NBA Top Shot, Token Spesial Bagi Penggemar Basket

Posted on February 20, 2021 in Articles, Berita Kripto
View all Articles

Setelah sebelumnya dunia aset kripto digemparkan dengan hadirnya permainan menggemaskan yang memanfaatkan teknologi blockchain, yaitu CryptoKitties. Dapper Labs, developer yang membangun CryptoKitties kini kembali membuat kolaborasi yang tak kalah mencengangkan. 

Perusahaan ini berkolaborasi dengan asosiasi basket Amerika Serikat, NBA dengan membuat non-fungible token (NFT) bernama Top Shot. Top Shot merupakan collectible items yang memanfaatkan teknologi blockchain. Kali ini Zipmex akan mengulas NBA Top Shot dan cara mendapatkannya. 

NBA Top Shot

Top Shot merupakan kartu digital yang memanfaatkan teknologi blockchain. Dapper Labs terinspirasi dengan budaya komunitas penggemar basket Amerika Serikat yang hobi bertukar dan mengoleksi kartu basket bergambar pemain dari berbagai tim dan berbagai generasi. 

Kartu digital yang telah diciptakan oleh Dapper Labs ini menggabungkan statistik pemain dengan lisensi NBA dengan klip video singkat. Kartu-kartu ini dirilis dalam beberapa paket. Salah satu yang paling terkenal adalah paket kartu pemain legendaris langka yang membuat Anda harus merogoh kocek yang lebih dalam. Sejak Musim NBA 2019-20, Top Shot telah menjual 31 paket kartu digital.

Pengguna dapat berbagi, membeli, menjual, dan memperdagangkan kartu berbasis NFT ini pada pasar sekunder milik Dapper Labs. Kartu ini pun dapat dibeli menggunakan aset kripto atau dengan kartu kredit. NBA Top Shot menggunakan standar token ERC-721 yang membuat kartu basket digital ini hanya dapat dimiliki oleh Anda saja.

tampilan situs NBA top shot

Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Untuk mendapatkan koleksi kartu NBA Top Shot ini, Anda dapat mengunjungi situs nbatopshot.com. Pada platform NBA Top Shot, Anda juga dapat menemukan berbagai versi kartu. Beberapa di antaranya bahkan dilengkapi video singkat dengan edisi terbatas dari highlight pemain yang akan terus disesuaikan dengan highlight yang terdaftar pada lisensi NBA. 

NBA Top Shot akan mengkategorikan kartu koleksi ini sebagai common, rare, atau legendary. Kategori itu dinilai berdasarkan pada kelangkaan, keunikan kartu pada saat itu, dan jumlah kartu yang tersedia. Kartu digital juga disertai dengan nomor seri unik, karena setiap kartu akan memiliki nomor seri yang berbeda. 

Setelah kartu digital dimasukan ke dalam kategori yang sudah ditentukan. Highlights ini akan dijual dalam bentuk paket yang bisa Anda dapatkan dengan kisaran harga dari 9 dolar AS hingga 230 dolar AS. Paket ini akan berisi beberapa set highlight player. Jika Anda beruntung, Anda bisa mendapatkan kartu pemain yang bernilai tinggi di salah satu paket yang sudah Anda beli.

Hal yang harus Anda ketahui adalah, setiap pembelian paket NBA Top Shot, Anda hanya dapat membeli satu paket dalam sekali transaksi, karena jumlah paket yang tersedia sangat terbatas. Bahkan terkadang, pihak Top Shot tidak mengumumkan jadwal pengiriman sebelumnya. 

Jika Anda telah membeli paket kartu, Anda bisa memilih untuk memamerkannya di koleksi virtual Anda. Opsi lainnya adalah memajangnya untuk dijual di pasar resmi platform yang bertindak sebagai pasar sekunder situs web. 

Biasanya di sinilah para penggemar NBA lainnya dapat membeli momen individu yang diperdagangkan dan dijual oleh semua orang di semesta NBA Top Shot. Selain barang-barang koleksi yang disebutkan di atas bernilai seperempat juta dolar Amerika Serikat. Selain itu, ada juga beberapa sorotan Luka Doncic yang memiliki nilai saat ini sekitar 90 ribu dolar AS.

Apakah Ini Merupakan Kolaborasi Pertama NBA dengan Dunia Kripto?

Sebelum adanya NBA Top Shot, dunia basket telah terpapar gelombang aset kripto. 

Pada tahun 2014, tim basket Sacramento Kings menjadi franchise pertama yang menerima Bitcoin sebagai metode pembayaran. Saat itu, pemilik tim ingin meningkatkan pengalaman penggemar basket dengan mempermudah penggemar dalam membeli produk dan tiket pertandingan musiman. 

Tidak hanya itu, tim basket Dallas Mavericks mengumumkan bahwa mereka menerima pembayaran melalui Bitcoin untuk tiket dan merchandise pada Agustus 2019. Terlepas dari pandangan negatif tentang Bitcoin yang sering kali dilontarkan oleh pemilik tim Mavericks, Mark Cuban, yang juga melakukan investasi dalam aplikasi blockchain.

Lalu pada 2020, Spencer Dinwiddie, pemain Brooklyn Nets yang juga merupakan seorang pendukung dunia aset kripto telah melakukan negosiasi dengan NBA. Ia meminta agar kontraknya diubah dalam bentuk digital yang disebut sebagai SD8. 

Token SD8 merupakan token sekuritas yang bertujuan untuk dapat terlibat dengan penggemarnya. Hal ini membuat potensi keuntungan Dinwiddie untuk mendapatkan keuntungan ekstra. 

Penawaran Dinwiddie tentu saja dianggap unik, karena untuk pertama kalinya, individu diundang untuk berinvestasi dalam kontrak olahraga atlet profesional. Namun sayangnya token sekuritas SD8 ini gagal disebabkan karena penjualan tokennya yang kian menurun.

———————————————

Cryptocurrency legal di Indonesia berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Bursa (Bappebti) pada Februari 2019.

Yuk, ikuti perkembangan dunia cryptocurrency dan trading aset digital hanya di akun media sosial Zipmex:

zipmex.co.id

Instagram Facebook Twitter