Faucet Crypto: Giveaway atau Scam?

Posted on February 03, 2021 in Articles, Kriptopedia
View all Articles

Ada beragam cara untuk mendapatkan aset kripto. Beberapa di antaranya adalah trading, mining, dan juga airdrop. Tapi, tahukah Anda, selain ketiga cara itu, masih ada cara lain untuk mendapatkan aset kripto secara cuma-cuma? 

Faucet crypto merupakan salah satu wadah yang menyediakan berbagai aset kripto dan membagikannya secara gratis bagi para pengguna. Lantas apa perbedaannya dengan airdrop dan mengapa faucet crypto kerap diartikan sebagai penipuan? 

Apa Itu Faucet Crypto?

Faucet crypto adalah aplikasi atau situs web yang mendistribusikan berbagai aset kripto dalam jumlah kecil sebagai hadiah. Biasanya aset tersebut diberikan pada pengguna karena telah menyelesaikan tugas-tugas mudah, seperti mengunduh aplikasi atau menonton iklan. 

Meski aset kripto sudah mulai dikenal oleh masyarakat awam, namun pengetahuan mengenai aset kripto dan cara penggunaanya masih belum sepenuhnya dipahami banyak orang. Program ini diciptakan untuk menarik perhatian masyarakat awam terhadap aset kripto. Sehingga mereka meluangkan waktu untuk mempelajari aset digital dan tertarik untuk memulai investasi.

Secara harafiah, dalam bahasa Indonesia “faucet” berarti keran. Hal ini didasari pada pemberian hadiah dalam jumlah kecil seperti tetesan dari keran air. Semakin sederhana tugasnya, semakin rendah pula hadiahnya, begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, faucet crypto tentu saja bukan menjadi skema pilihan untuk dapat cepat kaya, tidak seperti trading

Bagaimana Cara Kerjanya?

Faucet crypto dilakukan dengan menyelesaikan tugas-tugas sederhana serta berpartisipasi dalam aktivitas promo atau campaign yang sudah ada. Situs web atau aplikasi penyedia faucet dapat mengubah nominal rewards dan membuat timelock bagi pengguna untuk mengklaim hadiah. 

Biasanya, pengguna hanya perlu mendaftar dan membuat akun dengan memasukkan informasi pribadi beserta alamat wallet. Setelah itu, pengguna bisa langsung menyelesaikan tugas yang diminta oleh penyedia faucet crypto. Setelah tugas-tugas tersebut selesai dikerjakan, aset kripto yang diperoleh akan langsung dikirimkan micro digital wallet. 

Micro digital wallet adalah dompet digital yang disediakan secara otomatis oleh situs tertentu. Berbeda dengan dompet digital biasanya, micro digital wallet didesain sebagai sarana untuk menyimpan aset kripto dalam jumlah kecil. 

Setiap penyedia micro wallet digital memiliki batasan minimum tertentu ketika melakukan penarikan. Ketika aset kripto yang berhasil Anda kumpulkan mencapai batasan minimum tersebut, di saat itulah Anda bisa melakukan withdrawal

faucet crypto di internet
Pexels/Cottonbro

Perbedaan Faucet Crypto dengan Airdrop

Sepintas, faucet crypto dengan airdrop memiliki tujuan yang sama, yaitu memberikan aset kripto secara cuma-cuma. Tak heran, kedua istilah ini kerap tertukar. Bagi sebagian masyarakat awam, kedua istilah tersebut bisa saja dianggap sama, tidak punya perbedaan. Padahal kenyataannya, keduanya merupakan dua aktivitas yang berbeda.

Perbedaannya terletak pada aset kripto yang dibagikan, cara, dan tujuan pembagiannya. Dalam faucet crypto, Anda dianjurkan untuk mengunjungi laman yang ditentukan secara periodik. Anda juga harus menyelesaikan captcha untuk memastikan bahwa Anda bukan robot. 

Tugas-tugas yang diberikan tak jarang bersifat repetitif. Sehingga, sering kali, Anda menghabiskan waktu yang cukup lama di dalam laman penyedia faucet crypto. Pemberian reward dilakukan sepanjang hari, sedikit demi sedikit. Sehingga Anda tertarik untuk mengunjungi laman tersebut sesering mungkin. Aset kripto yang diberikan juga merupakan cryptocurrency yang sudah ada namun belum banyak diketahui. 

