Bagaimana Bitcoin (dan kripto lainnya) Mendapatkan “Nilai”nya?

December 28, 2020

31_Dec_Bitcoin-Nilai

Bagaimana Bitcoin dan kripto lainnya mendapatkannilai”nya?

Bagaimana Bitcoin (atau) kripto lainnya mendapatkan “nilai”nya? Sebagai penggemar bitcoin, Anda mungkin bertanya-tanya, apa itu bitcoin yang didukung? lalu, Bagaimana Bitcoin mendapatkan “nilai” nya? Bitcoin didukung oleh blockchain ledger publik yang berisi bukti semua transaksi di jaringan. Bitcoin terbatas dalam penyediaannya, membuatnya langka, seperti logam mulia seperti emas.

Bagaimana Bitcoin dan kripto lainnya mendapatkannilai”nya? Sudah menjadi pemikiran umum bahwa Bitcoin tidak memiliki nilai hanya karena tidak didukung oleh apapun secara fisik. Faktanya, Warren Buffett, seorang miliarder taipan, juga mempertanyakan nilai BTC atas dasar yang sama. Tidak seperti mata uang fiat yang didukung oleh aset fisik di brankas rahasia, BTC memiliki blockchain ledger.

Meskipun kami berpendapat bahwa Bitcoin tidak relevan sebagai mata uang, kami tidak dapat mengabaikan bagaimana Bitcoin bertahan pada nilai market lebih dari $ 10.000 USD dan kapitalisasi market lebih dari $200 Miliar. 1 BTC jelas bernilai lebih dari $1 USD atau $1 AUD, tetapi mengapa tidak diterima di seluruh dunia sebagai mata uang yang sah?

Ketika kami mempertanyakan Bitcoin dan pendukungnya, kami juga perlu mempertimbangkan mata uang reguler dan pendukungnya. Kami mengesampingkan Bitcoin sebagai mode pembayaran standar ketika kami tidak tahu apa yang didukung oleh mata uang fiat kami! Tetapi sebelum kita berbicara tentang bitcoin ledger, kita harus membahas permasalahan inti yang terdapat pada bitcoin ledger.

Cara Mata Uang Reguler Didukung

Setiap mata uang reguler memiliki nilai tertentu yang dengannya Anda dapat membeli barang dan jasa. Kita cenderung tidak memikirkannya karena begitulah sistem keuangan yang telah beroperasi selama ratusan tahun. Namun, bagaimana Anda tahu bahwa lima Dolar Australia seharga dengan lima Dolar Australia?

Di masa-masa awal, Anda dapat menukar uang Anda dengan emas dan membawanya pulang. Tetapi kemudian, mata uang fiat diperkenalkan, dan tidak memiliki pendukung fisik. Mata uang biasa beroperasi atas kepercayaan rakyat. Keyakinan ini sangat penting untuk bekerjanya sistem keuangan dan juga dipengaruhi oleh pemerintah, bank, dan orang yang berkuasa. Kami menerima mata uang biasa tanpa yakin tentang nilainya besok.

Kami dapat membayar $5 AUD untuk pinjaman dengan jumlah yang sama, dan pemberi pinjaman mana pun akan menerimanya. Secara keseluruhan, sistem berfungsi, dan orang telah menerimanya. Namun, ‘debt mountains’ sedang meningkat, dan kita mungkin harus menghadapi konsekuensinya suatu hari nanti.

Kami tahu bahwa kami dapat menawarkan uang untuk barang dan jasa, dan orang akan menerimanya. Tidak ada alternatif yang lebih baik untuk mata uang fiat hingga cryptocurrency hadir.

Baca Juga: Bagaimana mengenali aset digital yang unggul

Kejelasan Blockchain Ledger

Bitcoin beroperasi pada jaringan aman yang meningkatkan keamanan setiap saat, berdasarkan matematikanya yang tidak dapat diubah, tidak dapat dipecahkan, dan tidak dapat rusak. Jaringan aman ini dikenal sebagai blockchain ledger. Ini beroperasi secara independen tanpa keterlibatan manusia.

Blockchain ledger sepenuhnya diperiksa sendiri dan tertutup. Itu tidak dikendalikan oleh individu atau pemerintah atau negara mana pun – ia dirancang untuk beroperasi dengan cara ini, dan konsepnya rumit.

