Enjin, Cryptocurrency Pertama di Bidang E-Sport

Posted on January 26, 2021 in Articles, Kriptopedia
View all Articles

Bagi Anda yang tengah menggeluti perdagangan aset digital, tentu sudah familiar dengan penggunaan aset kripto sebagai investasi atau alat pembayaran. Tetapi pernahkah Anda mendengar bahwa mata uang kripto digunakan untuk e-sport? Tidak seperti aset kripto lainnya yang ditujukan sebagai investasi, Enjin Coin (ENJ) adalah koin digital yang dapat digunakan untuk transaksi game

Lantas, bagaimana cara kerja mata uang kripto dalam transaksi game? Simak ulasannya dibawah ini.

Apa itu Enjin Coin (ENJ)?

ENJ adalah aset kripto untuk memudahkan transaksi barang-barang virtual yang diciptakan oleh Enjin. Enjin adalah sebuah perusahaan teknologi informasi berbasis di Singapura yang didirikan pada tahun 2009. Enjin merupakan platform komunitas game online terbesar dengan lebih dari 250 ribu komunitas game dan 18,7 juta pemain terdaftar.

Sejak awal ENJ didesain untuk menjadi alat transaksi pembayaran di dalam game. Misalnya untuk membeli item-item penting yang diinginkan oleh pengguna atau pemain. Dalam proyek ini, tim Enjin selaku developer tidak hanya menciptakan koin digitalnya saja, tetapi juga 

seperangkat Software Development Kit (SDK). SDK tersebut yang nantinya akan diintegrasikan oleh developer dalam game dan komunitas mereka. 

Kehadiran ENJ dan blockchain dalam industri game diharapkan dapat mengurangi biaya transaksi dan penipuan. Dilansir Coindesk, ENJ dibuat sebagai sarana untuk menyimpan nilai dalam bentuk token non-fungible (NFT). NFT bukan hanya dapat digunakan dalam ekosistem game dan aplikasi saja, tetapi juga diperdagangkan, ditukar, dan diintegrasikan lintas platform. 

Hasilnya ENJ menjadi aset kripto gaming pertama yang dapat digunakan di Jepang. ENJ juga telah mendapat persetujuan resmi dari Japan Virtual Currency Exchange Association (JVCEA), badan regulasi Jepang yang mengawasi pertukaran aset kripto. 

Fitur Enjin Coin

Enjin Coin merupakan token ERC20 yang dibangun di jaringan Ethereum. Dengan demikian, koin ini tidak hanya sekadar aset kripto biasa, tetapi juga menggunakan teknologi smart-contract. ENJ juga menjadi salah satu proyek pertama yang menguji Jaringan Raiden, Lightning Network versi Ethereum (ETH). Sejak kemunculannya hingga saat ini, ENJ memiliki total pasokan sebanyak 1 miliar. 

Untuk memberikan kenyamanan bagi penggunanya, ENJ juga memberikan fitur-fitur menarik. Mulai dari efinity, smart wallet, hingga kesempatan untuk membuat dan mengelola item virtual. Keseluruhan fitur tersebut dapat Anda baca dalam ulasan di bawah ini. 

Pembuatan dan Pengelolaan Virtual Items

Fitur utama yang diperkenalkan oleh ENJ pada komunitas game adalah ruang untuk pembuatan dan pengelolaan barang virtual. 

Setiap developer dalam masing-masing platform dapat dengan mudah membuat mata uang unik untuk komunitas mereka yang didukung oleh ENJ sebagai mata uang induk. Fitur tersebut membuat pengguna bisa mendapatkan manfaat blockchain yang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing, seperti biaya yang minim, keamanan, dan kecepatan.

Setiap aset dicatat pada satu smart contract yang terdaftar, sehingga seluruh ENJ dapat mendeteksi smart wallet. Anda juga dapat dapat menukar barang virtual yang Anda miliki dengan ENJ kapan saja. Kehadiran fitur ini menciptakan ekosistem game dan komunitas yang saling terhubung. Sebab, siapa pun dapat melakukan transaksi aset lintas platform. 

