Jenis-jenis Aset Kripto yang Perlu Kamu Ketahui

Posted on January 19, 2021 in Articles, Kriptopedia
View all Articles
jenis jenis aset kripto yang perlu kamu tahu

Berinvestasi di aset kripto kini menjadi opsi yang menjanjikan. Setelah mencetak valuasi hingga USD 9 miliar pada 2016 lalu, aset digital terus berkembang dan menuai banyak peminat. Tak heran, aset kripto kini menjadi alternatif investasi yang dibidik oleh banyak kalangan, termasuk milenial. Anda mungkin salah satunya. 

Namun, bicara soal aset kripto, Anda mungkin langsung terpikir dengan cryptocurrency atau mata uang digital. Padahal, cryptocurrency bukanlah satu-satunya jenis aset kripto yang bisa Anda miliki untuk berinvestasi. Masih ada jenis-jenis lain dari aset kripto yang juga tak kalah menarik. 

Kali ini, Zipmex akan berbagi apa saja jenis-jenis aset kripto yang perlu Anda ketahui. Simak penjelasannya berikut ini.

Cryptocurrency

Jenis aset kripto yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda. Cryptocurrency adalah mata uang digital yang memanfaatkan teknologi blockchain untuk melakukan enkripsi dan verifikasi transfer dana antar pengguna. Biasanya mata uang kripto digunakan sebagai investasi atau alat pembayaran.

Beberapa contoh mata uang kripto adalah Bitcoin, Ethereum, dan Ripple. Di antara ketiga mata yang kripto tersebut, yang tertua sekaligus yang paling terkenal adalah Bitcoin (BTC). Selain mata uang kripto di atas, masih ada banyak ragam koin alternatif atau altcoin yang bisa Anda gunakan saat ini.

Token Utilitas

Token utilitas merupakan aset digital yang digunakan dalam pengoperasian layanan blockchain. Aset ini biasanya dibuat dengan tujuan untuk melayani kebutuhan tertentu dalam blockchain. Token utilitas juga akan memberi akses untuk pemilik atas layanan, fitur, maupun transaksi tertentu.

Contoh dari token utilitas adalah Basic Attention Token (BAT). BAT dibuat untuk membantu meningkatkan efektivitas periklanan digital melalui sistem periklanan yang berbasis blockchain.

contoh jenis aset kripto token

Token Sekuritas

Token sekuritas pada dasarnya cara kerjanya mirip dengan token utilitas. Tetapi, token sekuritas biasanya digunakan dalam proses crowdfunding proyek cryptocurrency atau blockchain baru. Token sekuritas akan mewakili obligasi digital asli, ekuitas, dan sekuritas lain yang tersedia untuk peer-to-peer trading tanpa perantara keuangan.

Token sekuritas dapat mewakili saham dalam proyek dan seringkali disertai dengan ekspektasi keuntungan di masa depan. Oleh sebab itu, pemilik atau pemegang token sekuritas akan mendapatkan keuntungan seperti hak suara, bagi hasil, profit, dividen, bunga, atau capital gain.

Karenanya, token sekuritas diatur dan diwajibkan untuk menaati peraturan keamanan federal tertentu. Di Amerika Serikat misalnya, token sekuritas harus berada di bawah yurisdiksi SEC. Sebab, SEC yang bertanggung jawab mengatur penjualan dan pertukaran sekuritas di Amerika Serikat. 

Stablecoin

Stablecoin adalah jenis aset digital yang nilainya didasarkan pada mata uang fiat (tradisional) atau aset lain seperti emas. Sesuai dengan namanya, Stablecoin didesain untuk mengurangi jumlah volatilitas yang menyertai cryptocurrency sehingga cenderung lebih stabil. 

Itu sebabnya aset ini juga cukup populer di kalangan investor. Contoh dari stablecoin adalah USD Coin (USDC), Paxos (PAX), Gemini (GUSD), TrueUSD (TUSD), Tether (USDT), dan Dai (DAI).

jenis aset kripto cryptokitties

Cryptocollectibles

Investasi aset digital sejatinya tak jauh berbeda dengan aset konvensional. Ada banyak proyek blockchain di di bursa kripto yang nilainya ditentukan oleh kelangkaan dan keunikan. Salah satunya adalah cryptocollectibles. 

Cryptocollectibles adalah jenis aset kripto yang masih belum banyak diketahui orang. Aset ini memiliki nilai yang dapat bertahan dari waktu ke waktu dan cocok dijadikan untuk koleksi. Contoh dari cryptocollectibles adalah Cryptokitties. Cryptokitties merupakan salah satu aset koleksi kripto yang paling terkenal karena keunikannya. 

Cryptokitties merupakan aset digital unik bentuk gamifikasi dari Ethereum. Di dalam permainan ini, kamu akan melakukan transaksi jual beli kucing digital yang dapat dikumpulkan dan dibesarkan di blockchain Ethereum. 

Anda juga dapat menciptakan ras atau tampilan unik lainnya dengan mengawinkan kucing digital yang Anda miliki. Semakin unik kucing Anda, maka akan semakin mahal pula harganya. 

Selain Cryptokitties, ada pula Gods Unchained. Gods Unchained adalah permainan kartu berbasis giliran di blockchain Ethereum. Dalam permainan ini, Anda bisa mengumpulkan kartu dan melakukan jual beli dengan sesama pemain. Menarik, kan?

Aset-aset kripto di atas, bisa Anda temukan di Zipmex. Di Zipmex, Anda tentu tidak hanya dapat membeli atau melakukan transaksi cryptocurrency saja. Tersedia pula beragam aset digital lainnya yang bisa Anda miliki seperti USDC, USDT, xBullion, serta beragam altcoin lainnya.

Segera daftarkan diri Anda menjadi ZipMember atau ZipCrew untuk berinvestasi melalui Zipmex dan dapatkan beragam keuntungannya!

———————————————

Cryptocurrency legal di Indonesia berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Bursa (Bappebti) pada Februari 2019.

Yuk, ikuti perkembangan dunia cryptocurrency dan trading aset digital hanya di akun media sosial Zipmex:

zipmex.co.id

Instagram Facebook Twitter