda bisa membelinya melalui Zipmex. Dengan Zipmex, Anda dapat melakukan transaksi secara instan, penarikan dan deposit langsung ke rekening bank Anda di Indonesia. Tukarkan aset digital Anda langsung dalam bentuk Rupiah dengan mudah.

Daftar sekarang dan Anda dapat melakukan transaksi aset digital kapan saja dan dimana saja.

———————————————

Cryptocurrency legal di Indonesia berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Bursa (Bappebti) pada Februari 2019.

Yuk, ikuti perkembangan dunia cryptocurrency dan trading aset digital hanya di akun media sosial Zipmex:

zipmex.co.id

Instagram Facebook Twitter