Sembilan Petunjuk untuk Menemukan Penipuan Crypto

September 01, 2020

Tahun 2019 adalah tahun dimana banyak terjadi penipuan cypto. Sejak cryptocurrency menjadi populer, orang orang mulai bergabung dalam berbagai exchange atau bursa crypto untuk mendapatkan keuntungan melalui perdagangan crypto. Namun ada banyak penipuan yang menyebabkan banyak pengguna kehilangan lebih banyak dari yang mereka investasikan.

Menurut laporan dari CipherTrace, sebanyak $ 4.26 milyar dollar telah dicuri dari berbagai exchange crypto, investor dan juga pengguna. Sebuah exchange crypto dari Jepang yang sangat populer, BITpoint telah kehilangan sebanyak $ 28 juta dollar, dan mereka harus membayar kembali sekitar 5000 pelanggan mereka.

Koin Crypto yang paling sering dicuri adalah Bitcoin, Litecoin, XRP dan Ethereum. Sebuah exchange crypo terkenal, Binance, melaporkan telah dirampok sebanyak $ 40 juta dollar dalam bentuk Bitcoin. Para penipu itu tidak hanya mencuri sebanyak 7.000 Bitcoin, tetapi mereka juga mengambil kode Two Factor Authentication dan token API.

Cryptocurrency sangat tidak stabil, dan banyak platform perdagangan yang tersedia saat ini belum cukup mapan. Banyak exchange yang tidak menyediakan asuransi apapun, jadi kamu bisa saja kehilangan seluruh uang kamu. Oleh karena itu, sebelum kamu memulai melakukan trading atau berinvestasi, lakukan riset mengenai berbagai exchange yang ada dan cari tahu yang mana yang memberikan asuransi (kami akan beri tips, sangat jarang! – karena Zipmex adalah satu satunya exchange global yang memberikan layanan tersebut)

Seseorang harus waspada ketika berurusan dengan cryptocurrency, sehingga untuk membantu kamu, kami telah menyusun daftar sembilan petunjuk untuk menemukan penipuan cryptocurrency.

top view of a fingerprint viewed through a magnifying glass, against a white background

Sembilan Petunjuk untuk Menemukan Penipuan Crypto

ICO atau Whitepaper Palsu

ICO atau initial coin offerings membantu untuk mendapatkan beberapa investasi awal dalam menyiapkan cryptocurrency. Hal itu merupakan teknik penggalangan dana untuk sebuah cryptocurrency baru. Selama beberapa tahun terakhir, para investor telah  menggelontorkan dana mereka ke lebih dari 1000 ICO.

Banyak dari ICO yang sudah resmi, tetapi juga ada banyak dari mereka yang baru mengenal bisnis ini dan belum ada pengalaman sebelumnya. Karena sekarang ada banyak investor untuk cryptocurrency, ICO yang palsu bisa saja lolos dengan penipuan crypto mereka. ICO yang palsu biasanya cenderung untuk memalsukan Whitepaper mererka. Whitepaper palsu itu mungkin disalin dari whitepaper yang sudah ada dan bisa terlihat seperti asli.

Sebelum kamu memulai berinvestasi di suatu ICO apapun, kamu bisa melakukan beberapa riset tentang tim dan whitepaper mereka. Kamu bisa meng-copy-paste isi dari whitepaper mereka di Google dan memastikan apakah ada yang cocok dengan nya.

Exchange yang belum teregulasi

Beberapa exchange biasanya akan mempersulit penarikan uang setelah kamu berinvestasi disana. Mereka membebankan biaya komisi yang tinggi, dan kamu bisa kehilangan banyak uang. Para investor dan pengguna harus lebih waspada terhadap exchange yang suka menjanjikan keuntungan tinggi dan berbagai promosi.

Sebelum kamu mendaftarkan diri pada exchange crypto apapun, kamu harus membaca syarat dan ketentuan mereka dengan teliti.

Dompet Palsu

Ada berbagai dompet crypto di pasar bisa menampung coin crypto kamu. Tetapi tidak semuanya resmi. Sejak meningkatnya penipuan crypto, kemunculan dompet palsu juga ikut meningkat. Mereka menawarkan sebagai tempat untuk menyimpan koin kamu tetapi begitu kamu memuat saldo disana, kamu bisa kehilangan semuanya.

Selalu gunakan dompet yang resmi meskipun mereka membebankan biaya untuk pendaftaran.

