Cara Menentukan Waktu yang Tepat untuk Take Profit dan Stop Loss

Posted on February 16, 2021 in Articles, Kriptopedia
View all Articles โ†’

Dalam trading, ada banyak investor yang masih merasa bingung ketika menentukan waktu untuk take profit dan stop loss. Sepintas, hal ini nampak wajar. 

Sebab, Anda tentu saja tidak tidak ingin salah menentukan level stop loss yang berdampak kehilangan banyak uang. Terutama saat nilai aset kripto bergerak ke arah bearish. Di sisi lain, investor juga tidak ingin menentukan level stop loss terlalu dekat. Sehingga risiko kehilangan uang akibat mengeluarkan aset terlalu dini bisa diminimalisir.

Disiplin dalam melakukan perdagangan aset kripto adalah salah satu kunci penting dalam melakukan trading. Anda mungkin telah menghabiskan banyak waktu untuk belajar candlestick chart atau analisis teknis. Namun, sayangnya, kerugian dalam trading adalah bagian yang tak terpisahkan dari perdagangan aset kripto. 

Berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan dalam menentukan waktu yang tepat untuk take profit dan cut loss.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Take Profit?

Kalimat ini merupakan salah satu pertanyaan yang seringkali dilontarkan oleh para trader. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda bisa memilih strategi yang dapat membantu Anda dalam menentukan kapan harus take profit.

Bandingkan Price Action dan RSI

Perbandingan antara price action dan relative strength index (RSI) merupakan indikator yang tepat untuk mengetahui harga masuk dan keluar. Membandingkan kedua harga tersebut dapat membantu Anda menemukan gambaran keuntungan. Sebagai contoh, berikut perbandingan harga  antara price action dan RSI berdasarkan grafik perumpamaan BTC/USD dalam kurun waktu empat jam. 

Anggaplah Anda memasuki posisi panjang setelah kondisi A. Pada puncak harga berikutnya, yaitu kondisi B, RSI membuat harga menjadi lebih tinggi. Artinya, ada momentum meningkatnya pembelian yang kuat sehingga mendorong harga naik. Kondisi B tentu pertanda baik untuk take profit.

Pada kondisi C, harga menguji ulang resistance level yang terbentuk oleh kenaikan harga sebelumnya dengan penurunan tajam pada RSI. Setelah periode konsolidasi, BTC dapat membuat satu gelombang terakhir dan naik menjadi 3.550 dolar AS. Kondisi C bisa menjadi tempat yang baik untuk menjual sebagian aset Anda dan menetapkan perintah stop loss di break-even point

Perhatikan Fibonacci Level 

Bitcoin dan aset kripto lainnya hingga saat ini masih dipengaruhi oleh bot dan algoritma perdagangan otomatis. Lingkungan pasar aset kripto ini cenderung mendorong harga pada level Fibonacci. 

Level fibonacci adalah garis horizontal yang menunjukkan kemungkinan keberadaan level support dan resistance. Berdasarkan kemungkinan itulah harga berpotensi berbalik arah. Fibonacci terkenal dengan kehandalannya ketika pasar sedang trending.

Sebagai trader, Anda dapat dengan mudah mendapatkan keuntungan dengan memperhatikan level Fibonacci, terutama selama retracements.

Masih dengan menggunakan grafik perumpamaan sebelumnya, yaitu BTC/USD dalam kurun waktu empat jam. Kita dapat melihat pergerakan naik dari 3.150 dolar AS menjadi 4.250 dolar AS. Mengikuti puncak lokal atau kondisi A, BTC menelusuri kembali ke 3.700 dolar AS (kondisi B), mengkonsolidasikan sebentar, dan kemudian membuat gerakan lain turun ke 3.550 dolar AS (kondisi C) sebelum tren naik terjadi.

Dengan grafik Fibonacci retracement di atas price action, menunjukkan bahwa retracement turun ke B sama persis dengan level Fibonacci 0,5, sedangkan pergerakan turun ke C berikutnya mencapai level Fibonacci 0,618.

