7 Tips Meningkatkan Keamanan Aset Kripto

Posted on February 07, 2021 in Articles, Investasi, Kriptopedia
View all Articles

Trading aset kripto belakangan ini menjadi salah satu pilihan aktivitas menarik yang banyak diincar oleh pemburu cuan. Kemudahan akses dan sifat yang terdesentralisasi menjadi alasan aset kripto digemari. 

Sayangnya, aset kripto hanya bisa diakses dengan menggunakan jaringan internet. Di internet, ada banyak celah bagi scammers untuk mencari korban. Terutama di tengah harga aset kripto kian melonjak. 

Modusnya dan tujuannya beragam, mulai dari pencurian data pribadi hingga aset. Untuk mencegah hal seperti itu terjadi, berikut Zipmex telah merangkum tujuh cara meningkatkan keamanan aset kripto. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

1. Jangan simpan aset kripto di satu dompet digital

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membagi seluruh aset ke lebih dari satu dompet digital. Ini bertujuan jika sewaktu-waktu salah satu dompet digital Anda mengalami permasalahan teknis maupun non-teknis.

Selain itu, cara ini juga bisa mencegah terjadinya pencurian aset dalam jumlah yang banyak oleh pihak tidak bertanggung jawab. Jadi sebaiknya gunakan dua atau lebih dompet digital untuk meminimalisir risiko keamanan.

2. Gunakan cold wallet

Apabila Anda memiliki aset kripto dalam jumlah yang besar, Anda disarankan untuk menggunakan cold wallet. Cold wallet merupakan dompet aset digital yang tidak memerlukan akses internet dalam menjalankan aktivitasnya. Dengan begitu, Anda bisa meminimalisir risiko dari berbagai pencurian data maupun aset digital kripto.

Anda bisa membagi dua aset Anda dan menyimpannya dalam hot wallet dan cold wallet. Langkah itu akan meminimalisir risiko serangan siber ataupun pencurian data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Sementara dana yang disimpan di hot wallet bisa tetap Anda gunakan untuk melakukan trading di bursa kripto. 

3. Konsultasikan kepada ahlinya

Belajarlah dari trader lainnya yang lebih berpengalaman. Anda bisa bergabung dengan komunitas khusus untuk aset kripto atau trading. Salah satu di antaranya adalah VIP Trading Group Zipmex. VIP Trading Group adalah benefit yang ditawarkan Zipmex bagi ZipMember dan ZipCrew. 

Di dalamnya, Anda akan mendapatkan beragam informasi terkini dan ter-update mengenai aset kripto dan trading. Selain itu, Anda akan mendapatkan informasi sinyal trading, lucky draw setiap bulannya, dan fasilitas Zipmex Market Call yang berisi info seputar technical analysis pasar aset kripto. 

Pexels/Karolina Grabowska

Pixabay

4. Pastikan jaringan yang digunakan aman

Jaringan internet memiliki banyak celah yang bisa dimanfaatkan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab untuk menyusup ke device Anda. Terutama ketika Anda memanfaatkan fasilitas WiFi di ruang publik yang keamanannya tidak terjamin. 

Oleh karena itu, sebisa mungkin jangan menggunakan jaringan pada fasilitas umum ketika melakukan transaksi aset kripto. Lebih baik Anda memanfaatkan jaringan seluler atau WiFi pribadi ketika berinvestasi atau melakukan transaksi. 

5. Tingkatkan keamanan pada device

Selain dari sisi jaringan, penting juga mengamankan device dari sisi piranti lunaknya. Mau itu laptop atau telepon seluler, Anda wajib memiliki antivirus yang mampu menangkal serangan malware, spyware maupun hacker berbahaya.

Ada banyak pilihan yang bisa Anda temukan di pasar. Pilihlah yang memiliki keunggulan terbaik, aman, dan tentu reputasi yang terpercaya. Jangan lupa untuk mengaktifkan Two Factor Authentication (2FA).

Fitur tersebut akan membantu Anda mengawasi perangkat digital asing yang berusaha masuk ke dalam akun Anda. Biasakan juga untuk mengganti kata sandi secara rutin dan merahasiakan akun Anda dari orang lain, tanpa terkecuali. 

6. Mengetahui regulasi tentang aset kripto

Berinvestasi atau melakukan trading aset kripto tidak hanya soal melakukan jual beli dan penyimpanan saja. Anda juga harus mengetahui regulasi dan peraturan yang berlaku di tempat Anda. 

Hal ini dibutuhkan untuk mengantisipasi apabila aset kripto Anda tiba-tiba lenyap karena pihak tak bertanggung jawab. Tanpa regulasi yang jelas dan terjamin dari Pemerintah setempat, Anda akan kesulitan mencari bantuan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

7. Pilih platform exchange yang sudah teregulasi

Terakhir sekaligus yang tak kalah penting adalah memilih platform exchange yang teregulasi. Platform yang telah teregulasi akan beroperasi sesuai dengan ketentuan Pemerintah. Biasanya, platform-platform itu dikenal memiliki kredibilitas yang baik. 

Bukan cuma itu saja, platform exchange jenis ini juga biasanya akan menawarkan beragam layanan dan fitur menarik bagi pengguna. Mulai dari seminar, edukasi webinar sampai hadiah berupa aset kripto yang sangat menarik.

Salah satu platform exchange yang bisa Anda gunakan adalah Zipmex. Zipmex merupakan platform perdagangan aset digital yang legal dan aman. Zipmex sudah teregulasi oleh BAPPEBTI dan juga Kemkominfo.

Selain itu, dari segi keamanan, Zipmex juga telah bermitra dengan BitGo. Zipmex menyediakan keamanan dompet digital terbaik dengan polis asuransi sampai dengan 100 juta dolar AS. Oleh karena itu, Anda tidak perlu ragu lagi untuk berinvestasi pada Zipmex.

Yuk, daftar sekarang!

———————————————

Cryptocurrency legal di Indonesia berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Bursa (Bappebti) pada Februari 2019.

Yuk, ikuti perkembangan dunia cryptocurrency dan trading aset digital hanya di akun media sosial Zipmex:

zipmex.co.id

Instagram Facebook Twitter