5 Token DeFi Paling Populer untuk Alternatif Investasi

Posted on February 10, 2021 in Articles, Investasi, Kriptopedia
View all Articles

Melejitnya harga Bitcoin (BTC) rupanya bukan hanya berimbas pada popularitas aset kripto saja. Kedua aset digital ini berhasil mengerek perhatian pemerhati cryptocurrency pada token dan koin alternatif atau yang biasa dikenal sebagai altcoin. Terutama aset-aset yang berasal dari sub sektor decentralized finance (DeFi).

DeFi merupakan layanan keuangan terdesentralisasi berbasiskan teknologi blockchain, layaknya Bitcoin. Sifatnya pun hampir sama yaitu merupakan sebuah layanan yang terbuka bisa diakses siapa saja, transparan, dan tidak adanya otoritas terpusat seperti perbankan dan keuangan tradisional. 

Token DeFi biasanya diciptakan dalam blockchain Ethereum. Namun, kini mulai bermunculan juga token DeFi berbasiskan jaringan blockchain Tron. Menariknya, token DeFi menyediakan layanan lending, staking, dan yield farming. Keunggulan inilah yang membuat token DeFi naik daun dan menarik perhatian berbagai investor.

Namun, penting untuk diingat bahwa token DeFi dianggap sebagai investasi berisiko tinggi karena volatilitasnya. Kendati begitu, tidak ada salahnya untuk memiliki aset token DeFi untuk meningkatkan diversifikasi aset pada portofolio investasi Anda. 

Berikut ini merupakan jenis-jenis token DeFi terpopuler yang dapat Anda pertimbangkan dalam berinvestasi aset kripto.

OMG Network (OMG)

OMG Network (OMG) adalah token DeFi yang diluncurkan oleh perusahaan asal Thailand bernama Omise Go Pte Ltd. Token DeFi yang sebelumnya dikenal dengan nama OmiseGo ini menyediakan layanan investasi fiat pada aset kripto maupun crypto-to-crypto

OMG hadir untuk menjadi solusi dalam mempermudah transfer nilai antara lembaga yang melakukan proses pembayaran, lembaga keuangan, dan individu. Sehingga sangat ideal bagi orang-orang yang tidak memiliki akses ke layanan keuangan, likuiditas pasar, keamanan jaringan, atau mengalami masalah dengan skalabilitas. 

Keunikan OMG

OMG Network meyakini bahwa kecepatan dan biaya yang signifikan yang dimiliki oleh Ethereum dapat menjadi penghambat transaksi. Untuk itu, kekurangan tersebut perlu diatasi. 

Jaringan OMG didesain untuk membuat transfer ETH dan token-token ERC20 menjadi lebih cepat dan murah ketimbang transaksi di jaringan Ethereum. Token ini diciptakan untuk membantu Ethereum tampak lebih menarik bagi bisnis dan proyek yang ingin ditingkatkan skalanya. Selain itu juga sekaligus sebagai upaya mengurangi jejak karbon mereka. 

Sebagai upaya mereka untuk menjadi token yang ramah lingkungan, OMG hadir dengan solusi sidechain berbasis plasma. Solusi ini diklaim dapat membantu mengurangi penggunaan listrik hingga 99 persen dibandingkan dengan Ethereum. 

Bukan cuma itu saja, cara tersebut dianggap mampu memotong biaya sekitar dua pertiga dari biaya Ethereum. OMG memastikan aset tetap aman karena berada di jaringan Ethereum yang menjadi induk dari token tersebut.

Token DeFi Swipe (SXP)

Swipe (SXP)

Tidak seperti aset kripto lainnya, Swipe bukan sekadar protokol yang didukung oleh jaringan yang terdistribusi. Sebaliknya, SXP adalah software sekaligus penyedia digital wallet yang mampu menjembatani dunia fiat dan aset kripto. 

Ada tiga produk utamanya SXP, yaitu: multi-asset mobile wallet, kartu debit yang dapat didanai aset kripto, dan Swipe Token (SXP). Swipe tidak mengenakan biaya pada kartu debitnya. 

Sebagai gantinya, pengguna membayar menggunakan token SXP yang mereka miliki untuk mengakses kartu debit dengan berbagai fasilitas tambahan. Semakin banyak token SXP yang dikunci oleh pengguna dalam kontrak khusus di jaringan Swipe, semakin banyak keuntungan yang mereka terima.

Keunggulan SXP

SXP merupakan inti dari ekosistem Swipe. Pengguna harus memiliki SXP dengan jumlah minimum yang sudah ditentukan.Sehingga dapat tetap memenuhi syarat untuk melakukan transaksi dengan kartu debit Swipe Sky, Steel atau Slate. 

Jika pengguna memenuhi jumlah minimum yang ditentukan, yaitu 30 ribu SXP, pengguna akan mendapatkan cashback sebesar 8 persen dan fasilitas berlangganan Netflix dan Spotify gratis.

Enjin Coin (ENJ)

Enjin Coin (ENJ) merupakan token ERC20 yang dibangun di jaringan Ethereum. ENJ merupakan token DeFi yang diciptakan untuk memudahkan transaksi barang-barang virtual yang diciptakan oleh Enjin. 