Jadi, jika Anda membuka posisi short di BTC di sekitar A, level Fibonacci 0,5 dan 0,618 bisa menjadi tempat yang logis untuk mendapatkan keuntungan Anda dengan take profit.

take profit dan stop loss pada aset kripto
Pexels/D’Vaughn

Menentukan Waktu Stop Loss

Selain menentukan waktu yang tepat untuk take profit, trader juga harus mampu menetapkan batasan waktu stop loss pada tingkat yang logis. Penentuan waktu akan disesuaikan dengan kondisi pasar serta aset yang dimiliki. 

Pengaturan stop loss juga dapat diinformasikan oleh key support level. Secara bersamaan, level stop loss tidak boleh ditentukan terlalu ketat agar tidak terpicu fluktuasi pasar normal. Berikut metode yang bisa Anda gunakan untuk menentukan waktu stop loss yang tepat. 

Trailing Stop Loss

Trailing stop loss bergerak seiring dengan pergerakan harga yang bergerak searah dengan tren perdagangan. Ketika harga bergerak melawan perdagangan, trailing stop loss tidak bergerak.

Hasil dari metode ini adalah level stop loss yang relatif terhadap keuntungan pedagang tertinggi, bukan berdasarkan entry price. Penyesuaian dinamis dari level stop loss memungkinkan trader untuk menangkap atau menjaga sisi atas dari perdagangan sambil menjaga sisi downside. Dengan demikian, metode trailing stop loss juga dikenal sebagai profit protect stop.

Trailing stop loss dapat digunakan tanpa melakukan take profit sebelumnya. Metode trailing stop loss akan bekerja cukup baik pada pasar yang sangat trending karena trailing stop akan terus bergerak bersama pasar dan akan menutup perdagangan saat tren berbalik.

Manajemen Risiko 

Metode berikutnya yang dapat Anda terapkan dalam trading aset kripto adalah manajemen risiko. 

Manajemen risiko adalah upaya atau gagasan yang dapat membantu Anda melakukan trading aset kripto dengan lebih disiplin. Jika Anda melakukan trading dengan disiplin, kemungkinan besar Anda akan memenangkan โ€˜perangโ€™, kendati ada saatnya Anda tak beruntung. 

Di bawah ini adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam manajemen risiko yang harus Anda ketahui:

  • Jangan alokasikan seluruh dana yang Anda miliki. Siapkan sebagian saja dana yang Anda miliki untuk beberapa aset kripto
  • Pertimbangkan tingkat keyakinan dan peluang Anda saat melakukan trading. Kemudian ukur hasil trading sesuai dengan penilaian peluang Anda.
  • Selalu atur level Take Profit (TP) dan Stop Loss (SL). Dengan menetapkan level take profit dan stop loss, Anda tidak hanya mengamankan dana Anda di masa depan. Tetapi juga membuat Anda disiplin dan tidak menyerah pada rasa takut atau keserakahan.

Pasang Limit Harga Sebagai Upaya Meningkatkan Keuntungan

Untuk memudahkan Anda dalam menyusun strategi perdagangan dan meraih keuntungan, Anda dapat memasang limit harga sesuai diinginkan. Dengan Zipmex exchange, Anda dapat dengan mudah memasang limit harga jual dan beli aset. Anda bisa menggunakan fitur limit dan market order yang tersedia. 

Simak: Cara Memasang Limit Harga Pada Zipmex

Untuk memudahkan Anda dalam meraih keuntungan dalam trading, Anda bisa menyusun strategi take profit dan stop loss. Selain itu, Anda juga dapat mengandalkan daya analisis dan tidak melibatkan emosi dalam melakukan trading aset kripto dapat meningkatkan efisiensi Anda dalam mendapatkan keuntungan.

Zipmex hadir untuk memudahkan Anda dalam menyusun strategi take profit dan stop loss. Anda cukup menyiapkan strategi yang matang untuk bisa mendapatkan keuntungan saat melakukan investasi maupun trading

Dengan memasang limit harga pada penjualan dan pembelian aset kripto, Anda dapat menentukan berapa keuntungan yang ingin Anda dapatkan. Anda juga bisa menyiapkan strategi mengenai nominal biaya yang Anda siap untuk bayarkan.

Dengan Zipmex, investasikan kapan saja dan di mana saja.