Bitcoin vs XRP: Aset Mana Yang Lebih Baik?

Posted on January 20, 2021 in Articles, Kriptopedia
View all Articles

Nama Bitcoin pastinya sudah tidak asing lagi. Aset digital yang satu ini menjadi mata uang kripto paling terkenal dengan kapitalisasi pasar terbesar. Sementara XRP atau yang lebih dikenal sebagai Ripple adalah salah satu altcoin terbaik yang digadang-gadang mampu menyaingi Bitcoin. Terutama dengan kemampuannya sebagai payment settling dalam transaksi lintas negara (cross-border).

Dengan keistimewaannya masing-masing, Bitcoin dan XRP menjadi aset digital unggul yang banyak dibidik oleh trader dan investor, terutama pemula. Kedua aset tersebut juga menjadi aset yang paling banyak dibicarakan selain Ethereum. 

Namun, mana yang lebih baik? 

Baik Bitcoin ataupun XRP, masing-masing memiliki tujuan penggunaan dan tokenomics yang sangat berbeda. Pada artikel ini, Zipmex akan membandingkan Ripple dan Bitcoin, dan melihat seperti apa prospek masa depan mereka.

Bitcoin vs XRP: Tujuan Diciptakan

Ripple, perusahaan yang memegang sebagian besar XRP, memanfaatkan cryptocurrency untuk memfasilitasi transaksi antar bank dengan menggunakan mata uang digital. Oleh karena itu, Ripple sejak awal didesain sebagai layanan pembayaran untuk payment settling, transfer uang, dan penukaran mata uang fiat. Ide utama Ripple adalah menciptakan sistem transfer aset yang berlangsung secara real-time, transparan, aman, serta lebih murah. 

Sedangkan Bitcoin didesain dengan menganut sistem desentralisasi. Mata uang yang dibuat oleh Satoshi Nakamoto itu diciptakan sebagai mata uang digital yang bertujuan untuk membayar jasa dan barang. Kehadiran Bitcoin memungkinkan terjadinya transaksi keuangan tanpa memerlukan pihak ketiga seperti bank. 

Hal ini yang membedakan tujuan penggunaan XRP dan Bitcoin. Bitcoin memiliki tujuan utama sebagai alternatif mata uang dengan harapan menciptakan sistem keuangan yang benar-benar baru. 

Sementara Ripple (XRP) lebih disiapkan sebagai layanan untuk lembaga keuangan dan perbankan. Ripple berupaya untuk meningkatkan efisiensi sistem keuangan yang ada dan meningkatkan kemudahan transaksi di seluruh dunia, sehingga sistemnya pun lebih terpusat. Perbedaan itu membuat kemungkinan XRP digunakan langsung oleh konsumen lebih kecil ketimbang Bitcoin. 

Kecepatan Transaksi

Perbedaan lainnya yang paling mencolok adalah kecepatan transaksi. Bitcoin sering kali dikeluhkan karena durasi transaksinya yang cenderung lama. Biasanya, satu transaksi Bitcoin membutuhkan waktu hingga 10 menit, sedangkan Ripple hanya membutuhkan beberapa detik saja.

Dengan kondisi volatilitas Bitcoin yang ekstrem, transaksi yang terjadi bisa saja menimbulkan risiko yang tak terduga. Bisa saja ketika transaksi selesai, Anda tidak mendapatkan jumlah BTC sesuai dengan yang Anda harapkan. Berbeda dengan Ripple yang hanya  membutuhkan waktu 4-5 detik saja untuk tiap transaksi.

Biaya Transaksi

Untuk melakukan transaksi ke luar negeri seperti transfer biasanya akan dikenakan biaya yang mahal. Sebab, uang tersebut mesti melewati berbagai perantara sebelum dapat sampai ke penerima. Biaya transfer yang besar itu menjadi salah satu perhatian pengguna. 

