Cara Mudah Investasi Emas Bagi Pemula

January 09, 2021

cara investasi emas

Salah satu upaya untuk meraih kemerdekaan finansial adalah dengan memiliki investasi. Saat ini, jenis-jenis investasi pun semakin beragam. Investasi emas merupakan jenis investasi yang paling sering dilakukan oleh masyarakat. Tetapi, bagaimana cara melakukan investasi emas saat ini?

Menjalankan investasi sebenarnya tidak sesulit yang Anda kira, kok. Pada artikel ini, Zipmex akan mengulas secara dalam mengenai hal hal yang perlu untuk Anda ketahui tentang investasi emas.

Mengapa Harus Melakukan Investasi Emas?

Mungkin banyak aset lain yang mungkin sudah Anda coba untuk investasi. Namun, masyarakat cenderung lebih mudah percaya dan lebih umum untuk menjadikan emas sebagai aset daripada aset lainnya, karena emas adalah salah satu komoditas tertua di dunia.

Anda dapat berinvestasi emas dengan beberapa cara berbeda, sesuai dengan biaya dan kebutuhan Anda. Anda dapat memilih di antara emas dalam bentuk fisik, sertifikat emas, ataupun dalam bentuk digital. Pastikan untuk mempelajari perbedaan antara jenis investasi ini, dan tentunya potensi risiko serta pengembaliannya sebelum Anda memutuskan untuk terjun ke pembelian emas dalam bentuk apa pun.

Nilai emas bisa berubah dengan cepat dan sering. Pergeseran harga ini membuat investasi berbasis emas seakan menjadi pilihan yang buruk bagi orang-orang yang mengkhawatirkan kinerja sehari-hari. Jadi, Anda sebaiknya hanya berinvestasi dalam emas jika Anda dapat menangani perjalanan bergelombang yang menjanjikan saat-saat berisiko tetapi menjanjikan potensi hasil yang besar di ujung jalan.

investasi emas perhiasan

Keuntungan Investasi Emas

  • Tingkat Likuiditas Tinggi

Jika Anda memiliki investasi dalam bentuk emas, baik itu perhiasan ataupun logam mulia. Anda dapat dengan mudah menjual aset tersebut dan menukarnya dengan uang tunai dengan cepat. 

  • Nilai Yang Cenderung Stabil

Harga emas yang cenderung stabil atau bahkan meningkat dalam jangka waktu panjang dapat menjadi pertimbangan untuk Anda yang ingin memulai untuk melakukan investasi emas. Ditambah, harga emas yang cenderung meningkat di masa inflasi dapat membantu Anda untuk mempertahankan kondisi finansial Anda.

  • Diversifikasi Aset

Anda mungkin pernah mendengar istilah ‘don’t put all your eggs on one basket’. Begitupun dengan melakukan investasi, diversifikasi aset dilakukan untuk memperkecil risiko portofolio investasi Anda dengan memiliki beragam bentuk investasi, yang salah satunya adalah emas.

Jenis Investasi Emas

Perhiasan

Anda tentu sudah tidak asing dengan perhiasan emas. Emas jenis ini merupakan jenis emas yang paling umum dan paling sering dijadikan aset di Indonesia. Emas perhiasan biasanya tergantung dengan kadar karat yang ada pada perhiasan tersebut. 

Dalam proses likuidasi aset emas perhiasan, emas perhiasan dapat dijual kembali di toko emas tempat kita membelinya, atau di pegadaian. Tetapi biasanya toko mengurangi harga emas tersebut karena memotong biaya pembuatan perhiasan tersebut.

Emas Batangan

Atau yang biasa disebut dengan emas logam mulia ini dapat menjadi pilihan investasi emas yang paling menjanjikan jika dibandingkan dengan emas dalam bentuk perhiasan. Karena emas batangan akan lebih mudah untuk dijual kembali dibandingkan dengan emas perhiasan. Jika Anda ingin mencoba untuk berinvestasi, emas batangan merupakan pilihan yang sangat patut untuk dipertimbangkan.

Tempat yang tepat untuk membeli emas batangan adalah melalui dealer emas terkemuka atau penjual emas yang terhubung dengan percetakan uang pemerintah untuk memastikan bahwa Anda menerima emas batangan asli. Emas batangan tersedia dalam satuan ons (atau sebagian kecil dari satu ons) atau dalam gram (atau beberapa gram).

Belilah emas batangan fisik jika Anda menginginkan jenis investasi yang dapat Anda pegang. Membeli emas batangan mungkin tepat untuk pemula karena Anda dapat melihat dan menyimpan sendiri aset yang Anda miliki, tetapi Anda harus menyimpannya di tempat yang aman jika terjadi keadaan darurat. 

Sertifikat Emas

Jenis investasi ini adalah bentuk alternatif dari investasi emas dalam bentuk bukti kepemilikan atas emas yang tersimpan di bank pada suatu negara. Sertifikat emas tentu saja sama menguntungkannya dengan perhiasan ataupun emas batangan. Selain itu, jika Anda berencana untuk melakukan investasi sertifikat emas, Anda tidak perlu repot untuk melakukan penyimpanan karena sertifikat emas hanya berbentuk dokumen.

