Peringatan dari Zipmex tentang meningkatnya cryptojacking selama pandemi Covid 19

July 14, 2020

Menurut salah satu pendiri Zipmex, Marcus Lim, Pandemi Covid-19 telah menyebabkan kenaikan tingkat perdagangan cryptocurrency. Lim melihat bahwa meningkatnya minat orang atas investasi mata uang virtual ini disebabkan karena banyaknya orang yang kehilangan pekerjaan di seluruh dunia, juga dikarenakan adanya lockdown dan larangan untuk bepergian.

Banyak orang yang beralih ke cryptocurrency sebagai cara alternatif untuk menghasilkan uang, demikian menurut Lim. Masalahnya adalah, meski semakin banyak orang yang berinvestasi pada cryptocurrency tetapi tidak yakin 100% akan cara kerja investasi tersebut. Kurangnya pengalaman akan hal tersebut ditambah dengan banyaknya waktu yang dihabiskan orang di depan komputer rumah, mengakibatkan peningkatan yang cukup signifikan dalam cryptojacking.

Pengetahuan dasar tentang cryptocurrency

Cryptocurrency adalah mata uang virtual atau aset digital. Karena keamanannya dijamin dengan cryptography, mata uang ini hampir tidak mungkin dipalsukan atau digandakan.

Ada banyak jenis cryptocurrency dan yang paling terkenal adalah Bitcoin. Lainnya termasuk mata uang Facebook, Libra, Litecoin, Ripple dan Tether.

Sebagian besar cryptocurrency menggunakan jaringan terdesentralisasi berdasarkan teknologi blockchain, dan kalau kamu belum mengetahui tentang itu, itu adalah suatu buku besar transaksi digital, yang didistribusikan di seluruh jaringan komputer yang berbeda.

Apakah cryptojacking?

Untuk memahami apa itu cryptojacking, pertama-tama mungkin kamu harus memahami lebih dahulu bagaimana cara kerja penambangan cryptocurrency.

Tidak seperti menambang emas dengan cara tradisional menggunakan kapak, menambang cryptocurrency menggunakan komputer dengan spesifikasi tinggi untuk menyelesaikan algoritma yang kompleks. Cryptojacking adalah keadaan dimana seorang peretas cyber mengambil alih kendali komputer milik kamu dan melakukan penambangan tanpa sepengetahuan kamu.

Menambang cryptocurrency bisa memakan waktu yang lama dan memakan biaya yang cukup besar, karena membutuhkan listrik yang besar dan perangkat keras komputer yang cukup mahal, belum lagi waktu yang dibutuhkan dalam menambang. Jadi kamu bisa paham sekarang mengapa cryptojacking memikat banyak penjahat cyber.

Bagaimana cara mencegah cryptojacking?

Hampir sama dengan cara kerja virus komputer menyebar, Lim mengatakan cryptojackers seringkali mengirimkan email phishing dengan tautan langsung ke penambang cryptocurrency. Ketika di klik, tautan tersebut akan mengunduh sebuah skrip ke komputer target dan selanjutnya melakukan penambangan cryptocurrency tersembunyi di latar belakang sistem.

Jika hal ini terjadi, pada dasarnya cryptojackers menggunakan daya komputer kamu sekaligus server internetnya untuk menambang lebih banyak cryptocurrency.

Selain itu, kamu harus hati-hati pada waktu membuka inbox di email,  Lim menganjurkan untuk tetap menggunakan layanan atau aplikasi bursa digital aset yang tersedia. Zipmex adalah salah satu dari layanan bursa mata uang virtual yang telah diregulasi oleh AUSTRAC (Australian Transaction Reports and Analysis Centre), yaitu instansi pemerintah yang bertanggung jawab untuk mengatur sistem keuangan dan melindunginya dari kejahatan terorganisir.

Pendidikan adalah kuncinya

Pada akhirnya, Lim mengatakan bahwa salah satu alasan utama dari meningkatnya cryptojacking selama masa pandemi ini adalah kurangnya pengetahuan yang dimiliki oleh para investor crypto yang baru. Sebuah laporan tahun 2019 dari ING (sebuah lembaga finansial Belanda) mengungkapkan bahwa masih banyak orang yang masih belum memahami sepenuhnya apa itu cryptocurrency.

Jadi, meski sangat menggoda untuk dicoba dan menghasilkan uang cepat dengan berinvestasi pada aset digital, melakukan riset dan mengedukasi diri sendiri adalah sesuatu yang wajib untuk dilakukan karena itu adalah hal kunci dalam berinvestasi cryptocurrency.

Untuk informasi lebih lanjut tentang perkembangan terbaru dalam teknologi keuangan, kamu bisa mencarinya di pusat fintech Mozo .