Enjin adalah sebuah perusahaan teknologi informasi berbasis di Singapura yang didirikan pada tahun 2009. Enjin juga merupakan platform komunitas game online terbesar dengan lebih dari 250 ribu komunitas game dan 18,7 juta pemain terdaftar. 

Sejak awal, ENJ didesain untuk menjadi alat transaksi pembayaran di dalam game. Misalnya untuk membeli item-item penting yang diinginkan oleh pengguna atau pemain.

Keunikan ENJ

Dengan ENJ, pemain game online dapat menukar atau memperdagangkan aset mereka. Bukan hanya di dalam dunia game dan komunitas saja, tetapi juga mengisi smart wallet mereka dengan aset nyata selama bermain game.

ENJ didesain sebagai sarana untuk menyimpan nilai dalam bentuk token non-fungible (NFT). Tetapi juga dapat diperdagangkan, ditukar, dan diintegrasikan lintas platform. Selain itu, ENJ juga dilengkapi dengan seperangkat Software Development Kit (SDK). SDK tersebut yang nantinya akan diintegrasikan oleh developer dalam game dan komunitas mereka.

Baca juga: Enjin, Cryptocurrency Pertama di Bidang E-Sport

Maker (MKR)

Maker (MKR) adalah token governance dari MakerDAO dan Maker Protocol. Keduanya merupakan organisasi terdesentralisasi dan software platform yang didasarkan pada blockchain Ethereum. Token DeFi ini menjadi basis teknologi stablecoin pertama pada platform aset kripto Ethereum, yang disebut DAI.

MKR dibuat pada 2015 dan diluncurkan sepenuhnya pada Desember 2017. MKR adalah proyek yang bertugas untuk mengoperasikan DAI, aset kripto terdesentralisasi yang dikelola oleh komunitas dengan nilai yang dipatok ke dolar AS. Sehingga nilai dari 1 Dai setara dengan 1 dolar AS.

Keunikan MKR

Token ini melibatkan pemegangnya untuk berpartisipasi langsung dalam proses pengaturan DAI. Setiap pemegang token Maker berhak untuk memberikan suara pada sejumlah perubahan yang akan dilakukan oleh Protokol Maker. 

Kekuatan suara mereka tergantung pada ukuran saham MKR yang dimiliki. Keterlibatan pengguna dalam pengelolaan MKR inilah yang mendorong meningkatnya permintaan token MKR sehingga dapat mempengaruhi nilainya.

Beberapa hak pengguna MKR yang bisa didapatkan dari protokol adalah:

  • Menambahkan jenis aset jaminan baru ke protokol
  • Mengizinkan pengguna untuk mengirimkan aset kripto baru untuk mencetak lebih banyak DAI
  • Mengubah parameter risiko jenis aset yang sudah ada.
  • Mengubah saving rate DAI

Yearn Finance (YFI)

Yearn Finance (YFI) adalah token DeFi yang memiliki harga termahal dibandingkan dengan token lainnya, bahkan nilainya sempat mengalahkan Bitcoin. Sama seperti MKR, YFI merupakan token governance dari Yearn. 

Jumlah YFI terbatas, hanya ada sekitar 30.000 saja. Saat ini, seluruh token YFI sudah didistribusikan. Namun, berdasarkan dokumen YFI, token ini dapat dicetak lebih banyak lagi oleh governance sesuai dengan kebutuhan pasar.

Diluncurkan pada Februari 2020, token yang sebelumnya bernama iEarn ini mengalami pertumbuhan besar dalam beberapa bulan terakhir. Sehingga, developer memutuskan untuk merilis token YFI in-house

Yearn.finance merupakan penyedia layanan agregator untuk para investor DeFi dengan menggunakan sistem otomatisasi. Sehingga memudahkan pengguna dalam memaksimalkan keuntungan dari yield farming.

Tujuan hadirnya YFI adalah untuk menyederhanakan DeFi bagi investor yang belum memiliki kemampuan teknis. YFI juga dapat digunakan bagi investor yang tidak mendalami aset kripto secara serius, atau hanya sekadar coba-coba saja.

Dari kelima token DeFi di atas, mungkin ada yang berhasil menarik perhatian Anda. Anda bisa menemukannya di platform perdagangan aset digital yang terpercaya seperti Zipmex. Siapa tahu, Anda berniat untuk memanfaatkannya untuk berinvestasi atau trading. 

Zipmex merupakan platform perdagangan aset digital yang legal dan aman. Platform perdagangan aset kripto ini juga elah teregulasi oleh BAPPEBTI dan Kemkominfo. Untuk meningkatkan kenyamanan, Zipmex juga telah bermitra dengan BitGo untuk menyediakan keamanan dompet digital terbaik dengan polis asuransi sampai dengan 100 juta dolar AS. 

Segera daftarkan diri Anda sebagai ZipMember dan raih kemudahan dalam melakukan investasi aset digital dengan keamanan yang tinggi.