Arnhem, Kota Paling Ramah Bitcoin di Dunia

Posted on February 08, 2021 in Articles, Berita Kripto, Kriptopedia
View all Articles

Kalau Silicon Valley di San Francisco, Amerika Serikat terkenal sebagai surganya para perusahaan teknologi di dunia. Maka di Belanda terdapat sebuah kota kecil bernama Arnhem yang menjadi surganya pegiat Bitcoin. 

Arnhem? Mungkin nama kota yang satu ini masih terasa sangat asing bagi Anda. Namun, bagi orang-orang yang menyenangi Bitcoin, Arnhem tentu menjadi salah satu destinasi menarik yang pantas untuk disambangi. 

Pasalnya, kota kecil bersejarah yang dilintasi Sungai Rhein itu digadang-gadang sebagai kawasan paling ramah Bitcoin di dunia. Apa alasannya?

Simak ulasannya berikut ini untuk mengetahui alasannya. 

Sejarah Arnhem 


Pixabay

Arnhem adalah ibu kota dari Provinsi Gelderland yang berlokasi di timur negara Belanda. Kota Arnhem memiliki luas wilayah sebesar 101 km persegi dan populasi sekitar 150 ribu orang.

Kota Arnhem dikenal sebagai salah satu kota bersejarah di Belanda. Pada periode Perang Dunia II, kota ini memiliki peran yang cukup penting bagi tentara Sekutu. Kota Arnhem menjadi saksi ketika Sekutu yang terdiri dari pasukan tentara Amerika Serikat dan Inggris berhasil memukul mundur tentara Jerman dari Belanda. 

Beragam peristiwa sejarah di Arnhem lantas diabadikan di beberapa bangunan penting. Salah satunya adalah Museum Airborne dan Jembatan John Frost yang melewati aliran Sungai Rhein. Nama John Frost yang disematkan dalam jembatan sendiri diambil dari nama salah satu jenderal yang sukses memukul mundur tentara Jerman dari Belanda

Mengapa Arnhem disebut sebagai kota ramah Bitcoin?


Pixabay

Arnhem dijuluki sebagai kota paling ramah Bitcoin karena hampir seluruh toko hingga hotel di kotanya menerima pembayaran dengan menggunakan Bitcoin. Kendati harga jual dan tarif yang dikenakan menggunakan satuan euro, namun pembayarannya bisa menggunakan Bitcoin. Sehingga, naik turun nilai Bitcoin amat sangat berpengaruh terhadap besaran harga yang Anda bayar. 

Pembayaran dengan Bitcoin bisa dilakukan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari penjual makanan, toko kelontong, spare parts otomotif hingga tempat pengisian bahan bakar kendaraan bermotor. Bahkan menariknya lagi, Anda bisa membeli tiket pesawat dengan kripto melalui merchant travel setempat.

Ada lebih dari 100 venue yang menerima pembayaran dengan Bitcoin di Arnhem. Jarak antara satu venue dengan lainnya juga sangat dekat. Hanya berkisar dua sampai tiga kilometer saja. 

Dilansir Bitcoin Magazine, seorang traveler bernama Collin Harper mengatakan bahwa bertransaksi menggunakan Bitcoin di Kota Arnhem sangat mudah. Ia bahkan membeli sepeda bekas dari seorang penjual dan menggunakan Bitcoin sebagai pengganti mata uang fiat. 

Hampir di segala sudut kota, semua pedagang menjual barang dagangannya dengan mendukung fitur pembayaran Bitcoin. Bahkan termasuk pasar loak dan restoran. 

Melihat situasi seperti itu, tidak heran kalau kota kecil yang jarak tempuhnya 1 jam saja dari Kota Amsterdam jika ditempuh dengan kereta ini jadi idaman para pegiat Bitcoin. Kekurangan Kota Arnhem adalah belum adanya layanan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bitcoin untuk pengambilan dana.

