7 Cara Agar Tetap Waras Saat Trading

Posted on February 01, 2021 in Articles, Berita Kripto
View all Articles

Pergerakan perdagangan aset kripto yang cepat berubah dan sukar diprediksi sering kali membuat Anda kesulitan dalam mengambil keputusan. Tidak sedikit keputusan yang diambil dengan mengandalkan emosi sesaat. 

Sayangnya, kesalahan sedikit saja dalam pengambilan keputusan bisa berdampak fatal. Kurang cermat sedikit saja saat memantau kondisi pasar, bisa membuat Anda rugi besar. Tak bisa dipungkiri, hal ini bisa membuat Anda stres. 

Terlebih jika Anda adalah tipe trader yang terus memperhatikan pasar tanpa memiliki strategi yang matang. Perubahan sedikit pada tiap aset dapat menjadi ancaman bagi Anda. Tentu saja hal ini tidak sehat untuk kondisi mental Anda.

Aktivitas trading dan investasi aset kripto sebenarnya menyenangkan. Hanya saja memang dalam melakukannya dibutuhkan kemampuan mental yang kuat. Berikut tujuh tips yang bisa Anda terapkan saat berinvestasi dan trading aset kripto.

Susun Strategi yang Matang

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum mulai terjun ke dalam perdagangan aset kripto adalah alasan Anda berinvestasi atau membeli aset kripto. Jika Anda hanya ingin mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat, Anda bisa saja terburu-buru mengambil keputusan dan menyesal di kemudian hari.

Oleh karena itu, sebelum mengambil keputusan, pertimbangkan pertanyaan di bawah ini:

  • Apakah investasi kripto sesuai dengan keuangan pribadi Anda dan portofolio investasi Anda saat ini?
  • Dapatkah Anda sanggup menghadapi kerugian?
  • Apakah Anda mengetahui risiko dan volatilitas pasar aset kripto?
  • Bagaimana Anda akan menggunakan aset kripto Anda: beli dan simpan, atau trading?

Siapkan Modal Sesuai Kemampuan

Sebelum berinvestasi, tentukan besar modal yang sanggup Anda keluarkan untuk membeli aset kripto. Anda dapat mempertimbangkannya berdasarkan ukuran portofolio dan tujuan utama Anda dalam melakukan investasi mata uang digital. Dengan Anda membuat limit atas pengeluaran untuk investasi aset kripto, Anda dapat terhindar dari kerugian jika terjadi crypto crash

Siapkan dirimu dengan matang. Mulailah investasi dengan keinginan untuk bersenang-senang atau memulai hobi baru, bukan sebagai cara untuk ‘cepat kaya dalam waktu singkat’. Pemahaman tersebut akan membuat kamu terhindar dari rasa kecewa akibat ekspektasi yang terlalu besar. 

Terakhir yang juga tak kalah penting adalah siapkan modal tanpa menggunakan leverage. Siapkan dana khusus dari anggaran pribadi Anda. Sehingga apabila terjadi loss, Anda tidak perlu khawatir akan kurangnya biaya hidup. Usahakan tidak menggunakan modal yang berasal dari pinjaman atau utang, supaya bebanmu tak terlalu besar.   

Belajar dari Kerugian

Setiap kerugian pastinya memberikan pelajaran baru. Jangan biarkan kerugian menjadi pemicu kemarahan, keputusasaan, atau penyesalan. Cara agar tetap waras saat trading adalah memanfaatkan kerugian sebagai motivasi bagi Anda untuk mempelajari perdagangan aset kripto lebih dalam.

Dalam kondisi tertentu, Anda bisa saja mendapat keuntungan lebih dari 50 persen lalu menemukan bahwa harga aset menurun. Tak perlu khawatir. Kondisi macam ini sering terjadi. Anda cukup melanjutkan langkah dan fokus pada perencanaan jangka panjang.

