Mengenal Crypto Debit Card, Kartu Debit untuk Aset Kripto

Posted on February 17, 2021 in Articles, Kriptopedia
View all Articles

Pasar perdagangan aset kripto belakangan ini makin populer. Maraknya pemberitaan dan informasi mengenai aset kripto mulai mampu meraih perhatian dan minat masyarakat. Di saat yang bersamaan, banyak orang mulai memahami struktur blockchain dan beragam manfaat dari aset kripto. 

Di Indonesia, aset kripto memang tidak diterima sebagai alat tukar dalam transaksi. Tetapi, dari sisi komoditas, aset kripto telah teregulasi oleh BAPPEBTI sebagai komoditas yang legal untuk diperjualbelikan. Sementara itu, di negara belahan dunia lainnya, aset kripto dijadikan sebagai salah satu metode pembayaran.

Adopsi aset kripto bahkan telah digunakan di beragam ruang lingkup, termasuk layanan keuangan di lembaga perbankan. Beberapa di antaranya adalah ATM Bitcoin dan crypto debit card atau kartu debit untuk aset kripto. 

Secara harafiah, Anda pasti dapat langsung memahami ATM Bitcoin. Namun bagaimana dengan crypto debit card? Seperti apa kartu debit yang satu ini dan apa saja keuntungannya? 

Simak ulasan Zipmex berikut!

Apa Itu Crypto Debit Card?

Seperti kartu debit pada umumnya, crypto debit card memiliki bentuk dan ukuran yang serupa. Perbedaannya terletak pada segi aset yang digunakan melalui kartu ini untuk transaksi. Alih-alih ‘mewakilkan’ mata yang fiat, debit card ini melakukan transaksi dengan menggunakan BTC, ETH, dan aset kripto lainnya.

Ada banyak merchant di dunia yang menerima transaksi menggunakan aset kritpto. Perusahaan layanan keuangan dunia seperti Visa dan Mastercard bahkan sudah banyak merilis crypto debit card. Itu artinya, kartu ini dijamin aman untuk digunakan pada lokasi yang menerima layanan debit aset kripto.

Lantas, seperti apa cara kerjanya? 

Pertama, Anda harus mengisi kartu debit kripto Anda dengan aset kripto yang diinginkan. Pengisian saldo dapat dilakukan melalui aplikasi atau website. Setelah pengisian berhasil, Anda dapat melakukan transaksi pada merchant yang diinginkan, dan tentunya menyediakan layanan transaksi kripto. Apalagi kini sudah banyak perusahaan yang menyediakan layanan kartu debit kripto dengan menawarkan batas transaksi maksimal yang besar dengan biaya transaksi lebih rendah.

contoh crypto debit card
Pixabay/Steve Buissinne

Crypto Debit Card vs Kartu Debit Umumnya

Perbedaan besar dalam kedua jenis kartu ini adalah biaya yang dibebankan pada pengguna. Pada kartu debit atau kredit biasa, biasanya pengguna mesti membayar beragam jenis biaya. 

Mulai dari biaya keanggotaan, biaya transaksi, administrasi tahunan, dan tarif khusus transaksi di luar negeri. Ini tentu saja berbeda dengan crypto debit card yang lebih fleksibel dan nominal lebih murah.  

Volatilitas aset kripto yang tinggi menghindarkan Anda dari tingginya nilai tukar terhadap rupiah saat bertransaksi di luar negeri. Anda juga tidak perlu membayar biaya konversi yang tinggi ketika berlibur ke luar negeri. Crypto debit card berperan menjadi jembatan antara mata uang fiat, sehingga Anda bisa jadi lebih hemat. 

Kelebihan dan Kekurangan Crypto Debit Card

Kelebihan

Nyaman Saat Digunakan 

Keunggulan utama kartu debit aset kripto adalah transaksi dan pembayaran yang  jauh lebih cepat dan efisien. Kebanyakan aset kripto berjalan dengan sistem terdesentralisasi. Verifikasi dan konfirmasi transaksi berjalan di blockchain tanpa pihak ketiga. Jadi Anda tidak perlu menunggu terlalu lama seperti saat menggunakan kartu kredit dari bank. 

Perusahaan yang Anda pilih sebagai penyedia layanan crypto debit card akan langsung memotong saldo wallet Anda untuk membayar.

Tingkat Keamanan yang Tinggi

Soal keamanan, Anda tidak perlu ragu. Crypto debit card dilengkapi dengan keamanan tingkat tinggi yang dapat mencegah terjadinya peretasan. Karena kartu ini secara otomatis terhubung langsung ke wallet Anda dan memiliki kata sandi unik, two-factor authentication (2FA), dan pemindai biometrik. Sehingga ketika seseorang berusaha untuk mencuri dari kartu Anda, Anda dapat langsung mendeteksinya melalui aplikasi di ponsel dan melaporkan tindakan pencurian tersebut.

Fleksibilitas

Crypto debit card memiliki sistem yang sama dengan Mastercard dan Visa. Saat Anda melakukan transaksi di negara asing, kartu tersebut akan secara otomatis mengubah aset kripto Anda ke mata uang lokal tanpa biaya tambahan. 

Kekurangan 

Biaya yang Dikenakan Mengikuti Harga Aset Kripto

Selayaknya debit pada umumnya, kartu ini juga juga biasanya mengenakan biaya administrasi untuk pemeliharaan kartu dan layanan lainnya. Namun, yang menjadi masalah besaran biayanya yang dihitung menggunakan harga aset kripto di pasar. Hal ini membuat biaya yang dikenakan menjadi tinggi, sesuai dengan volatilitas aset yang signifikan dan dinamis. 

Jadi Lebih Boros

Kekurangan yang satu ini mungkin tidak terjadi pada semua pengguna crypto debit card. Tetapi dengan kemudahan yang ditawarkan, banyak pengguna yang justru jadi lebih boros ketika memiliki kartu ini. Mereka merasa ingin menghabiskan uang ketika harga aset kripto berada di angka yang tinggi.

Sayangnya, jika Anda memilih untuk menggunakan kartu debit ini untuk bertransaksi, Anda akan terus kehilangan saldo aset kripto. Alhasil, Anda juga bisa mengalami penurunan keuntungan jika nilai mata uang kripto terus meningkat sementara jumlah aset yang dimiliki terus menurun. 

Apakah Ini Bagian Dari Masa Depan Dunia Kripto?

Beberapa platform perdagangan aset kripto di dunia sekarang mulai menawarkan crypto debit card yang diluncurkan oleh Visa. Dengan kelebihannya sebagai platform, pengguna akan lebih mudah untuk melakukan top up dan tidak akan dikenai biaya ketika melakukan transfer dana. 

Kartu debit yang menggunakan aset kripto sebagai sumber dana sebenarnya diciptakan sebagai bentuk adaptasi dunia perbankan dan untuk meningkatkan efisiensi ketika pengguna melakukan transaksi menggunakan aset kripto.

Bagaimana, Anda ingin jadi bagian dari masa depan ini?

———————————————

Cryptocurrency legal di Indonesia berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Bursa (Bappebti) pada Februari 2019.

Yuk, ikuti perkembangan dunia cryptocurrency dan trading aset digital hanya di akun media sosial Zipmex:

zipmex.co.id

Instagram Facebook Twitter