Exchange Traded Fund (ETF)

Exchange Traded Fund (ETF) adalah reksa dana yang berbentuk kontrak investasi kolektif yang dapat diperjualbelikan pada bursa efek. ETF emas adalah adalah ETF komoditas yang hanya terdiri dari satu aset utama yaitu emas.

ETF tentunya dapat dibeli seperti saham di bursa saham. Jenis investasi ini memungkinkan Anda untuk mengakses emas tanpa harus merasa khawatir dengan biaya penyimpanan dan resiko keamanannya.

Namun, kekurangan dari ETF adalah Anda akan kehilangan persentase dari nilai investasinya setiap tahun karena terdapat rasio biaya dana. Rasio biaya merupakan biaya tahunan berulang yang dibebankan oleh dana untuk menutupi biaya manajemen dan biaya administrasi. Sebagai solusi dari pemotongan komisi ETF, beberapa pialang saat ini menawarkan perdagangan online bebas komisi untuk rangkaian ETF tertentu.

investasi emas batangan

Bagaimana Cara Berinvestasi Emas?

Hal pertama yang harus dilakukan adalah Anda perlu menentukan apa tujuan yang ingin dicapai dalam berinvestasi emas. Jangan sampai hanya membeli emas, disimpan, lalu dijual kapan saja tanpa mempertimbagkan harga emas yang ada saat ini. Anda harus memiliki tujuan, misalnya berinvestasi emas untuk biaya pensiun atau bagian dari aset dana darurat. 

Dengan adanya tujuan yang jelas dalam melakukan investasi emas, Anda bisa melakukan perencanaan yang lebih matang untuk menentukan berapa banyak jumlah yang harus dikumpulkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Membeli Emas?

Cara yang bisa Anda lakukan untuk membeli emas adalah dengan membeli dalam jumlah kecil seiring berjalannya waktu. Saat harga emas sedang tinggi, harga saham terkait emas pun ikut naik. Kenaikan harga emas mungkin saja bukanlah waktu yang tepat untuk membelinya, tetapi itu tidak mengurangi keuntungan dalam jangka panjang memegang emas untuk mendiversifikasi portofolio Anda. Dengan membeli sedikit demi sedikit, Anda bisa meningkatkan keuntungan Anda karena jumlahnya yang semakin meningkat.

Berapa Banyak Biaya Yang Harus Dikeluarkan?

Sebaiknya kurang dari 10% dari keseluruhan portofolio saham Anda. Manfaat yang bisa dirasakan bagi investor baru maupun yang sudah berpengalaman adalah adanya diversifikasi aset. Setelah Anda membeli emas sesuai dengan nominal yang diinginkan, pastikan untuk terus menyeimbangkan portofolio Anda secara berkala sehingga eksposur relatif Anda terhadapnya tetap sama.

Apa Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Emas?

Jika Anda berinvestasi emas, pertimbangkan hal-hal berikut untuk jenis investasi emas tertentu:

  • Berinvestasi dalam emas batangan atau perhiasan berarti Anda harus menyimpannya dengan baik.
  • Sertifikat emas yang tidak dialokasikan bisa hilang jika bank mengalami likuidasi.
  • Membeli perhiasan sebagai investasi bisa memakan waktu.
  • Berinvestasi dalam emas bisa menjadi pilihan yang buruk jika Anda kekurangan waktu atau kesabaran untuk melihat investasi Anda mencapai harga yang lebih tinggi. Anda mungkin ingin menunda investasi emas jika Anda membutuhkan pengembalian yang cepat atau kekurangan modal untuk investasi yang signifikan.

Jika salah satu dari skenario ini terdengar bagi Anda, emas mungkin bukan pilihan investasi terbaik Anda.

Cara Investasi Emas Digital

Untuk berinvestasi emas dalam bentuk fisik tentu Anda sudah mengetahuinya. Namun apakah Anda mengetahui bagaimana cara melakukan investasi emas secara digital?

Saat ini, Anda dapat dengan mudah membeli emas kapan saja dan dimana saja dengan token xbullion. Xbullion merupakan token digital berbentuk peer-to-peer yang dapat mewakili emas dalam bentuk fisik. Emas dalam bentuk digital ini dapat memudahkan Anda untuk mentransfer langsung kepemilikan emas dari satu pihak ke pihak lain tanpa melalui lembaga keuangan tradisional atau perantara. Xbullion mewakili kepemilikan langsung atas emas batangan fisik, yang dicatat melalui nomor seri. Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk melakukan investasi emas dalam bentuk digital

Keuntungan dari melakukan investasi emas xbullion selain minimnya resiko kerusakan atau hilang, juga dapat mengirimkan emas batangan fisik ke sebagian besar kota besar melalui layanan kurir yang diasuransikan. Persyaratan minimum untuk penukaran adalah 1000 token. Penukaran bisa diproses setiap penambahan 1000 token.

Untuk melakukan transaksi xbullion, Anda dapat membelinya melalui Zipmex! Dengan beragam fitur yang dimiliki oleh Zipmex dapat meningkatkan efisiensi Anda dalam melakukan transaksi dan berinvestasi aset digital kapan saja dan dimana saja. Daftar sekarang dan dapatkan kemudahan dalam melakukan investasi emas digital!