Hal ini berbeda dengan airdrop. Airdrop umumnya digunakan sebagai ajang promosi. Dalam airdrop, startup-startup baru akan mulai mendistribusikan koin atau token miliknya secara cepat dan dalam jumlah yang banyak sebagai reward untuk meningkatkan awareness. 

Airdrop diadakan bukan untuk menggaet pengguna secara personal, melainkan komunitas. Jika koin atau token yang dibagikan dapat meraup perhatian komunitas, maka ada peluang bagi cryptocurrency tersebut untuk diterima dan berkembang. 

Pemberian aset kripto melalui airdrop juga tidak berlangsung dalam waktu yang lama dan terjadi secara berkali-kali. Ada batasan waktu tertentu dalam melakukan airdrop. Intensitasnya pun jauh lebih sedikit ketimbang faucet crypto

Faucet Crypto = Penipuan, Benarkah?

Tidak seluruhnya kegiatan faucet crypto merupakan kedok penipuan di dunia aset digital. 

Terdapat banyak sekali situs faucet crypto terpercaya yang benar-benar memberikan aset kripto secara gratis.

Namun memang Anda harus berhati-hati karena ada banyak sekali penipuan bermodus faucet crypto yang bertebar di dunia aset digital. Salah satu bentuk scam yang paling umum terjadi adalah faucet wallet. Dalam skema ini, situs atau penyelenggara akan mengajak Anda untuk membuat wallet dan menyetorkan koin. 

Setelah Anda menyetorkan koin dan melakukan beberapa tugas, Anda diminta untuk melakukan withdraw. Sekilas tidak ada yang aneh, kan. Sampai akhirnya Anda tidak berhasil melakukan penarikan meski telah mengklik tombol withdraw berkali-kali. Itu artinya, koin Anda telah raib diambil oleh situs penyedia tersebut. 

Modus penipuan lainnya adalah pencurian data identitas. Anda akan diminta untuk melakukan registrasi. Tetapi, pada formulir registrasi tersebut Anda diminta untuk memasukan beragam informasi pribadi yang bersifat privasi seperti nomor CVV kartu kredit, alamat, dan sebagainya. Tanpa Anda sadari, scammers telah mencuri data Anda. 

Bentuk penipuan lainnya adalah klaim jumlah penarikan minimum. Anda akan diminta untuk menyelesaikan tugas untuk mendapatkan koin dan mengumpulkan aset sebanyak mungkin untuk bisa ditarik. Anda akan berusaha sebisa mungkin membuat jumlah koin dalam wallet mencapai batas minimum. Itu artinya, Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu di situs penyedia. 

Sayangnya, sistem dalam situs tersebut menarik koin yang Anda kumpulkan sedikit demi sedikit. Semakin lama Anda berada dalam sistem, jumlah aset kripto yang Anda kumpulkan bukannya malah meningkat, tetapi menurun. Sehingga Anda tidak akan pernah mendapatkan koin yang cukup untuk melakukan penarikan.

Tips Terhindar dari Penipuan Berkedok Faucet Crypto

Jika Anda tertarik untuk mencoba peruntungan Anda pada faucet crypto, Anda harus waspada karena selalu ada kemungkinan penipuan pada situs situs faucet crypto yang tersebar di internet. Bisa saja berupa penipuan ICO, mining, atau, parahnya pencurian data diri Anda.

Jadi, bagaimana Anda bisa melindungi diri Anda dari penipuan faucet?

Mulailah dengan melakukan survei. Cari tahu lebih dalam mengenai tingkat keamanan dan kepercayaan situs faucet yang Anda temukan. Anda bisa menelusurinya melalui Reddit atau berkonsultasi langsung dengan anggota komunitas aset kripto.

Selain itu, sebagian besar situs faucet crypto juga sudah aman dan terjamin. Anda tidak perlu menyerahkan private key saat mulai melakukan tugas. Apabila terdapat situs yang meminta private key Anda, sebaiknya abaikan saja. 

Satu kunci penting yang perlu diingat adalah jangan menyetor koin apa pun dan jangan berharap apapun. Situs ataupun aplikasi faucet crypto tidak dapat membuat Anda kaya secara instan. Hanya saja, aktivitas ini bisa menjadi langkah yang baik sekaligus menarik untuk mempelajari aset kripto tanpa risiko dan stres.