Apa dasar dasar yang perlu diketahui sebelum memulai trading?

September 01, 2020

Yang pertama dan paling penting, simpan login ke akun Zipmex kamu dengan aman. Jangan pernah memberitahukan ke orang lain, meski itu tim customer support kami. Begitu kamu sudah masuk, aktifkan two step authenticaion di area setting akun kamu untuk memastikan kamu mendapatkan tingkat keamanan tertinggi. Jangan lupa untuk membaca petunjuk mengenai aplikasi Google Authenticator seandainya kamu kehilangan handphone kamu dan tidak bisa akses kode autentikasi untuk masuk ke akun ZIpmex kamu.

Sebelum berinvestasi, sebaiknya kamu melakukan riset dan berusaha untuk memahami apa yang akan kamu investasikan. Jangan pernah berinvestasi pada sesuatu yang kamu tidak pahami sepenuhnya. Selain itu, kamu seharusnya hanya berinvestasi sesuai kemampuan kamu karena tingginya resiko kehilangan, karena aset digital bisa sangat tidak stabil.

Kami juga merekomendasikan untuk membaca halaman ini secara lengkap supaya kamu bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai jenis aset yang dapat kamu investasikan. Terakhir, jangan lupa untuk mencari saran mengenai keuangan dari seseorang yang kompeten jika kamu tidak yakin.

1. Membuat Dompet Aset Digital

Sebelum memulai trading, kamu akan diminta untuk memiliki sebuah wallet / dompet dengan membuka sebuah akun di platform exchange pilihan kamu. Tergantung dari platform exchange tersebut, kamu bisa menggunakan kartu kredit atau kamu bisa menghubungkan rekening bank kamu dengan dompet Bitcoin. Sama seperti dompet dalam bentuk fisik, Bitcoin kamu akan disimpan di dompet digital ini dimana kamu diizinkan untuk membeli dan/ atau menjual Bitcoin.

Platform exchange yang tersedia saat ini begitu simpel dan nyaman untuk digunakan, dan memungkinkan kamu untuk melacak Bitcoin kamu kapan saja dan dimana saja. Namun, kamu harus memilih platform exchange yang kredibel dan terpercaya yang memberikan keamanan yang baik dan mengurangi resiko adanya peretasan. Dan, tidak seperti rekening bank, dompet Bitcoin kamu tidak diasuransikan oleh Federal Deposit Insurance ataupun diawasi oleh suatu badan pengawas, meskipun beberapa exchange tetap mengasuransikan untuk mengantisipasi adanya peretasan.

Di Zipmex, kami menggunakan sebuah lembaga layanan kustodian dimana seluruh aset kamu disimpan dengan aman dan diasuransikan sampai dengan senilai $100 juta dollar US oleh Lloyd’s of London.

2. Berpegang pada rencana Stop Loss

Kamu harus menentukan tujuan kamu mengapa kamu melakukan trading Bitcoin. Jangan biarkan pasar yang menekan kamu untuk membeli atau menjual Bitcoin. Setiap kali kamu memasuki perdagangan, pastikan kalau kamu sudah memiliki rencana Stop Loss. Sebuah rencana Stop Loss harus berisikan harga masuk, level stop loss dan harga target yang kamu identifikasi.

Sell Stop Loss adalah sebuah alat yang efektif dalam mitigasi resiko kapanpun kamu mengeksekusi sebuah Sell Order karena itu menandai sejumlah nilai tertentu dibawah harga Buy in awal dan memberi tahu kamu kapan harus menarik diri dari penjualan. Ini membatasi potensi kerugian dari portofolio kamu.

Buy Stop Loss, di sisi lain, memberi tahu setiap kali aset digital kamu menyentuh harga tertentu diatas harga Buy in. Ini memungkinkan kamu untuk menghasilkan profit dan keuntungan pada saat terjadi volatilitas.

Memasuki perdagangan Bitcoin tanpa rencana stop loos beli/jual adalah bagaimana akhirnya pasar akan mengendalikan kamu dan mengambil uang kamu sebelum kamu menyadarinya.

3. Menggunakan Limit Order untuk membeli / menjual dengan harga yang kamu inginkan

Limit order adalah sebuah pesanan yang kamu tempatkan di order book dengan batas  harga tertentu. Limit price atau harga batas itu ditentukan oleh kamu sendiri. Jadi ketika kamu menempatkan sebuah limit order, perdagangan hanya akan dieksekusi jika harga pasar mencapai harga batas kamu. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan limit order untuk membeli dengan harga rendah atau menjual dengan harga yang tinggi dari harga pasar saat ini.

Berbeda dengan market orders, dimana perdagangan dieksekusi secara instan pada harga pasar saat ini, limit orders ditempatkan pada order book dan tidak langsung dieksekusi, yang berarti kamu bisa menghemat biaya sebagai market maker.

4. Tetap update tentang Pasar melalui media sosial

Platform media sosial seperti Twitter, Facebook dan Reddit merupakan alat yang efisien bagi seseorang untuk tetap update dengan status investasi di pasar aset digital serta untuk mengeksplorasi investasi di masa depan. Kamu bisa bergabung dengan channel grup chat ekslusif mengenai Bitcoin untuk mendapatkan real time update mengenai berita dan perkembangan terbaru di pasar.

Meskipun kamu tidak aktif di chat atau memberikan komen, kamu tetap dapat belajar teknik dari trader yang lebih berpengalaman dengan menyalakan notifikasinya. Dengan begitu, kamu akan segera mengetahui apabila ada berita terbaru yang masuk.

Pilihlah dengan lebih cermat grup atau channel mana kamu bergabung dan pastikan untuk memilih hanya akun resmi dari media sosial Bitcoin dan orang orang berpengaruh di pasar. Ketika kamu ter update, kamu akan tahu apabila Bitcoin sedang naik atau turun dan kenapa hal itu terjadi.

5. Belajar disiplin dan pengendalian diri

Untuk bisa menguasai emosi dan mood swing merupakan hal yang cukup penting. Kendalikan emosi dan mood kamu sewaktu melakukan trading, dan jangan biarkan perasaan dan suasana hati yang mengendalikan kamu. Suasana hati dan penyakit fisik akan membuat disiplin kamu goyah, dan akan membuat kamu mengambil keputusan yang terburu-buru, akhirnya kamu kehilangan modal kamu. Inilah sebabnya kamu tidak boleh memaksakan diri untuk melakukan trading jika kamu sedang merasa tidak enak badan, lelah atau marah.

Kesimpulan:

Bitcoin adalah salah satu aset digital unggulan dan paling dicari di pasar dikarenakan rendahnya jumlah pasokan yang beredar dibandingkan permintaan yang sangat besar dan lonjakan harga berikutnya. Namun demikian, perdagangan bitcoin hanya dapat benar benar bermanfaat jika kamu telah dipersenjatai dengan ketrampilan, pengetahuan dan pengalaman untuk menangani pasar aset digital yang sangat tidak stabil.

Dan sebelum kamu memulai perjalanan sebagai seorang trader, perlengkapi diri kamu dengan strategi trading, pikiran yang terbuka, pengendalian diri dan kedisiplinan. Dan tentunya, lakukan trading sesuai kemampuan finansial dan resiko yang bisa kamu tanggung.