Investing 101: Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Investasi

January 05, 2021

investasi

Kehadiran pandemi membuat masyarakat menjadi sadar akan pentingnya bertanggung jawab dan cerdas secara finansial. Dengan melakukan investasi secara konsisten menjadi salah satu cara untuk mengumpulkan kekayaan dan mencapai lebih banyak kebebasan finansial. Namun kenyataanya, berinvestasi terkadang bukanlah jalan yang mudah untuk memulai. Mengapa? Karena produk dan pasar keuangan terlihat kompleks, ada banyak kelas aset yang harus dipahami sebelum memulai berinvestasi.

Berikut Zipmex akan mengulas hal-hal yang perlu dilakukan sebelum Anda memulai investasi.

Tentukan Goals Finansial Anda

Menentukan tujuan finansial tentu merupakan hal yang penting agar mempermudah dalam memetakan strategi investasi dasar. Sebagian besar orang melakukan investasi untuk mendiversifikasi pendapatan mereka dan mencapai kebebasan finansial. Berikut ini adalah 3 langkah yang dapat Anda lakukan untuk menentukan tujuan Anda: 

Langkah 1: Identifikasi Perencanaan Keuangan 

  • Perencanaan jangka Pendek: Untuk pengeluaran langsung, atau liburan jangka pendek 
  • Jangka Menengah: Perencanaan keuangan untuk tahun depan
  • Jangka Panjang: Menyiapkan diri Anda untuk kebebasan finansial atau membuat rencana untuk 5 tahun ke depan. 

Langkah 2: Manajemen Keuangan Pribadi 

Langkah selanjutnya adalah mengetahui bagaimana mengelola pengeluaran dan tabungan Anda. Manajemen keuangan pribadi sangat penting untuk kesehatan finansial Anda.

menentukan bentuk investasi

Pelajari Lebih Dalam

Anda tentu perlu memahami investasi beserta jenis jenisnya. Apakah Anda ingin berinvestasi pada reksadana atau membeli obligasi yang lebih aman dan stabil? Mungkin Anda menginginkan diversifikasi portofolio dan melakukan keduanya. 

Mungkin Anda hanya ingin berinvestasi dalam sebuah dana, cara yang lebih mudah untuk memiliki banyak aset sekaligus. Reksadana diibaratkan membeli investasi dalam jumlah besar dan dikelola oleh pengelola dana. Anda dapat mempelajari lebih dalam mengenai investasi dan mencari tahu jenis seperti apa yang cocok dengan Anda.

Salah satu kuncinya adalah Anda harus banyak belajar. Di era teknologi saat ini Anda dapat dengan mudah mendapatkan resource mengenai cara berinvestasi seperti halaman Facebook, blog, akun Twitter, atau mungkin podcast. Pastikan untuk memeriksa sumber Anda apakah informasi yang disajikan valid atau tidak.

Belajar Investasi Melalui Ponsel

Solusi investasi digital dan investasi mandiri sedang meningkat, hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya aplikasi ponsel yang dapat memudahkan Anda dalam berinvestasi. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah untuk memulai dan mempelajari mekanisme pasar melalui aplikasi di ponsel Anda. 

Dengan melakukan investasi melalui ponsel Anda, tentu dapat lebih mudah untuk melacak investasi, pasar, berita utama yang menggerakkan pasar secara digital.

contoh investasi digital aset

Aset Digital Sebagai Investasi 

Tentu Anda seringkali mendengar istilah bitcoin, cryptocurrency, atau bahkan litecoin. Tiga hal tersebut merupakan bentuk dari aset digital. Saat ini memang aset digital tengah digemari oleh berbagai kalangan. 

Aset digital tentu menjadi pilihan yang menarik untuk berinvestasi. Tetapi, penting bagi Anda untuk mempelajari lebih dalam tentang berbagai aset digital sebelum Anda memutuskan untuk mendaftarkan diri Anda pada digital exchange dan mulai melakukan trading. 

Zipmex hadir untuk Anda yang ingin mencoba memulai untuk berinvestasi dengan aset digital. Karena Zipmex menawarkan harga terbaik dan likuiditas yang tinggi. Selain itu, dengan Zipmex, Anda dapat melakukan trading tanpa perlu khawatir karena kami menyediakan biaya trading paling rendah, hanya 0.2% per transaksi. Anda juga dapat melakukan transaksi secara instan, penarikan dan deposit langsung ke rekening bank Anda di Indonesia.

Tunggu apa lagi? Segera daftarkan diri Anda dan dapatkan beragam keuntungan dengan melakukan investasi aset digital bersama Zipmex.