Berapa Lama Menambang 1 Ethereum?

Posted on December 22, 2020 in Articles, Kriptopedia
View all Articles

Bocoran: gak lama kok!

Sebagai penambang atau penggemar Ethereum, Anda mungkin bertanya-bertanya, berapa lama menambang 1 Ethereum? Penambagan sukses pada jaringan Ethereum dinilai pada 3 Ether, dengan tambahan untuk semua fee transaksi dan code-processing. Namun, pada rata-rata, hanya membutuhkan waktu 12 detik untuk menambang Ethereum, sedangkan hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk menambang sebuah blok transaksi Bitcoin. 

Menambang adalah sebuah proses verifikasi block transaksi atau membuat sebuah blok baru cryptocurrency. Penambang meluangkan waktu dan  daya komputasi untuk memecahkan permasalahan matematika yang akhirnya memverifikasi transaksi Ethereum. Jaringan Ethereum mengoperasikan mekanisme Proof-of-Work yang memberikan penambang hadiah untuk setiap token baru yang mereka tambang. 

Penambang harus menyelesaikan fungsi hash dan memulai dengan sebuah daftar tentang hash yang diinginkan berdasarkan kesulitannya. Motif dasar dari segala penambang adalah untuk menghasilkan uang; mereka menerima imbalan untuk setiap blok dan fee transaksi yang dibayar oleh pengguna.  

Mari lihat pada menambang ethereum di masa lalu vs. sekarang dan berpindah ke pembicaraan tentang kecepatan menambang dan selebihnya. 

Menambang 1 Ethereum di 2020 vs di Masa lalu 

Berapa Lama Menambang 1 Ethereum? Menambang Ethereum telah menjadi satu dari paling menguntungkan pada pasar altcoin untuk sementara. Orang mungkin menambang Ether untuk memperoleh itu tanpa harus menginvestasi secara langsung. Di 2020, Anda dapat menggunakan GPU atau ASIC sebagai perangkat keras menambang untuk Ethereum. Ketika Ethereum diluncurkan pada tahun 2015, tingkat kesulitan menambang hash sangat rendah, namun sekarang meningkat seiring waktu.

Ketika menambang membutuhkan tingkat hash yang lebih tinggi, Anda perlu membeli GPU atau ASIC yang bagus untuk rig menambang, yang mungkin membebani Anda lebih dari $2000. Di masa lalu, Anda tidak perlu membutuhkan rig komando dibandingkan pada perangkat keras yang dibutuhkan sekarang. 

Kecepatan Menambang Ethereum: Seberapa Lama Menambang 1 Ethereum? 

Kecepatan Anda menambang Ethereum tergantung pada tingkat Hash pada rig menambang dan tingkat kesulitan yang berubah secara terus-menerus. Nvidia RTX 3090 terbaru mempunyai tingkat hash 120, sedangkan perangkat keras ASIC Innosilicon A10 Pro mempunyai tingkat hash 500. 

Dengan trend GPU saat ini dan kesulitan menambang, mungkin butuh setengah tahun atau lebih untuk menambang 1 Ethereum. Tapi Anda bisa mengembangkan ini secara signifikan dengan rig tambang ASIC. Namun, Anda butuh untuk berinvestasi lebih. 

Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Menambang 1 Ethereum?

Untuk menambang 1 Ethereum, Anda membutuhkan tingkat hash 15,500 megahash per detik atau mh/s. Ini adalah kecepatan rig menambang Anda. Untuk membangun rig menambang dengan tingkat hash yang tinggi, anda membutuhkan lebih dari 50 GPU, yang membebankan anda lebih dari $100,000. Daya konsumsi rig menambang ini juga membutuhkan biaya yang sama. Ethereum dibangun sebagai proteksi ASIC. Rig-rig penambang ASIC juga dua kali lebih efisien dan lebih mahal dari GPU kebanyakan. 

Jadi, seluruhnya, Anda membutuhkan setidaknya $100,000, untuk menambang 1 Ethereum dalam sehari di 2020.

