Bagaimana Cara Withdraw Bitcoin?

Posted on December 25, 2020 in Articles, Kriptopedia, Tutorial
View all Articles

Bagaimana Cara Withdraw Bitcoin?

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana cara withdraw bitcoin untuk menjadi uang tunai? Panduan ini akan membahas beragam metode untuk melakukan withdraw Bitcoin, plus kami akan menjelaskan secara rinci cara withdraw Bitcoin dengan uang tunai, dengan Zipmex dan digital wallet. Kami juga akan membahas tentang berbagai hal yang harus dipertimbangkan saat melakukan withdraw bitcoin menjadi uang tunai.

Sebelum memulai, izinkan kami memberi Anda gambaran singkat tentang Bitcoin.

Bitcoin adalah cryptocurrency terdesentralisasi paling populer di dunia, yang diluncurkan pada tahun 2009. Bitcoin telah bertahan di puncak selama lebih dari satu dekade, dan belum ada cryptocurrency lain yang mampu menyainginya. Apalagi saat ini, orang-orang cenderung melakukan pembelian, penjualan, dan memperdagangkan Bitcoin dalam berbagai transaksi cryptocurrency.

Baca juga: Apa itu Bitcoin? – Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Bitcoin

Salah satu dari keuntungan utama desentralisasi adalah semua orang dapat membeli atau menjual berapa pun jumlah Bitcoin, tidak seperti mata uang tradisional. Satu-satunya batasan yang mungkin Anda hadapi adalah yang ditetapkan oleh exchange.

Anda bisa melakukan withdraw Bitcoin melalui berbagai exchange kripto atau eksternal wallet. Namun, biasanya withdraw melalui exchange kripto akan dikenakan biaya tambahan. Beberapa exchange kripto membebankan biaya minimal, sedangkan yang lain mengenakan biaya yang cukup besar untuk withdraw.

Orang juga menyimpan Bitcoin di digital wallets dan menjualnya ketika harga tinggi (dikenal pula sebagai HODL). Bagi Anda yang pernah mencoba trading, Anda mungkin saja memiliki Bitcoin yang tersimpan di dalam wallet, dan bertanya-tanya bagaimana cara untuk withdraw Bitcoin.

Baca juga: Apakah Bitcoin Legal di Indonesia?

Metode untuk Withdraw Bitcoin 

Mungkin saja, Anda pernah membeli Bitcoin dalam jumlah yang lumayan banyak dari exchange kripto, namun saat ini, Anda butuh melakukan withdraw untuk mendapatkan uang tunai. Mari kita lihat tiga cara berbeda yang bisa Anda gunakan untuk withdraw Bitcoin menjadi mata uang fiat.

Cara Withdraw Bitcoin dari Exchange

Salah satu cara termudah untuk menjual Bitcoin adalah melalui exchange. Dalam platform exchange, Anda dan pengguna lainnya dapat menjual dan membeli cryptocurrencies. Anda dapat menyimpan Bitcoin dalam exchange, dan melakukan penarikan ke rekening bank saat harga naik. Untuk melakukan penarikan Bitcoin menjadi uang tunai, Anda mesti membuat setidaknya satu rekening deposit menggunakan rekening bank Anda. 

You can buy Bitcoin from an exchange using another cryptocurrency or via fiat currency itself. You can either deposit it into your digital wallet or let it store on the exchange wallet itself. The fiat currency withdrawal occurs via bank transfer, and depending on your bank it may take up to 1 to 5 days to reflect in your bank account. As you can see, this is quite a time-consuming process. However, it is quite safe and secure to withdraw Bitcoin (BTC) from an exchange.

