5 Rekomendasi Buku untuk Belajar Aset Kripto

Posted on February 18, 2021 in Articles, Investasi, Kriptopedia
View all Articles

Belajar aset kripto belakangan menjadi isu yang menarik.

Hanya dalam hitungan minggu, awal tahun 2021 langsung ramai dengan kabar berita aset kripto. Harga beragam aset kripto seperti Bitcoin dan Ethereum di pasar seakan berlomba naik dan turun. Isu aset kripto terdengar di mana-mana. Beberapa figur publik di Indonesia maupun dunia nampak tak mau ketinggalan dan turut ikut serta meramaikan. 

Nilai dan keuntungan yang dihasilkan aset kripto mungkin saja membuat Anda tertarik untuk berinvestasi. Namun, sebelum memutuskan untuk investasi, Anda tentu harus melakukan riset dan belajar banyak mengenai aset tersebut. 

Oleh karena itu, kali ini, Zipmex telah merangkum lima rekomendasi buku yang tepat untuk belajar aset kripto. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini. 

Digital Gold: Bitcoin and the Inside Story of the Misfits and Millionaires Trying to Reinvent Money

Penulis: Nathaniel Popper
Source: Amazon

Nathaniel Popper adalah seorang jurnalis dari The New York Times. Dalam pekerjaannya, ia meliput sektor keuangan dan teknologi.

Dalam bukunya yang bertajuk Digital Gold ini, ia mencatat sejarah kehadiran Bitcoin. Mulai dari pencipta Bitcoin yang misterius Satoshi Nakamoto. Tak lupa, ia juga menceritakan kisah si kembar Cameron dan Tyler Winklevoss yang menjadi biliuner Bitcoin pertama ketika aset kripto itu menembus harga 10 ribu dolar AS.

Buku keluaran 2015 tersebut menyajikan analisis penulis mengenai Bitcoin dan bagaimana perbandingannya terhadap emas. Ia juga mengatakan bahwa Bitcoin mungkin kini telah menjadi standar global bagi masyarakat untuk menyimpan nilai. 

Digital Gold: Bitcoin and the Inside Story of the Misfits and Millionaires Trying to Reinvent Money bahkan masuk dalam daftar buku bisnis rekomendasi McKinsey dan buku terbaik versi Financial Times 2015. 

Cryptoassets: The Innovative Investor’s Guide to Bitcoin and Beyond

Penulis: Chris Burniske dan Jack Tatar

Sesuai judulnya, buku garapan Chris Burniske dan Jack Tatar ini lebih fokus pada sudut pandang investor. Buku ini ditulis menggunakan perspekstif keuangan dan melengkapinya dari sisi teknologi. Sehingga penjelasan yang disampaikan terasa relevan dan lebih mudah dipahami, terutama bagi Anda yang masih baru dalam dunia kripto. 

Chris Burniske sendiri adalah seorang investor keuangan di perusahaan modal (ventura) yang berfokus pada kripto bernama Placeholder Capital. Sedangkan Jack Tatar adalah penulis yang berkancah di dunia keuangan pribadi. 

Dalam buku ini, Tatar dan Burniske menjelaskan asal-mula Bitcoin dan perbedaannya dengan blockchain. Buku keluaran tahun 2017 tersebut juga mencoba mendefinisikan cryptocurrency sebagai kelas aset. Bahkan ada bab khusus yang berisi kerangka penilaian untuk aset kripto. 

Bagi Anda yang berencana terjun ke dunia kripto, buku ini bisa jadi salah satu rekomendasi yang menarik. Sebab Tatar dan Burniske berhasil menyampaikan dan membentuk fondasi yang dibutuhkan investor ketika hendak berinvestasi di aset kripto.

Blockchain Revolution: How the Technology Behind Bitcoin is Changing Money, Business, and the World

Penulis: Don dan Alex Tapscott 
Source: Amazon

Rekomendasi ketiga untuk belajar aset kripto adalah Blockchain Revolution karya Don dan Alex Tapscott. Pakar blockchain sekaligus pasangan ayah anak ini mengeksplorasi bagaimana teknologi blockchain mempengaruhi sistem global. 