Mengenal Pencetus Transaksi Bitcoin di Arnhem

Arnhem
Sumber: Arnhem Bitcoinstad

Kemudahan transaksi Bitcoin di Kota Arnhem tentu bukan terjadi secara tiba-tiba. Ada orang-orang spesial yang berperan di dalamnya. Patrick van der Meijde namanya.

Patrick van der Meijde adalah seorang Bitcoin enthusiast yang berasal dari Arnhem. Beberapa tahun lalu, ia merasa tertarik ketika mendengar konsep Bitcoin. Van der Meijde merasa bahwa kelak sistem perbankan tradisional akan bersaing dengan Bitcoin dan aset kripto lainnya. 

Oleh karena itu, ia membeli beberapa Bitcoin untuk coba-coba. Tetapi, sayangnya, di masa itu, Bitcoin belum benar-benar dapat digunakan untuk bertransaksi. Sehingga ia memutuskan untuk menyimpannya saja. 

Seiring waktu, ia menyadari bahwa Bitcoin tidak akan ada gunanya jika tidak ada merchant yang menerima pembayaran dengan aset kripto itu. Bersama dengan tiga orang teman, Annet de Boer, Rogier Eijekelhof, dan Otto de Voogd, ia mulai menyiapkan sistem pembayaran yang dapat dijalankan vendor lokal. 

Van der Meijde menyiapkan sistem khusus di ponsel mereka atau perangkat lain yang terhubung, seperti laptop atau tablet. Melalui perangkat tersebut, pemilik toko bisa menerima Bitcoin dengan satuan euro. 

Van der Meijde bersama koleganya berhasil meyakinkan 15 toko untuk menggunakan Bitcoin sebagai alat pembayaran pada 2014. Seiring popularitas Bitcoin yang semakin melejit, makin banyak toko yang menyediakan fitur transaksi Bitcoin di Arnhem. Dalam sebulan, tercatat transaksi per bulan yang masyarakat gunakan untuk membeli barang atau jasa dengan Bitcoin berkisar 9.471 euro 

“Masyarakat akan semakin terbuka dengan alternatif pembayaran dengan Bitcoin. Khususnya bagi pegiat Bitcoin,” terang Patrick van der Meijde dalam sebuah wawancara.

Perkenalkan Bitcoin pada generasi muda ke Perguruan Tinggi

Bersama dengan koleganya, Patrick van der Meijde rajin mendatangi kampus-kampus di Arnhem untuk memperkenalkan Bitcoin kepada anak muda. Van der Meijde mengajar ke perguruan-perguruan tinggi di Arnhem dengan tujuan membuat Bitcoin lebih familiar bagi masyarakat. Bukan hanya dari segi sistem keuangannya saja, tetapi juga kegunaan dan manfaatnya. 

Selain Perguruan Tinggi, perusahaan-perusahaan setempat juga kerap mengundang mereka untuk menjadi bintang tamu dalam seminar aset kripto. Menariknya, upaya itu juga tentunya mendapat perhatian dan didukung oleh pemerintah setempat.

Menarik sekali, ya. 

Satu-satunya cara agar Anda bisa melakukan transaksi dengan Bitcoin adalah memiliki aset tersebut di wallet Anda. Nah, untuk bisa memilikinya, Anda bisa melakukan pembelian atau trading di platform exchange terpercaya. Salah satunya adalah Zipmex. 

Zipmex merupakan platform perdagangan aset kripto yang menawarkan harga terbaik dan keamanan dompet tingkat tinggi. Zipmex juga bekerja sama dengan BitGo untuk menyediakan dompet digital dengan tingkat keamanan terbaik. Polis asuransinya pun mencapai 100 juta dolar Amerika. Mudah, kan? 

Kalau begitu, tunggu apalagi. Yuk, daftar sekarang!

———————————————

Cryptocurrency legal di Indonesia berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Bursa (Bappebti) pada Februari 2019.

Yuk, ikuti perkembangan dunia cryptocurrency dan trading aset digital hanya di akun media sosial Zipmex:zipmex.co.id