Anda dapat membeli Bitcoin dari exchange menggunakan mata uang kripto lain atau melalui mata uang fiat. Anda juga dapat menyimpan Bitcoin dalam digital wallet atau membiarkannya disimpan pada wallet exchange. Penarikan Bitcoin menjadi uang tunai biasanya akan dilakukan melalui transfer bank, dan durasinya disesuaikan dengan layanan bank yang Anda gunakan. Umumnya, waktu yang diperlukan berbeda, dari 1 hingga 5 hari hingga masuk ke rekening bank Anda. Seperti yang bisa Anda lihat, proses ini memang memakan waktu. Namun, dari segi keamanan, proses tersebut cukup aman dan terjamin.

Biasanya platform exchange membuat batas penarikan per hari seperti yang bisa kamu temukan dalam diskusi ini. Jadi, apabila Anda memiliki Bitcoin dalam jumlah besar, Anda akan membutuhkan beberapa hari untuk menarik semuanya.

Baca juga: Mengapa Memilih Zipmex?

Cara Withdraw Melalui Transfer Peer-to-Peer 

Jika Anda lebih memilih cara yang anonim dan memakan waktu lebih sedikit, Anda dapat menjual Bitcoin untuk mendapatkan uang via transfer peer-to-peer. Dengan cara ini, Anda dapat meminta pembeli untuk mengirimkan uang melalui metode pembayaran pilihan Anda.

Kendati terlihat lebih mudah dan ringkas, ada beberapa risiko yang mesti Anda pertimbangkan ketika memilih metode transfer P2P. Mungkin saja ada penipu berhasil mengambil Bitcoin Anda dan tidak membayarnya.

Untuk menghindari insiden itu, Anda dapat menggunakan platform exchange P2P. Anda hanya perlu membuat akun, melakukan verifikasi identitas, dan kemudian menemukan pembeli untuk melakukan transaksi. Tidak ada perantara yang terlibat, sehingga identitas Anda tetap tidak diketahui.

Berikut beberapa cara pembayaran melalui P2P

  • Anda dapat meminta pembeli untuk menyetorkan uang tunai langsung ke rekening bank Anda
  • Anda dapat meminta pembeli untuk mengirimkan uang tunai melalui transfer bank
  • Anda juga dapat mengatur pertemuan dengan orang tersebut untuk menyerahkan uang tunai secara langsung

Keuntungan menggunakan platform exchange P2P adalah transfer Bitcoin hanya bisa dinyatakan selesai ketika penjual telah menyatakan mereka sudah menerima pembayaran (juga dikenal sebagai layanan escrow). Selain itu, platform P2P juga tidak menerapkan batasan penarikan per hari.

Baca juga: Panduan Menggunakan Zipmex Exchange

ATM Bitcoin

ATM Bitcoin (BTM) sebenarnya sama seperti ATM biasa, hanya saja layanan ATM ini memberikan layanan bertransaksi menggunakan Bitcoin. Bitcoin, sebagai mata uang kripto terkemuka, telah memiliki sistem ATM sendiri. Dengan bertambahnya pengguna Bitcoin, ATM Bitcoin tentu saja akan lebih memudahkan.

ATM Bitcoin terhubung ke internet dan memungkinkan pengguna untuk terhubung ke berbagai exchange dan dompet untuk membeli dan menjual Bitcoin menggunakan uang tunai atau kartu.

BTM memang belum tersedia di indonesia, namun di beberapa negara seperti di Australia, Anda bisa menemukannya di banyak toko dan bandara di kawasan pesisir timur. Anda bisa menggunakan fitur pencarian Google untuk mengetahui lokasi BTM terdekat.

BTM pertama kali diluncurkan pada Oktober 2019. Jumlahnya masih sangat sedikit, hanya sekitar 7000 mesin saja di seluruh dunia. Namun, seiring waktu, jumlah ini meningkat karena semakin banyak orang menyadari manfaatnya.

Berikut cara menjual Bitcoin pada ATM Bitcoin

  • Pada interface BTM, pilih ‘Withdraw Cash’
  • Tulis jumlah Bitcoin yang ingin Anda tarik.
  • Gunakan QR Code yang ditampilkan untuk mentransfer Bitcoin dari wallet atau exchange.
  • Ketika transaksi terproses, Anda dapat melakukan withdraw uang tunai Anda. 