Don dan Alex Tapscott adalah pendiri Blockchain Research Institute, sebuah institusi independen yang bergerak di bidang blockchain dan sosial. Institusi tersebut berfokus pada riset untuk menjawab tantangan, peluang serta isu strategis blockchain di masyarakat.

Melalui buku ini, Anda bisa memahami cara kerja blockchain, membuka dan memperluas wawasan mengenai hal-hal baru yang bisa didapat melalui internet, serta dampak aset kripto. Don dan Alex menjelaskan kegunaan blockchain dalam perluasan layanan keuangan dan pengamanan informasi identitas pribadi. Untuk Anda yang memiliki bisnis, blockchain dapat dimanfaatkan untuk melakukan kontrak dan pengembangan Internet of Things (IoT). 

The Age of Cryptocurrency: How Bitcoin and Blockchain are Challenging the Global Economic Order 

Penulis: Paul Vigna dan Michael Casey

Dalam laman Independent, Michael C Munger, seorang ekonomis sekaligus profesor ilmu politik di Duke University, mengatakan bahwa buku The Age of Cryptocurrency merupakan buku pengantar yang baik untuk belajar aset kripto. Terutama bagi Anda yang baru berencana terjun ke dunia kripto. 

Paul Vigna dan Michael Casey adalah penulis untuk Wall Street Journal. Keduanya memiliki reputasi yang cemerlang di Amerika Serikat dan pasar keuangan global. Berbekal kemampuan dan pengalaman yang ada, kedua penulis ini berhasil meramu tulisan yang ringan namun bernas. 

Anda akan memahami perbedaan uang dan mata uang, dua istilah awam namun sering kali tertukar. Vigna dan Casey juga menjelaskan dengan baik bagaimana uang dan mata uang dapat terhubung serta masalah apa saja yang biasa hadir di antara kedua hal tersebut. 

Dari masalah yang ada, Bitcoin dan aset kripto lainnya hadir. Aset kripto merupakan sistem moneter komprehensif yang menyimpan catatan transaksi dan kliring. Di luar itu, mata uang inovatif ini juga berhasil menjadi jembatan dan solusi bagi beragam isu finansial yang ada. 

Kendati aset kripto dan blockchain belum menjadi sistem menyeluruh yang digunakan di setiap negara, tetapi di negara maju, kedua hal ini bisa menjadi solusi keuangan. 

Digital Cash: The Unknown History of the Anarchists, Utopians, and Technologist Who Created Cryptocurrency

Penulis: Finn Brunton
Belajar Aset Kripto
Source: Amazon

Dalam buku ini, Anda akan menemukan pohon evolusi dan implikasi yang ada. Bitcoin berhasil menjadi mata uang dengan market cap nomor satu. Tidak sedikit orang yang menganggap Bitcoin sebagai satu-satunya ‘mata uang yang benar’. Namun, tanpa disadari, sebenarnya Bitcoin merupakan evolusi yang berhasil dari sekian banyak percobaan. 

Brunton menulis sejarah dan konteks yang lebih panjang. Mulai dari kisah DigiCash yang digagas David Chaum pada tahun 1990an, Adam Back dengan Hashcash buatannya, BitGold, dan beragam hal lainnya. Brunton mencatat sejarah jatuh bangun aset kripto dan perkembangan yang ada. 

Ia mengungkapkan utopia teknologi dan radikalisme politik yang menciptakan uang eksperimental untuk mewujudkan visi di masa depan. Melindungi privasi atau menjatuhkan pemerintah. Meluncurkan inovasi dan peradaban atau justru membawa kehidupan dalam akhir zaman. Seluruh kemungkinan dan peluang akan dihadapkan pada Anda.

Selamat membaca!

———————————————

Cryptocurrency legal di Indonesia berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Bursa (Bappebti) pada Februari 2019.

Yuk, ikuti perkembangan dunia cryptocurrency dan trading aset digital hanya di akun media sosial Zipmex:

zipmex.co.id

Instagram Facebook Twitter