JP Morgan Incar Bitcoin untuk Investasi

Posted on February 16, 2021 in Articles, Berita Kripto, Investasi
View all Articles

Popularitas Bitcoin nampaknya bukan hanya berhasil membujuk Elon Musk saja. Baru-baru ini, bank investasi multinasional asal Amerika, JP Morgan menyatakan niatnya untuk berinvestasi di aset kripto paling wahid tersebut. 

Pertimbangan itu muncul setelah melihat Tesla yang digawangi Elon Musk menambahkan Bitcoin dalam neracanya. Dilansir Coin Insider, pilihan investasi Bitcoin muncul melihat minat masyarakat yang makin tinggi terhadap aset kripto. 

Dalam wawancara di stasiun televisi CNBC, Daniel Pinto, co-president of JP Morgan Chase & Co., mengatakan bahwa saat ini pelanggan investasinya saat ini belum menunjukkan minat pada Bitcoin. Namun, ia percaya bahwa sentimen tersebut kelak akan berubah. Sehingga JP Morgan harus sudah mulai bersiap. 

“Seiring dengan perkembangan waktu dan berkembangnya kelas aset, kami harus ikut terlibat. Permintaannya belum ada, tapi saya yakin, kondisi itu akan muncul,” katanya pada Jumat (12/2).

Baca juga: Elon Musk dan Pengaruhnya dalam Bitcoin

Pergeseran Sikap

Source: JP Morgan

Keputusan JP Morgan untuk mengadopsi Bitcoin tentu mengejutkan bagi sebagian orang. Pasalnya, pernyataan Pinto mencerminkan perubahan sikap para pemimpin di perusahaan tersebut. Pialang investasi di Wall Street itu memperlihatkan cara berpikir para pemimpin perusahaan yang mulai terbuka pada keuangan digital dan aset kripto di masa depan. 

Empat tahun lalu, CEO JP Morgan, Jamie Dimon mengatakan bahwa Bitcoin hanyalah penipuan belaka. Dalam pertemuan investor pada 2017, Dimon juga mengatakan akan memecat karyawannya yang kedapatan melakukan trading Bitcoin. 

Pandangan yang berbeda antara Pinto dan Dimon saat ini masih menjadi perbincangan di antara analis aset kripto. Tetapi, dengan kemampuan dan rekam jejaknya yang mumpuni, keputusan Pinto terhadap keputusan investasi perusahaan tersebut dalam Bitcoin tak bisa diacuhkan begitu saja. 

Apalagi keputusan berinvestasi dengan Bitcoin bukan hanya dipertimbangkan oleh JP Morgan saja. Perusahaan pialang investasi Morgan Stanley yang didirikan oleh cucu JP Morgan juga tengah mempertimbangkan opsi tersebut. Morgan Stanley Counterpoint Global sedang menjajaki opsi pembelian Bitcoin. Rencananya, investasi Bitcoin akan dimasukkan dalam daftar ‘taruhan’ selain saham di Wall Street. 

Baca juga: 7 Mitos Aset Kripto yang Terbukti Tak Benar

Siap-siap Harga Bitcoin Meroket

Pemberitaan mengenai keputusan perusahaan pialang investasi Amerika berinvestasi pada aset kripto membuat harga Bitcoin terdampak. 

Terutama setelah adanya kabar bahwa Morgan Stanley akan membuat investasi sebesar 150 miliar dolar AS. Alhasil, aset kripto mengalami lonjakan hampir 3 persen setelah mengalami penurunan nilai dan volume perdagangan beberapa jam sebelumnya. Kemarin (Senin, 15/2), Bitcoin juga telah mengalami koreksi perdagangan pada 46.737 dolar AS. 

Koreksi tersebut merupakan penurunan kecil dengan persentase sebesar 1,57 persen selama 24 jam terakhir. Pada hari ini, Selasa (16/2), sehari setelah pemberitaan JP Morgan, nilai Bitcoin melonjak dan mencapai 49.528 dolar AS per keping. 

Jika JP Morgan dan Morgan Stanley jadi berinvestasi dalam Bitcoin, maka kemungkinan akan terjadi gelombang besar investasi perusahaan di aset tersebut. 

Bagaimana menurut Anda? 

———————————————

Cryptocurrency legal di Indonesia berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Bursa (Bappebti) pada Februari 2019.

Yuk, ikuti perkembangan dunia cryptocurrency dan trading aset digital hanya di akun media sosial Zipmex:

zipmex.co.id

Instagram Facebook Twitter