Kamu tertarik dengan isu investasi saat pandemi? Baca juga yuk artikel ini: Investasi Ideal disaat Pandemi Global

Bagaimana Cara Menguangkan Bitcoin Dengan Zipmex?

Zipmex adalah salah satu platform exchange mata uang kripto paling populer di kawasan Asia Pasifik, di mana Anda dapat membeli, menjual, atau memperdagangkan Bitcoin. Untuk menguangkan Bitcoin dengan Zipmex, Anda perlu membuka akun Zipmex dengan cara melakukan pendaftaran.

Biasanya, dalam mendaftarkan sebuah akun, Anda hanya akan membutuhkan waktu sekitar satu menit saja untuk mendapatkan persetujuan. Kemudian, Anda akan membutuhkan waktu maksimal 24 jam untuk pemeriksaan KYC manual. Setelah diverifikasi, Anda dapat melakukan deposit aset kripto maupun fiat dan penarikan.

Setelah verifikasi KYC, pilih tab ‘Beli atau Jual’ di bawah opsi ‘Jual dan Beli’ di exchange. Pastikan Anda telah memilih ‘Bitcoin / Indonesian Rupiah’ di bawah bagian ‘Pilih Aset untuk Dijual’. Ini akan menampilkan nilai 1 BTC dalam IDR. Sekarang masukkan jumlah Bitcoin yang ingin Anda jual, lalu klik tombol ‘Jual’. Jumlah tersebut akan terlihat di rekening bank Anda dalam 1 hingga 5 hari.

Zipmex charges a small fee of 0.2% on such withdrawals. Also, you can only cash out to the bank account you have linked to your Zipmex account. You also need to make a small deposit before you can withdraw.

Yang perlu diingat, Zipmex mengenakan biaya kecil sebesar 0,2% untuk penarikan yang Anda lakukan. Anda juga hanya dapat menguangkan aset kripto dari exchange ke rekening bank yang telah Anda hubungkan ke akun Zipmex Anda. Sebelum melakukan penarikan, Anda juga harus menyetorkan sejumlah aset.

Bagaimana Cara Menguangkan Bitcoin dari Wallet?

Anda mungkin memiliki Bitcoin dalam digital wallet yang ingin diuangkan. Anda dapat mencairkannya dengan menyetorkannya sebagai deposit ke dalam wallet yang terdapat di platform exchange seperti Zipmex. Setelah Anda memiliki sejumlah dana di exchange, Anda kemudian dapat menariknya dalam bentuk mata uang fiat pada waktu yang diinginkan.

Zipmex hadir dengan digital wallet Bitcoin bawaan yaitu program ZipUp. Menggunakan public address pada Zipmex Bitcoin wallet, Anda dapat mentransfer Bitcoin dari digital wallet Anda langsung ke Zipmex.

Setelah Bitcoin berhasil ditransfer, Anda hanya perlu mengklik tombol Withdraw yang tertera di bawah Bitcoin. Anda dapat menarik Bitcoin ini menjadi mata uang fiat melalui transfer bank dan jumlahnya akan tercermin langsung di rekening bank yang dihubungkan dengan akun Zipmex Anda.

Tonton lebih lanjut tutorial menggunakan Layanan Zip Up di Zipmex dari video ini.

Hal Penting yang Dipertimbangkan ketika Melakukan Withdraw Bitcoin menjadi Uang Tunai

Sebelum Anda melakukan withdraw Bitcoin menjadi uang tunai, ada beberapa faktor yang harus Anda perhatikan. Hal ini termasuk:

Waspada akan Volatilitas Harga

Pasar Bitcoin cukup bergejolak. Jadi, jika Anda ingin menjual untuk mendapatkan keuntungan, Anda harus bergerak cepat. Mungkin ada contoh di mana Anda ingin memulai penarikan, tetapi tiba-tiba harga turun secara drastis, mengurangi keuntungan Anda. Namun dalam beberapa kasus, Anda juga bisa menyaksikan harga meningkat cepat. Anda tidak pernah tahu.