Di Ripple sendiri, biaya transaksi untuk transaksi lintas negara sangat rendah. Rata-rata hanya 0,0002 dolar Amerika serikat per transaksi atau sekitar 0,42 dolar Amerika Serikat saat permintaan sedang tinggi. Biaya yang rendah tentu saja sangat menarik bagi bank yang memindahkan banyak uang per hari dengan nominal yang tinggi.

Sementara biaya transaksi yang dimiliki oleh Bitcoin rata-rata sebesar 10,25 dolar Amerika Serikat per transaksi. Jika dibandingkan dengan Ripple, maka biaya tersebut nampak jauh lebih tinggi. Terlebih ketika transaksi dilakukan saat jaringan sibuk atau permintaan transfer tengah tinggi-tingginya, rata-rata biaya transaksi Bitcoin bisa meningkat sampai 60 dolar Amerika Serikat per transaksi.

contoh bitcoin vs xrp

Tingkat Keamanan

Bitcoin memperkenalkan dirinya sebagai mata uang digital terdesentralisasi, peer-to-peer yang tidak dikendalikan oleh bank atau pemerintah. Sejak awal kemunculannya hingga saat ini, sistem itu masih benar-benar dianut penuh. Demi menjaga keamanan, validasi transaksi Bitcoin dilakukan melalui perangkat keras komputer canggih yang digunakan miners maupun investor yang tersebar di seluruh dunia.

Berbeda dengan Ripple, perusahaan yang menaunginya masih tetap ambil andil dalam melakukan validasi transaksi XRP. Sistemnya yang terpusat membuat perusahaan memiliki hak tertinggi mengenai dalam mengendalikan dan mengontrol seluruh hal yang terjadi dalam jaringan Ripple maupun mata uangnya, XRP. 

Artinya, ketika memutuskan untuk berinvestasi atau menggunakan XRP, Anda mesti punya kepercayaan penuh pada Ripple Labs yang memiliki hampir 60% dari semua XRP. Bukan cuma itu saja, Anda juga mesti memiliki rasa percaya pada validator yang dipilih dalam segala tindak-tanduknya dalam jaringan. 

Bitcoin vs XRP: Aset Mana yang Lebih Baik?

Baik Bitcoin ataupun XRP, kedua cryptocurrency ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Dari segi kecepatan dan biaya transaksi, Ripple adalah pemenangnya. Namun, dari sisi keamanan, Bitcoin bisa jadi pilihan yang menarik karena sistemnya yang terdesentralisasi. Sehingga Anda tidak perlu mempercayai satu perusahaan atau pihak untuk mengembangkan dan memelihara jaringan dengan benar.

Sementara untuk tujuan penggunaan, kedua mata uang digital di atas memiliki fungsi dan keunggulannya masing-masing. Jika Anda membutuhkan aset kripto yang menunjang transaksi lintas negara, Ripple bisa jadi pilihan. Sedangkan untuk investasi maupun pembayaran barang dan jasa bisa menggunakan Bitcoin. 

Berdasarkan penjelasan diatas, kira-kira aset mana yang lebih cocok untuk Anda? Apakah Bitcoin atau XRP? Jika Anda sudah menentukan kira-kira yang mana yang lebih cocok untuk dijadikan investasi, Anda tidak perlu bingung untuk mencari layanan yang menyediakan transaksi Bitcoin maupun XRP, karena keduanya tersedia di Zipmex!

Zipmex menawarkan harga terbaik dan likuiditas yang tinggi serta biaya trading paling rendah, yaitu hanya 0.2% per transaksi. Anda tidak perlu ragu lagi untuk mendaftarkan diri Anda dan berinvestasi dengan Zipmex. Terlebih Zipmex telah bermitra dengan BitGo untuk menyediakan keamanan dompet digital terbaik dengan polis asuransi sampai dengan 100 juta dollar US. 

Tunggu apa lagi? Segera daftarkan diri Anda sebagai ZipMember dan dapatkan beragam keuntungan dan fasilitas yang disediakan oleh Zipmex!