Dapatkah Aset Kripto Dijadikan Sebagai Investasi Jangka Pendek?

Posted on February 02, 2021 in Articles, Investasi
View all Articles

Baru-baru ini, sebuah survei menemukan bahwa sebagian besar investor menjadikan aset kripto sebagai investasi jangka panjang. Menurut survei Global Crypto User Index-2021, keputusan itu disebabkan karena kurangnya rasa percaya pada sistem keuangan, profit trading jangka pendek, dan FOMO.

Hasil survei menunjukkan bahwa aset kripto lebih banyak digunakan untuk investasi, pinjaman, dan pembayaran. Tapi, di luar hasil survei tersebut apakah aset kripto bisa digunakan untuk investasi jangka pendek? Jawabannya, iya. 

Investasi jangka pendek sendiri dapat dibagi menjadi beberapa kategori sesuai dengan keinginan dan besar profit yang diinginkan. Bisa dalam durasi beberapa jam, hari, atau minggu sesuai dengan kebutuhan Anda. Secara umum, semakin pendek kerangka waktu investasi, semakin tinggi risiko yang dihadapi.

Apa yang Harus Dipersiapkan?

Sebelum memulai investasi, Anda harus memiliki tujuan yang jelas. Pahami dan pertimbangkan keuntungan yang Anda inginkan dari investasi aset kripto. Pertimbangan ini akan memberi gambaran bagi Anda ketika ingin menentukan harga terbaik untuk menjual dan membeli aset kripto. 

Pemahaman dan pertimbangan yang matang juga akan menjadi panduan yang tepat ketika Anda membuat strategi. Keuntungan lainnya yang tidak kalah penting adalah antisipasi kerugian apabila harga aset kripto menurun signifikan secara tiba-tiba. 

Kriteria Aset Kripto yang Cocok Untuk Investasi Jangka Pendek

Ada beberapa kriteria yang dijadikan sebagai ukuran untuk menjadikan aset kripto sebagai investasi jangka pendek. Kriteria tersebut antara lain: 

  • Nilai market cap rendah.
  • Memiliki volume trading yang tinggi, artinya banyak orang yang membeli aset kripto ini.
  • Memiliki ICO, ICO atau Initial Coin Offering adalah upaya pengumpulan dana melalui penawaran aset kripto baru.
  • Popularitas koin atau token yang tinggi
Pexels/Karolina Grabowska

Tips Investasi Jangka Pendek

Investasi jangka pendek bisa dibagi dalam beberapa kategori berdasarkan jangka waktu, mulai dari per jam, hari atau bulan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat melakukan investasi jangka pendek dengan aset kripto. 

Tentukan Waktu Yang Tepat

Investasi dan trading aset kripto bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Anda bahkan bisa mengakses aplikasi trading aset kripto sesaat sebelum tidur, atau di sela-sela waktu istirahat. Sayangnya, fleksibilitas ini bisa menjadi bumerang bagi Anda. Terutama ketika aktivitas tersebut mulai menyita banyak perhatian Anda dan mengganggu kesehatan, baik secara fisik maupun mental. 

Siapkan jadwal khusus untuk fokus pada investasi aset kripto. Hindari mengorbankan terlalu banyak waktu untuk mengecek kondisi pasar. Identifikasi peluang investasi, kembangkan strategi yang tepat, dan persiapkan diri untuk mengelola risiko yang terjadi sepanjang trading. 

Mulailah dari Modal Kecil

Investasi jangka pendek tentu melibatkan banyak risiko. Ketika Anda ingin memulai berinvestasi, mulailah dengan jumlah kecil dan tingkatkan secara bertahap ketika Anda merasa lebih memahami dunia trading dan aset yang dipilih. Satu hal yang perlu kamu hindari adalah penggunaan margin atau leverage untuk meningkatkan kekuatan trading Anda. 

Hindari Scalping 

Scalping adalah strategi trading yang sering ditemukan dalam investasi jangka pendek. Dalam scalping, trader biasanya akan berusaha mengambil keuntungan dari perubahan harga, walaupun nominalnya tidak signifikan. Strategi ini memungkinkan trader untuk melakukan transaksi jual beli dalam waktu yang singkat, bahkan terkadang hanya dalam hitungan detik.

Alhasil, ketika Anda terlalu sering keluar masuk dalam transaksi perdagangan, tanpa strategi yang pasti, profit Anda akan tergerus habis oleh berbagai jenis biaya. Mulai dari biaya transaksi hingga withdrawal (penarikan). Besaran biaya yang dikenakan pun beragam, tergantung pada platform exchange yang digunakan. 

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Jangka Pendek

Kelebihan utama dari investasi jangka pendek adalah Anda bisa mendapatkan keuntungan besar dalam waktu singkat. Namun, kendati terlihat menarik, ada celah-celah dalam investasi ini yang mesti diwaspadai. 

Ada beberapa kekurangan dari investasi jangka pendek yang mesti Anda waspadai. Investasi tersebut membutuhkan waktu dan perhatian tinggi, karena Anda mesti selalu memantau pergerakan pasar.

Investasi jenis ini juga memiliki risiko yang besar, sebab harganya terus berubah dalam waktu yang singkat. Kedua kondisi di atas apabila berlangsung dalam waktu yang lama dan berlarut-larut, bisa menimbulkan stres.

Setiap pilihan, baik investasi jangka panjang maupun pendek memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sulit untuk menentukan opsi mana yang paling baik untuk digunakan. Keduanya dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan, tujuan, dan tingkat pengalaman yang Anda miliki selama berkecimpung di bursa kripto. 

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir kerugian saat trading atau investasi adalah memilih platform exchange yang tepat. Zipmex merupakan platform perdagangan aset digital yang legal dan aman. Zipmex sudah teregulasi oleh BAPPEBTI dan juga Kemkominfo. 

Selain itu, dari segi keamanan, Zipmex juga telah bermitra dengan BitGo. Zipmex menyediakan keamanan dompet digital terbaik dengan polis asuransi sampai dengan 100 juta dolar AS. Oleh karena itu, Anda tidak perlu ragu lagi untuk berinvestasi pada Zipmex.

Yuk, daftar sekarang!

———————————————

Cryptocurrency legal di Indonesia berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Bursa (Bappebti) pada Februari 2019.

Yuk, ikuti perkembangan dunia cryptocurrency dan trading aset digital hanya di akun media sosial Zipmex:

zipmex.co.id

Instagram Facebook Twitter