Alat-alat untuk Menambang Bitcoin

December 30, 2020

Menambang adalah sebuah proses kompleks yang melibatkan teka-teki matematika untuk validasi transaksi atau menambang blok baru pada currency. Bitcoin adalah salah satu dari banyaknya cryptocurrencies paling populer di pasar yang dapat ditambang dan disimpan secara aman pada Bitcoin wallet. Maka dari itu, kita membutuhkan Alat Untuk Menambang Bitcoin.

Komponen utama dari alat untuk menambang Bitcoin termasuk Application Specific Integrated Circuits (ASICs) atau Graphics Processing Units (GPUs/Graphic Card). Jika Anda ingin membangun sebuah rig pertambangan, biaya alat penambangan dapat menjadi sangat menakutkan. Terdapat pula biaya tambahan atas konsumsi energi yang bertambah. 

Juga tidak lupa resiko cryptocurrency kehilangan nilainya karena cukup fluktuatif. Tidak ada jaminan bahwa Anda akan menghasilkan uang untuk mengimbangi alat. 

Kecuali untuk GPU, bagian lain dari sistem menambang yang tidak perlu menjadi terbaik. Ini dapat berisi CPU biasa, motherboard reguler, dan DRAM (Dynamic random-access memory). Anda mungkin dapat menemukan komponen ini pada PC gaming lama Anda. 

Baca Juga: Cara Legal Mendapatkan Uang dengan Bitcoin

Persyaratan Sistem Minimum untuk Penambangan Bitcoin

Mari kita lihat pada persyaratan sistem minimum untuk menambang Bitcoin di bawah ini. 

HardwareModel 
MotherboardASUS B250 Mining Expert 
CPUIntel Celeron/Pentium/Ivy Bridge 
Graphics CardNvidia GTX 1070/ AMD Vega 56
Penyedia DayaCorsair HX1200i / EVGA SuperNOVA 1600
RAM dan PenyimpananNewegg Patriot Memory 4GB DDR 

Apa itu Menambang Bitcoin?

Mata uang Fiat dicetak oleh pemerintah, sedangkan Bitcoin memungkinkan pengguna untuk menambang koin baru dan mendapatkan hadiah.

Semua dapat menambang Bitcoin dengan menggunakan alat yang spesifik dan mereka akan mendapatkan hadiah tetap (6.25 BTC saat ini) untuk setiap blok yang ditambang. Namun, hadiah akan terbagi dua kira-kira setiap empat tahun atau setelah 210.000 blok ditambang. 

Menambang tidak hanya membentuk blok baru Bitcoin, tetapi juga membantu untuk verifikasi transaksi pada jaringan. Setiap blok transaksi 1MB yang diverifikasi akan memberikan hadiah kepada para penambang. 

Satu blok Bitcoin berisi hash yang menyimpan hash dari blok sebelumnya dan detail transaksinya. Hash adalah angka acak yang berisi angka dan huruf yang memiliki panjang yang tetap. Setiap hash unik, dan tidak ada yang dapat memprediksi data yang dimuat hanya dengan melihatnya. 

Pada beberapa kasus, walaupun penambang memverifikasi sebuah blok transaksi, mereka mungkin tidak menerima hadiah apapun untuk itu. Begitulah cara penambangan bekerja, jika Anda memverifikasi sebuah blok transaksi, Anda perlu menjadi penambang pertama yang melakukan untuk mendapatkan hadiah apapun untuk itu. Ini adalah implementasi dari proof-of-work

Penambangan Bitcoin telah menjadi sangat sulit dan kompleks selama bertahun-tahun. Ini dimulai dengan kesulitan nomor 1 dan sekarang tingkat kesulitannya mencapai triliunan. 

Penambangan Bitcoin telah membuat jaringan bitcoin tetap aktif dan berjalan selama bertahun-tahun. Dengan hadiah yang terbagi dua dan tingkat kesulitan yang meningkat, tidak banyak penambang individu seperti sebelumnya. 

Lihat pembahasan di bawah ini untuk mengetahui lebih jauh tentang penambangan Bitcoin dan penambangan CPU. 

Yang Dibutuhkan untuk Menjadi Penambang Bitcoin 

Untuk menjadi penambang Bitcoin, Anda memerlukan sistem penambangan. Anda dapat membeli rig yang sudah dibuat sebelumnya. Namun, harganya mungkin lebih mahal daripada rig penambangan dengan rakitan khusus. 

Seluruh sistem penambangan dapat menjadi sangat bising, menimbulkan panas yang berlebih, dan perlu beroperasi selama 24 jam dalam seminggu. Operasi penambangan Bitcoin adalah lingkungan yang cukup ekstrim untuk dikerjakan. 