Haruskah Anda Mulai untuk Menambang Ethereum?

Untuk menambang Ethereum, Anda harus mempertimbangkan kesulitan, biaya untuk rig menambang, dan daya konsumsi. Namun, Anda juga mendapatkan imbalan untuk setiap blok, tapi Anda perlu untuk mempertimbangkan berapa lama untuk mencapai titik impas? Dengan 1 Ethereum membutuhkan setengah tahun untuk menambang, jumlah signifikan tahun akan berlalu sebelum Anda mulai mendapatkan keuntungan apapun–jadi bersiaplah. 

Dengan kesulitan hashing yang meningkat seiring berjalannya waktu, rig menambang Anda harus beroperasi dalam jangka waktu yang lama untuk menyelesaikan permasalahan matematika, meningkatkan waktu untuk menambang. Selama rig Anda beroperasi dalam jangka waktu yang lama, semakin banyak daya pula yang digunakan. Jika kesulitan meningkat ke tingkat yang sangat berbeda, rig menambang Anda mungkin out of date.

Untuk setiap blok Ethereum yang Anda tambang, anda mendapatkan 2 ETH sebagai imbalan. Anda mungkin mendapatkan $200 per bulan untuk menambang,  tetapi perlu membutuhkan waktu yang lama untuk membuat keuntungan. 

Itung-itungannya…

Anda juga dapat melihat kalkulator keuntungan menambang. Dengan menggunakan kalkulator anda dapat memasukan spesifikasi perangkat keras anda dan tagihan listrik, dimana dapat menentukan menambang dapat menguntungkan anda atau tidak. Setiap tagihan listrik berbiaya dibawah $0.12 kW/h berarti menguntungkan, dan harga dibawah $0.06 membuatnya benar-benar layak. 

Namun, figur ini tidak mewakilkan negara kebanyakan. Banyak negara maju memiliki harga listrik diatas $0.20. Di negara-negara seperti itu, menambang Ethereum di rumah mungkin membutuhkan waktu 150 tahun untuk mendapatkan keuntungan. 

Kekhawatiran lain untuk penambang Ethereum adalah peluncuran Ethereum 2.0 Peluncuran ini akan bertransisi ke konsensus proof-of-stake, dimana penambang dapat memperoleh pengembalian untuk saham mereka dalam bentuk koin. Namun, menambang P6W akan efektif hingga dengan 2023. Ethereum 2.0 mungkin akan diluncurkan pada akhir 2021 atau awal tahun 2022.  

Jika model Proof-of-stake diimplementasikan, peralatan penambang akan menjadi out of date, dan mereka harus merubahnya menjadi staking coins atau mulai untuk menambang altcoin yang lain. Penambang mungkin harus menjual peralatan mereka dan menggunakannya untuk mengakumulasi token ETH dan mulai mempertaruhkan. Tapi Ethereum 2.0 masih harus memerlukan waktu yang lama dikarenakan banyaknya bugs dan masalah manajemen. 

Kesimpulan

Ethereum adalah salah satu altcoin terbaik yang diluncurkan semenjak bitcoin. Persamaan dan perbedaannya dengan BTC telah membuatnya populer dan efektif. Terdaftar sebagai cryptocurrency populer kedua di dunia. Berapa Lama Menambang 1 Ethereum?

Jika Anda ingin mendapat untung dari Ethereum, Anda dapat membeli atau melakukan perdagangan ETH pada platform kami. Anda dapat membeli Ethereum dan menjual keuntungannya nanti atau mendapatkan keuntungan marginal via penjualanan kripto. 

Platform cryptocurrency terkemuka kami memungkinkan anda untuk menginvestasikan IDR Anda dalam cryptocurrency dengan aman.  Anda juga dapat menjual dan melikuidasi mereka. Kami mengenakan biaya fee transaksi 0,2% untuk setiap pembelian atau penjualan. 

Kami juga menawarkan built-in wallet  untuk menyimpan koin Anda, jadi anda tidak harus beralih ke hardware wallet untuk penyimpanan yang aman. 

Daftar sekarang!