Ledger berisi blok matematika dengan informasi terenkripsi dari semua transaksi di jaringan virtual; ini adalah kekuatan dan kelemahan terbesar Bitcoin. Sistem jaminan virtual, meskipun sangat aman, dapat menjadi sangat rumit untuk dipahami dan dibangun oleh orang-orang.

Transaksi Bitcoin Anda didukung oleh sistem data yang kompleks dan tidak dapat diubah dengan keamanan tinggi, mencegah Bitcoin untuk diretas dan akan melakukannya di masa mendatang.

Tentang Fiat

Mata uang fiat adalah mata uang yang dikeluarkan oleh pemerintah dan tidak didukung dengan sarana fisik apa pun. Keyakinan orang-orang terutama mendukungnya. Semua mata uang kertas modern kita adalah mata uang fiat, misalnya Dolar Australia.

Mata uang fiat mendapatkan popularitas di abad ke-20 karena pengaruh pemerintah dan bank sentral. Nilai mata uang fiat dipertahankan oleh pemerintah dan pihak-pihak yang terlibat dalam transaksi. Dengan kurangnya dukungan pendukung, mata uang fiat dapat kehilangan nilainya karena inflasi. Jika market runtuh, mata uang fiat mungkin tidak bernilai seperti sekarang.

Yuk simak: Sembilan petunjuk untuk menemukan penipuan kripto

Bitcoin vs Fiat?

Bitcoin adalah cryptocurrency sumber terbuka dan non-kepemilikan, artinya siapa pun dapat membaca, menyelidiki, dan mempelajarinya lebih lanjut. Penambang menambang bitcoin baru dan memverifikasi transaksi. Sebaliknya, mata uang fiat dicetak dan diatur oleh pemerintah dan bank sentral.

Mata uang fiat lebih stabil dan diatur daripada Bitcoin. Namun, dibandingkan dengan mata uang fiat yang dicetak dan beroperasi atas kepercayaan masyarakat, Bitcoin didukung oleh objek yang sah.

Bitcoin secara teori bebas dari elemen nyata seperti pemerintah, pasar saham, dan lainnya. Sedangkan nilai mata uang fiat bergantung pada elemen-elemen ini. Krisis keuangan tahun 2008 adalah salah satu ancaman terbesar terhadap mata uang fiat, dan Anda tidak pernah tahu kapan situasi seperti itu dapat terulang kembali.

Terdapat persediaan Bitcoin yang terbatas, sedangkan pemerintah dapat mencetak uang fiat dalam jumlah yang tidak terbatas. Karena pasokan terbatas, Bitcoin lebih berharga daripada fiat, mirip dengan logam mulia seperti emas dan perak.

Bitcoin masih jauh dari menjadi mata uang utama. Tingkat kepercayaan orang terhadap mata uang fiat belum terlihat untuk mata uang kripto. Meskipun Bitcoin telah hadir selama lebih dari satu dekade, kami belum melihat adanya adopsi massal.

Simak lebih lanjut: Xbullion – Investasi Ideal disaat Pandemi Global

Berinvestasi dalam Bitcoin

Bitcoin adalah langkah selanjutnya menuju evolusi keuangan dan memiliki blockchain ledger yang dapat diandalkan sebagai pendukungnya. Saat ini, ini dipandang sebagai proyek khusus yang menangani sistem keuangan global. Saat kepercayaan pada bitcoin meningkat, begitu juga nilainya.

Kepercayaan terhadap mata uang fiat tetap tinggi meskipun objek fisik tidak mendukungnya. Pada saat yang sama, orang-orang menolak untuk percaya diri dengan Bitcoin karena tidak ada aset fisik yang mendukungnya. Mata uang fiat akan terus menjadi mata uang utama di masa mendatang; namun, kepercayaan yang sama dapat mendorong Bitcoin. Dunia kripto berkembang, dan dengan itu, Bitcoin juga akan berkembang. Seiring dengan meningkatnya permintaan Bitcoin, nilai pasarnya juga akan meningkat.

Jika Anda ingin mulai berinvestasi dalam Bitcoin, Anda dapat mengunjungi exchange kami. Anda juga dapat mengambil bagian dalam crypto trading atau menjual BTC Anda yang ada untuk mendapatkan keuntungan.

Yuk baca tentang Bagaimana Bitcoin (dan kripto lainnya) mendapatkan “nilai” nya selengkapnya! #BitcoinValue #ZipmexLearn #ZipmexArticle #Zipmex #ZipmexIndonesia

Follow our social medias down below!

Facebook Twitter Tiktok Youtube Instagram