Perdagangan Bitcoin

Bitcoin adalah salah satu cryptocurrency unggulan di pasar dan salah satu koin yang sering digunakan dalam penipuan crypto. Berbagai exchange yang menawarkan perdagangan bitcoin memberikan akses yang mudah sewaktu seseorang melakukan investasi tetapi akan kesulitan sewaktu melakukan penarikan.

Bitcoin sangat tidak stabil, dan kadang beberapa exchange membutuhkan waktu yang cukup lama dalam memproses order sehingga dalam situasi ini, semua keuntungan kamu bisa lenyap. Selalu waspada tentang perdagangan Bitcoin ini dan terus lakukan analisis status pasar.

Peniruan

Phising adalah salah satu trik lama yang sering digunakan. Banyak penjahat dunia maya yang bisa meniru exchange terkenal, dan mereka bertujuan untuk mencuri kredensial login kamu. Di beberapa kasus, cukup sulit untuk mendeteksi peniruan semacam itu.

Sudah ada beberapa laporan mengenai berbagai kasus peniruan identitas pejabat dan CEO perusahaan yang menawarkan berbagai macam promosi untuk memikat calon pengguna. Biasanya hal ini disebut dengan serangan multi vektor. Ini menggabungkan rekayasa sosial, phising bahkan sampai  ke panggilan telepon.

Kamu bisa menelusuri tim itu atau menghubungi seseorang di dalam.

Media sosial

Media sosial adalah sebuah platform untuk memverifikasi kredensial dari berbagai pegawai di tim cryptocurrency. Tetapi ini juga sebagai platform untuk  para penipu dan trader palsu  yang menyamar sebagai trader yang resmi.

Untuk mengatasi hal seperti ini, kamu bisa menghindari semua pesan pribadi yang menawarkan berbagai promosi tentang crypto.

Email spam

Jangan pernah mengklik tautan apapun tentang promosi atau penawaran mengenai crypto. Email tersebut mungkin saja terlihat resmi, tetapi sebaiknya kamu menghindarinya daripada kehilangan semua uang kamu. Phising adalah sebuah penipuan internet yang umum, dan kamu tidak boleh menjadi korbannya.

Pump & Dump

Mekanisme pump & dump adalah sebuah metode penggelembungan saham sebuah komoditas dan kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi. Dalam penipuan ini, mereka mengggunakan platform media sosial yang terkenal seperti Facebook, Telegram atau Twitter.

Mereka membentuk sebuah komunitas yang luas dan mulai mencari cryptocurrency apa yang paling sering digunakan untuk penipuan. Kemudian mereka membeli koin tersebut di harga yang rendah dan mereka membantu menaikkan nilainya untuk kemudian dijual dengan harga tinggi.

Broker – Pialang

Karena perdagangan cryptocurrency itu kompleks dan semakin banyak pengguna yang terlibat di dalamnya, terjadi peningkatan jumlah penipuan crypto. Para broker ini seringkali mendekati kamu melalui email atau media sosial.

Jangan pernah percaya pada seseorang yang kamu temui secara online, terutama dengan banyaknya penipuan yang terjadi.

Tidak semua cryptocurrency dikembangkan dengan baik, dan tidak semua platform perdagangan crypto menawarkan asuransi untuk melindungi kamu dari peretasan. Meskipun Bitcoin ada dalam posisi puncak di dunia cryptocurrency, tetap saja ia sangat tidak stabil. Setiap detik, setiap menit, nilai koin crypto berubah. Jika kamu pernah melakukan trading crypto, pastikan kamu telah memahami apa yang sedang kamu lakukan. Ada sebuah pepatah kuno yang berkata, jangan pernah berinvestasi di sesuatu yang tidak kamu pahami.

Hal yang sama bisa diterapkan terhadap exchange. Lakukan penelusuran sebelum menggunakan sebuah exchange.

Setiap hari, berbagai situs web dan forum memperbarui daftar exchange cryptocurrency palsu atau yang terlibat dalam penipuan crypto. Sebelum mulai berinvestasi pelajari dan lakukan riset terlebih dahulu secara online. Itu akan menyelamatkan kamu dari peretasan atau penipuan online. Sifat keuntungan tinggi dari sebuah ICO dan cryptocurrency menarik minat banyak pengguna dan investor, tetapi bahkan hal tersebut bisa menipu. Jadi berhati hatilah dan lakukan pekerjaan rumah kamu.