Namun, jika kerugian itu terjadi karena keputusan yang salah, Anda bisa mengambil waktu untuk meninjau strategi yang digunakan sebelumnya. Adakah keputusan yang salah? Apakah strategi tersebut disusun dengan tergesa-gesa? 

Gunakan pertanyaan di atas untuk menganalisis kondisi yang ada. Kelak, analisis tersebut akan  membantu Anda dalam mengambil keputusan yang lebih matang.

cara agar tetap waras saat trading
Pexels.com/Andrea Piacquadio

Jaga Emosi

Salah satu masalah terbesar saat melakukan trading adalah kondisi mental dan emosi yang tengah berlangsung. Misalnya seperti rasa takut dan keinginan yang terlalu besar hingga condong menjadi serakah. Emosi-emosi yang ada dapat mempengaruhi cara Anda dalam mengambil keputusan. 

Agar keputusan yang diambil tetap sesuai dengan rencana dan realita yang ada, Anda mesti kelola emosi Anda. Cara agar tetap waras adalah dengan fokus pada metode yang sudah dipelajari, kerangka perdagangan, dan strategi yang sudah disusun secara matang. Keputusan yang diambil dengan mengandalkan emosi bisa saja membawa Anda ke dalam kerugian. 

Pisahkan Trading dengan Kehidupan Personal Anda

Setelah menyelam langsung ke bursa kripto dan menikmati keseruannya, Anda bisa saja terobsesi dengan harga, posisi, dan kemungkinan pergerakan cryptocurrency. Anda akan selalu memikirkan peluang, jumlah aset, dan besar keuntungan yang bisa didapatkan saat trading. Namun, kondisi itu tidak sehat dan bisa saja mengganggu aktivitas Anda. 

Oleh karena itu, salah satu cara agar tetap waras adalah dengan memberikan ‘ruang khusus’ bagi aktivitas trading. Tetap jadikan kehidupan personal sebagai prioritas. Fokuslah pada aktivitas yang biasa Anda lakukan dan arahkan perhatian penuh pada kehidupan Anda. Siapkan waktu luang atau jadwal spesial untuk mengecek pergerakan dan kondisi pasar. Supaya segala sesuatunya jadi lebih terfokus. 

Jangan Terobsesi dengan Market Chart

Ini adalah sifat yang seringkali dimiliki oleh para pelaku perdagangan aset kripto. Aset kripto memiliki volatilitas yang tinggi. Nilainya bisa saja berubah secara signifikan dalam kurun waktu detik dan menit. Tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk mencegah hal itu, termasuk dengan terus menerus melihat grafik pasar (market chart). 

Anggaplah grafik pasar sebagai bentuk informasi untuk analisis dan pergerakan pasar. Memperhatikan market chart hari demi hari hanya akan mengganggu ketenangan jiwa Anda. 

Buat Jadwal Trading

Bagi banyak orang, perdagangan dan investasi aset kripto lebih dari sekadar perubahan harga. Investasi aset kripto juga tentang memahami teknologi, filosofi, dan perubahan yang terjadi. Jangan biarkan peluang dan risiko yang ada akibat isu atau cuitan random yang terjadi di media sosial mengganggu strategimu. 

Siapkan waktu tertentu untuk trading. Anda bisa membuat jadwal satu atau dua kali dalam seminggu, sesuai dengan kebutuhan. Trading yang terjadwal akan membuat Anda memiliki waktu khusus untuk mempersiapkan diri dan menganalisis pasar. Sehingga hasilnya jadi lebih matang. 

Terakhir dan tidak kalah penting adalah memilih platform exchange yang tepat seperti Zipmex. Zipmex bukan hanya menawrkan harga terbaik, tetapi juga tingkat keamanan yang tinggi. Zipmex bekerja sama dengan BitGo untuk menyediakan dompet digital dengan tingkat keamanan terbaik. Polis asuransinya pun mencapai 100 juta dolar Amerika. Menarik sekali, kan?

Kalau begitu, tunggu apalagi. Yuk, daftar sekarang!