Mengapa Market Cap Penting Bagi Cryptocurrency?

Posted on January 21, 2021 in Articles, Kriptopedia
View all Articles

Kapitalisasi pasar atau yang biasa dikenal sebagai market cap adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari dunia investasi. Bukan cuma dalam investasi aset tradisional saja, tetapi juga digital. Dalam bursa kripto misalnya, sebelum trading, tentu Anda akan memeriksa harga terbaru pada market capitalization (market cap). 

Dengan melihat nilai aset yang ada pada market cap, Anda dapat mempertimbangkan lebih lanjut mengenai langkah yang akan diambil. Jual, beli, atau HODL sambil menunggu saat paling tepat. Oleh sebab itu, trader maupun investor pastinya harus selalu memantau market cap sebelum mengambil keputusan. 

Tapi, apa sebenarnya market cap? Kenapa market cap sangat penting di dunia kripto? 

Apa Itu Market Cap?

Market capitalization atau yang biasa disebut dengan market cap adalah metrik atau suatu ukuran yang menunjukkan nilai aset di pasar. Kapitalisasi pasar atau market cap mengukur dan menghitung berbagai nilai aset digital, baik itu saham maupun mata uang kripto. 

Market cap dalam saham mengukur nilai suatu sekuritas terhadap sekuritas lainnya. Biasanya dihitung dengan mengalikan jumlah saham beredar dengan harga saham saat ini. Tidak jauh berbeda dengan saham, market cap dalam aset kripto berfungsi untuk mengidentifikasi nilai aset digital secara akurat dan membandingkannya dengan aset sejenis lainnya. 

Anda dapat menghitungnya dengan menggunakan rumus di bawah ini: 

Harga pasar saat ini x Persediaan koin yang beredar (total koin di pasar) = Kapitalisasi pasar kripto

Namun, jika tak ingin repot, Anda bisa langsung mengunjungi situs-situs yang menyediakan informasi harga market cap. Salah satu di antaranya adalah CoinMarketCap yang menyediakan informasi harga kapitalisasi pasar mata uang kripto secara real-time selama 24 jam. 

Klasifikasi Mata Uang Digital Berdasarkan Market Cap

Ada empat kategori dalam market cap yang digunakan untuk mengklasifikasi cryptocurrency di bursa kripto. Pengklasifikasian ini akan mempermudah Anda untuk membandingkan nilai total sebuah mata uang kripto dengan yang lain, sehingga membuat keputusan investasi yang lebih tepat. Empat kategori yang di klasifikasi dalam market cap adalah sebagai berikut:

Large-cap

Large-cap cryptocurrency atau mata uang kripto dengan kapitalisasi besar umumnya dianggap sebagai investasi kripto yang paling aman. Mata uang kripto dikategorikan large-cap apabila nilai kapitalisasi pasar lebih dari 10 miliar dolar Amerika Serikat.

Melakukan investasi pada mata uang kripto kapitalisasi pasar besar merupakan strategi yang paling umum untuk dilakukan. Sebab, mata uang dalam kategori ini memiliki track record jangka panjang yang telah terbukti. Tingkat keamanannya pun sudah mumpuni dan secara nilai dapat dihitung sebagai pemain besar di dunia kripto. 

Selain itu, mata uang kripto yang termasuk dalam large-cap memiliki likuiditas tinggi. Artinya, Anda dapat menemukan aset ini di hampir setiap bursa mata uang kripto dan mereka memiliki volume perdagangan yang tinggi. Likuiditas yang tinggi membuat investor mudah untuk masuk dan keluar. 

Jenis mata uang kripto yang termasuk dalam kategori ini adalah Bitcoin dan Ethereum.

Mid-cap

Mata uang kripto yang termasuk dalam kategori menengah ini memiliki kapitalisasi pasar antara USD 1 miliar hingga 10 miliar. Jenis mata uang dalam kategori mid-cap umumnya dianggap memiliki potensi keuntungan yang belum dimanfaatkan penuh dan berisiko lebih tinggi.

Secara umum, mata uang kripto mid-cap cenderung memiliki kinerja baik dalam jangka panjang. Dengan memasukkannya ke dalam portofolio Anda, mata uang kategori sedang tersebut dapat meningkatkan diversifikasi aset menjadi lebih baik. Namun perlu diingat, bahwa tidak semua koin dalam kategori mid-cap berpotensi berubah menjadi large-cap.

Contoh jenis mata uang yang tergolong dalam kategori mid-cap adalah Litecoin, Cardano, dan Monero.

Small-cap

Koin dan token yang termasuk dalam kategori small-cap adalah yang memiliki kapitalisasi pasar antara USD 100 juta – 1 miliar. Mata uang kripto dalam kategori ini sangat fluktuatif dan dianggap sebagai investasi yang sangat berisiko. Meskipun terkadang memiliki banyak potensi pertumbuhan dalam jangka pendek. Contoh mata uang digital dari kategori ini adalah Dogecoin.

Micro-cap

Mata uang kripto yang masuk dalam kategori mikro tentu lebih berisiko daripada mata uang berkapitalisasi kecil. Biasanya yang termasuk dalam kategori ini adalah yang baru diluncurkan oleh beberapa orang atau kelompok anonim dan memiliki nilai kapitalisasi pasar kurang dari USD 50 juta.

Pentingkah Market Cap Bagi Cryptocurrency?

Market cap tinggi atau rendah dapat menunjukkan jenis mata uang digital yang tahan terhadap volatilitas. Sebab, aset dengan kapitalisasi pasar kecil akan lebih mudah bergoyang ketika berita besar menghantam pasar, atau adanya whale (pembeli besar) yang menguasai pasar. 

Pemegang token atau mata uang kripto yang berada dalam kategori small-cap atau micro-cap sangat berisiko dihancurkan oleh pedagang yang lebih besar. Jika beberapa whale bersekongkol untuk menjual pada saat yang bersamaan, harga aset bisa langsung terjun bebas.

Kesimpulannya, market cap adalah alat ukur yang berguna untuk membandingkan nilai total mata uang kripto. Kendati begitu, tren pasar, kestabilan harga mata uang kripto, dan situasi keuangan Anda juga tentunya perlu dijadikan bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk melakukan investasi apapun.

———————————————

Cryptocurrency legal di Indonesia berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Bursa (Bappebti) pada Februari 2019.

Yuk, ikuti perkembangan dunia cryptocurrency dan trading aset digital hanya di akun media sosial Zipmex:

zipmex.co.id

Instagram Facebook Twitter