Bagaimana Dua Exchange Yang berbeda bisa menawarkan harga lebih murah ketika menjual – membeli

September 01, 2020

Dunia Crypto tidak pernah berhenti memberikan kejutan kepada kita. Pada umumnya seseorang mendapatkan hasil pada pasar seperti ini dengan melakukan penambangan dan perdagangan normal, namun aset digital ini juga membuka peluang untuk perdagangan arbitrase dikarenakan ketidakstabilannya. Perdagangan arbitrase adalah ketika kamu membeli di sebuah exchange dengan harga lebih rendah dan menjual aset yang sama dengan harga lebih tinggi di exchange yang lain.

Dengan adanya peluang untuk menghasilkan keuntungan cepat, bentuk perdagangan ini menarik trader oportunis. Jika kamu belum pernah mencoba perdagangan arbitrase atau belum menghasilkan keuntungan apapun dalam prosesnya, baca terus artikel ini untuk memahami cara kerja perdagangan arbitrase ini.

Apa itu Perdagangan Arbitrase?

Di dunia crypto, kamu dapat memperjualbelikan cryptocurrency di berbagai exchange atau bursa yang berbeda. Kebanyakan orang yang memasuki pasar tidak memperhatikan banyak  exchange yang tersedia dan harga yang mereka tawarkan. Jika kamu ingin menjadi seorang trader Arbitrase, kamu harus bisa mengawasi peluang yang muncul.

Misalnya, karena Zipmex menawarkan untuk menjual dan membeli di banyak negara, mereka dapat menawarkan harga yang menarik. Pada saat penulisan, jika kamu melakukan buy order untuk satu Bitcoin di Zipmex.com.au dengan harga AUD 11.832,50, kamu kemudian bisa mencari exchange yang lain untuk menjual Bitcoin kamu dengan harga yang lebih tinggi.

Setelah melakukan riset, kamu mungkin akan menemukan exchange seperti Indodax, dimana harga pada saat penulisan adalah AUD $ 12.073,82. Dengan melakukan sell order, kamu bisa mendapatkan untung sebesar AUD $ 241,32. Dan ini tentunya belum memperhitungkan biaya Zipmex yang rendah. Namun, ini menunjukkan bahwa jika kamu mengamati dengan cermat, peluang perdagangan arbitrase pasti bisa dilakukan.

Kamu tentunya bisa melakukan hal yang sama dengan Ethereum, Bitcoin Cash, Litecoin dan Ripple. Peluang akan hal ini tidak terbatas, selama kamu membeli dengan harga rendah di satu exchange (seperti Zipmex) kemudian menjualnya dengan harga tinggi di exchange lain.

Setiap exchange cryptocurrency di luar sana tidak saling bergantung dengan yang lain. Ini berarti nilai cryptocurrency tertentu berbeda di masing masing exchange.

Dengan melakukan perdagangan arbitrase, kamu bisa meraih keuntungan jauh lebih cepat. Meskipun perdagangan arbitrase tampak sangat sederhana, para trader sering meremehkan dan seringkali kehilangan uang saat mencoba melakukan perdagangan ini. Bacalah lebih lanjut untuk memahami  berbagai aspek yang perlu dipertimbangkan pada saat melakukan perdagangan arbitrase.

Bagaimana Mengidentifikasi Peluang Perdagangan Arbitrase?

Perdagangan arbitrase mungkin terdengar sederhana secara teori. Kamu mungkin berpikir bahwa kamu bisa mulai melakukan perdagangan arbitrase secara rutin. Namun, peluang seperti itu tidak selalu muncul.

Untuk bisa mendapatkan profit dari perdagangan arbitrase, kamu harus menghitung  peluang terlebih dahulu. Contohnya, jika kamu mencoba untuk melakukan perdagangan arbitrase antara Zipmex dan Indodax, kamu harus melakukan analisis biaya terlebih dulu. Hitunglah apa kamu akan kehilangan uang, hanya mendapat sedikit atau mendapatkan untung besar.

Pada contoh sebelumnya, kamu harus memperhitungkan total biaya exchange serta biaya penambang. Setelah kedua hal ini diperhitungkan kamu baru bisa memahami posisi kamu.

Jadi, sebelum kamu mulai mencari peluang untuk perdagangan arbitrase, pastikan  kamu sudah menghitung margin keuntungannya. Hanya jalankan perdagangan yang memberikan keuntungan yang kamu harapkan.