Harga Bitcoin cukup fluktuatif karena pasar yang terdesentralisasi. Investor dan volume perdagangan akan sangat mempengaruhi volatilitas, jadi pastikan Anda meneliti pasar sebelum melakukan withdraw.

Tingkatkan Keamanan Anda

Ada banyak risiko keamanan terkait Bitcoin. Anda harus memastikan bahwa crypto exchange yang digunakan untuk menyimpan Bitcoin dan melakukan penarikan mata uang fiat adalah platform yang sah. Zipmex adalah pilihan yang bagus karena kami menawarkan asuransi tanpa biaya tambahan (diasuransikan oleh BitGo), jadi jika terjadi hal yang tidak diinginkan, Anda tidak perlu khawatir. Jangan pernah sembarangan memilih exchange dan memberikan semua Bitcoin Anda begitu saja. Anda bisa saja tertipu.

Bahkan meski exchange tersebut merupakan platform resmi, mereka mungkin saja tidak memiliki protokol keamanan yang diperlukan untuk mencegah Bitcoin Anda dicuri. Pastikan juga Anda mengaktifkan dan menggunakan 2FA (Two Factor Authentication) sehingga tidak ada orang lain yang dapat mengakses akun Anda.

Biaya Pertukaran Cryptocurrency

Tiap platform exchange mata uang kripto mengenakan biaya tertentu ketika melakukan penarikan mata uang fiat. Beberapa di antaranya bisa saja membebankan biaya yang cukup besar, sementara yang lainnya tidak. Untuk itu, pastikan biaya transaksi yang dikenakan tidak menghabiskan keuntungan Anda. Di Zipmex, kami membebankan biaya trading yang rendah, yakni hanya sebesar 0,2 persen per penarikan atau setoran. Jumlah ini relatif rendah dibandingkan dengan exchange lainnya.

Pertimbangkan Waktu Penarikan

Saat Anda menarik Bitcoin menjadi uang tunai, Anda perlu mempertimbangkan waktu yang dibutuhkan agar uang tersebut masuk ke rekening bank Anda. Penarikan ke rekening bank Anda mungkin membutuhkan waktu hingga beberapa hari kerja. Jadi, jika Anda membutuhkan uang tunai dengan cepat, transaksi menggunakan pertukaran mata uang kripto mungkin tidak cocok.

Baca juga: Peringatan dari Zipmex tentang Cryptojacking selama Covid-19

Kesimpulan

Withdrawing Bitcoin menjadi uang tunai melalui exchange terkenal memang cukup umum. Namun, pastikan Anda menghitung biaya transaksi sebelum memutuskan untuk exchange. Anda yang lebih suka anonimitas dapat memilih transfer P2P, dengan mempertimbangkan berbagai risiko keamanan yang terkait dengannya.

Bahkan jika Anda memiliki Bitcoin yang disimpan di dompet digital Anda, Anda dapat mentransfernya ke exchange melalui wallet address dan kemudian menariknya untuk mendapatkan uang tunai. Dengan cara ini, Bitcoin Anda aman, dan Anda pun akan menerima jumlah uang yang sesuai.

Anda dapat menggunakan Zipmex untuk transaksi penarikan ke mata uang fiat. Kami membebankan biaya perdagangan yang rendah dan menyediakan platform yang aman. Anda juga dapat mentransfer Bitcoin dari wallet address Anda dan menariknya untuk mendapatkan uang tunai.

Jadi tunggu apa lagi? Gunakan Zipmex Exchange dan jual Bitcoin Anda untuk menjadi uang tunai!

———————————————

Cryptocurrency legal di Indonesia berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Bursa (Bappebti) pada Februari 2019.

Yuk, ikuti perkembangan dunia cryptocurrency dan trading aset digital hanya di akun media sosial Zipmex:

zipmex.co.id

Instagram Facebook Twitter