Smart Wallet

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa ENJ memiliki smart wallet. Smart wallet itu merupakan komponen yang dapat mendukung transaksi barang virtual dari setiap platform game tepercaya Anda. Seluruh transaksinya akan secara otomatis disinkronkan ke alamat Ethereum Anda.

Selain itu, smart wallet juga memungkinkan Anda untuk memperdagangkan koin dan item di luar game pada pengguna lain. Anda juga dapat menetapkan aturan dan thresholds untuk mencegah transaksi yang tidak diinginkan.

Efinity

Awal 2018 lalu, perusahaan Enjin mengumumkan rencana untuk membuat Efinity, sebuah solusi jaringan saluran yang dapat membantu meningkatkan skala Enjin agar lebih efektif. Efinity, hampir mirip seperti Lightning Network milik Bitcoin. Jaringan ini terdiri dari banyak saluran game, yang mana platform game dapat melakukan transaksi dalam jumlah yang tak terbatas dengan cepat dan gratis.

enjin gaming ENJ
Source: Pexel.com

Keunggulan Enjin Coin

Masuknya teknologi blockchain pada dunia game rupanya benar-benar mampu menghadirkan rasa keamanan dan kepercayaan pada penggunanya. Sejak awal kemunculannya, nilai dan market cap ENJ terus meningkat. Peningkatan itu tentu saja terjadi karena ENJ memiliki keunggulan tertentu yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. 

Kemudahan jual-beli barang virtual

ENJ menyediakan cara baru dalam kepemilikan barang virtual bagi para gamer melalui blockchain. ENJ dapat digunakan sebagai platform terdesentralisasi untuk mengelola, mendistribusikan, memperoleh, dan memperdagangkan barang virtual.

Software Development Kit (SDK) yang Mumpuni

ENJ memberikan dukungan ekstensif kepada gamers dengan membuat mata uang khusus. Bukan cuma sekadar membuat mata uang, Enjin juga menyiapkan sistem yang mumpuni. Salah satunya dengan melengkapi ENJ dengan SDK yang dikembangkan dengan baik. Mulai dari menambah fitur pilihan bahasa, smart wallet, hingga sebagai platform pembayaran.

Pengalaman Bermain Game Dengan Kepemilikan Aset Nyata

Dengan ENJ, pemain game online dapat menukar atau memperdagangkan aset mereka. Bukan hanya di dalam dunia game dan komunitas saja, tetapi juga mengisi smart wallet mereka dengan aset nyata selama bermain game.

Memperkecil Kemungkinan Terjadinya Penipuan

Seperti yang diberitakan Coinswitch, data statistik menemukan bahwa aktivitas penipuan sering terjadi dalam dunia virtual, termasuk game. Data statistik mencatat bahwa dalam setiap transaksi pembelian barang virtual yang sah, ada sekitar 7,5 barang yang hilang karena kasus penipuan. 

Token yang dicetak oleh Enjin bertujuan untuk meminimalisir penipuan dalam transaksi di dunia virtual. Salah satu caranya adala dengan menciptakan kepercayaan dan keamanan dengan biaya transaksi minimal.

Bagaimana Cara Membeli Enjin Coin (ENJ)?

ENJ bisa kamu dapatkan di berbagai platform exchange cryptocurrency. Apalagi ENJ bukan hanya bisa digunakan untuk games saja, tetapi juga sebagai salah satu upaya diversifikasi aset. Untuk mendapatkan ENJ, Anda bisa langsung membelinya melalui platform Zipmex!

Zipmex menawarkan beragam kemudahan dan keuntungan yang menarik untuk Anda. Mulai dari likuiditas yang tinggi, penarikan yang mudah, dan deposit langsung ke seluruh rekening bank di Indonesia, serta tingkat keamanan yang menjanjikan. 

Segera daftarkan diri Anda dan dapatkan aset yang Anda inginkan dengan mudah dan efisien.

———————————————

Cryptocurrency legal di Indonesia berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Bursa (Bappebti) pada Februari 2019.

Yuk, ikuti perkembangan dunia cryptocurrency dan trading aset digital hanya di akun media sosial Zipmex:

zipmex.co.id

Instagram Facebook Twitter