Vintage weighing scales

Bagaimana Memanfaatkan Perdagangan arbitrase?

Menghasilkan uang dengan mudah dan cepat melalui perdagangan arbitrase merupakan cara yang bagus untuk menghasilkan keuntungan. Untuk memanfaatkan peluang arbitrage, kamu bisa mengikuti salah satu dari dua teknik berikut.

Simple Arbitrage – Arbitrase Sederhana

Seperti namanya, ini adalah hal yang paling mudah untuk dipahami dan dilakukan di dunia nyata. Teknik ini adalah dengan cara membeli di exchange seperti Zipmex yang harganya rendah kemudian menjualnya di exchange crypto lain seperti Indodax dimana biaya untuk aset tertentu lebih tinggi.

Karena kamu telah membeli aset aset ini pada harga rendah dan menjualnya pada harga yang tinggi, kamu sudah pasti menghasilkan keuntungan dari perdagangan ini.

Triangular arbitrage – Arbitrase Segitiga

Perdagangan arbitrase mungkin  tidak selalu terjadi di antara dua exchange yang berbeda.Terkadang, kamu bisa melihat peluang arbitrage di dalam exchange yang sama.

Mungkin sekarang kamu berpikir bagaimana harga suatu cryptocurrency bisa berbeda meski berada di dalam exchange crypto yang sama kecuali kamu pernah berinvestasi beberapa waktu lalu. Di situlah pasangan perdagangan cryptocurrency muncul.

Hampir semua exchange mendukung pasangan perdagangan crypto dalam platform mereka. Jadi kamu bisa memanfaatkan perbedaan harga antara pasangan perdagangan ini untuk melakukan perdagangan arbitrase.

Contohnya, di exchange seperti Zipmex, kamu bisa mengkonversi Bitcoin ke Litecoin. Kemudian kamu bisa mengkonversi Litecoin ke beberapa cryptocurrency lain yang kemudian akan dikonversi kembali menjadi Bitcoin.

Selama keseluruhan prosesnya, pastikan apakah jumlah Bitcoin yang kamu miliki bertambah dari sebelumnya. Dengan demikian, kamu telah mendapatkan hasil dari peluang arbitrage yang ada di dalam exchange yang sama.

Human hand over calculator touching buttons while counting total sum of monthly home payment bill

Resiko Yang Muncul Dalam Perdagangan arbitrase

Semua investasi dan perdagangan yang ada memiliki resiko masing masing. Begitu pula dengan perdagangan arbitrase.

Meremehkan Keuntungan

Para trader umumnya cenderung untuk meremehkan potensi pendapatan dari perdagangan arbitrase ini. Selain memastikan perbedaan harga antara satu exchange dan exchange lainnya, kamu juga perlu memperkirakan keuntungan yang bisa kamu hasilkan setelah menghitung semua biaya. Hal itu yang biasa dilupakan oleh para trader yang baru dan akhirnya kehilangan uang dalam perdagangan arbitrase ini.

Ketidakpastian harga

Harga cryptocurrency sangatlah tidak stabil. Ini berarti harga terus berubah, tidak melihat di exchange mana cryptocurrency tersebut diperdagangkan. Ketika kamu mencoba untuk melakukan perdagangan arbitrase, akan selalu ada resiko dimana orang lain mungkin memanfaatkan untuk mengambil peluang tersebut dan karena itu, kamu bisa saja tidak yakin bahwa perdagangan arbitrase itu akan menghasilkan keuntungan.

Kesimpulan

Perdagangan arbitrase adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan keseluruhan portofolio crypto kamu dalam waktu yang singkat. Namun, menemukan peluang seperti itu merupakan tugas yang sulit. Itulah mengapa kamu harus melakukan riset untuk menemukannya. Kami sangat menyarankan Zipmex sebagai tempat terbaik untuk membeli cryptocurrency. Harga Zipmex secara kompetitif lebih murah dari banyak exchange lain karena kami terus berkembang dengan model skala ekonomis.

Sekarang setelah kamu mendapatkan pemahaman yang cukup mengenai perdagangan arbitrase, cobalah untuk mengidentifikasi dan menjalankan perdagangan arbitrase ini, dan hasilkan uang dalam waktu singkat.