Frame dengan udara terbuka sangat diperlukan untuk ventilasi GPU. Anda perlu memastikan bawah GPU Anda dapat bernafas. Anda harus mengganti kartu yang terbakar, membersihkan debu dan melakukan berbagai perawatan lainnya agar komponen Anda tetap dalam kondisi bekerja. 

Membangun rig penambangan Anda tidak ada bedanya dengan merakit PC gaming. Jika Anda membuatnya sendiri, Anda mungkin mengerti cara merawat dan menyervis alat jika terdapat kesalahan. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membuatnya, Anda akan selalu bisa untuk mendapatkan rig yang telah dibuat sebelumnya. 

Yuk Baca: Cara  Melakukan Withdraw Bitcoin

Tentang Rig Penambangan

Rig penambangan yang dibuat sebelumnya mungkin memiliki maksimal 2 GPU, sedangkan rig yang dibuat secara khusus dapat berisi lebih banyak GPU daripada itu. Rig penambangan baru atau bekas berharga beberapa ribu dollar. Membeli rig penambangan bekas akan memberi Anda GPU yang sudah kuno dan memiliki masa pakai minimal. 

Rig hanya memerlukan OS Windows dasar dan beberapa perangkat lunak penambangan, untuk memulai. Setelah Anda memilih casing untuk penambangan Anda, Anda dapat mulai untuk mencari motherboard. Anda tidak memerlukan motherboard terbaik untuk rig penambangan Anda. Tujuan utamanya adalah harus dapat menampung jumlah GPU yang maksimal. 

Motherboard ini juga dapat disesuaikan. Anda bisa memeriksa motherboard yang dikeluarkan oleh Asus MSI atau Gigabyte. 

CPU dan Penyimpanan

Setelah Anda menemukan komponen ini saatnya Anda untuk memilih CPU. Anda membutuhkan CPU multi-core modern dengan RAM 4-8 GB. Anda tidak perlu melakukan overclock CPU hanya untuk menghasilkan kinerja dengan mengorbankan stabilitas. CPU Intel dasar seperti Celeron atau Pentium sudah cukup. 

Tonton juga: Tutorial Menggunakan Zipmex 

Orang-orang sering membeli GPU AMD atau Nvidia untuk menambang secara individu atau berpartisipasi dalam pool penambangan. Anda juga dapat menemukan penawaran bagus untuk six-packs  atau bahkan model yang lebih lama, yang masih dapat menyelesaikan pekerjaan, bahkan ketika berkontribusi pada pool penambangan. 

Untuk rig penambangan, Anda membutuhkan setidaknya 1000W dan koneksi internet yang kuat. Anda memerlukan penyedia daya dengan kualitas tinggi karena sistem penambangan ini berjalan dengan beban yang tinggi selama 24 jam dalam seminggu. Hal ini dapat meningkatkan tagihan listrik! Untuk sistem penambangan yang lebih besar, Anda dapat memasangkan dua penyedia daya. 

Setelah semua GPU mahal dan penyedia daya dengan berwatt tinggi, Anda dapat menghemat beberapa dollar untuk penyimpanan dan RAM. RAM 8GB direkomendasikan untuk PC yang menjalankan sistem operasi Windows; namun Anda juga dapat melakukannya dengan RAM 4 GB. Ingatlah jika Anda memiliki tingkat daya yang rendah, atau dengan spare parts yang ada di sekitar Anda, Anda dapat dengan mudah mengatur sistem penambangan dengan sedikit atau tanpa adanya biaya tambahan yang dapat merugikan rekening bank Anda.

Baca lebih lanjut: Apakah Bitcoin bisa di Hack?

Titik Impas Penambangan

Ada mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai titik impas pada pengaturan penambangan, berkat volatilitas pasar Bitcoin. Jika Anda ingin memulai untuk menambang, saran kami adalah jangan berinvestasi lebih dari yang Anda mampu untuk kehilangan. Juga, jangan berpikir untuk mencapai titik impas hanya dalam beberapa bulan. 

Anda juga perlu mengingat kesulitan menambang satu blok Bitcoin di dunia pada saat ini. Jika tidak terdapat kesalahan, Anda mungkin mulai mendapat keuntungan setelah 7-8 bulan. Jika Anda memiliki beberapa alat di sekitar Anda, Anda dapat mencobanya! 

Yuk Baca tentang Alat untuk Menambang Bitcoin selengkapnya! #BitcoinMining #ZipmexLearn #ZipmexArticle #Zipmex #ZipmexIndonesia

Ikuti perkembangan dunia cryptocurrency dan trading asset digital hanya di social media kami!

Facebook Twitter TikTok Youtube Instagram