5 Kisah Trader Aset Kripto Paling Sukses

Posted on January 25, 2021 in Articles, Berita Kripto, Investasi
View all Articles

Sejak awal rilis Bitcoin pada tahun 2009, ada banyak sekali cerita tentang orang-orang yang berhasil merubah nasib berkat Bitcoin. Dari yang hanya sekadar coba-coba hingga jadi jutawan yang diliput majalah sekelas Forbes. Tak heran, banyak investor maupun trader baru yang ingin menjajaki dunia kripto demi merasakan hal yang sama. 

Kali ini, kami merangkum lima kisah trader aset kripto paling sukses di dunia. Apa saja kisahnya? Simak ulasannya berikut ini!

Erik Finman Speech, trader aset kripto paling sukses

Erik Finman, Remaja Jutawan Bitcoin

Pada 2011 silam, Erik Finman menerima hadiah sebesar 1.000 dolar AS dari neneknya sebagai hadiah hari Paskah. Kala itu, Finman masih kanak-kanak, usianya baru menginjak 12 tahun. Harga Bitcoin juga masih berkisar antara 10-12 dolar AS. 

Sebagian besar anak seusianya tentu akan menggunakan uang tersebut untuk membeli konsol video game terbaru atau mungkin ponsel. Namun berbeda dengan Finman. Alih-alih membeli ponsel, ia justru memutuskan untuk menginvestasikan semuanya uang pemberian neneknya dalam Bitcoin. 

Dilansir Business Insider, Finman mengatakan bahwa ia sangat tertarik dengan Bitcoin. Ia menghabiskan waktunya untuk mempelajari dan mulai melakukan trading. Hidupnya hanyalah sekolah dan trading Bitcoin. 

Keputusan Finman membuahkan hasil besar. Dua tahun kemudian, dia memutuskan untuk menjual Bitcoinnya dan menggunakan uang tersebut untuk meluncurkan perusahaan pendidikan online bernama Botangle. Botangle adalah sebuah usaha web yang menyediakan layanan pendidikan berbasis video. 

Kristoffer Koch, Coba-coba yang Membuahkan Hasil

Pada tahun 2009, Koch sibuk menulis tesis masternya tentang teknologi enkripsi pada salah satu Universitas di Norwegia. Saat meneliti aplikasi enkripsi terbaru, dia menemukan mata uang virtual tidak dikenal yang disebut Bitcoin. Berbekal rasa penasarannya akan Bitcoin, dia memutuskan untuk menghabiskan sekitar 26 dolar Amerika Serikat untuk membeli lebih dari 5.000 Bitcoin.

Setelah melakukan pembelian, Koch melanjutkan kehidupan seperti biasa. ia tidak melakukan apa-apa terhadap investasinya tersebut. Ia bahkan sampai lupa kalau memiliki Bitcoin. Sampai akhirnya pada tahun 2013, Bitcoin ramai dibahas oleh media. 

Seketika ia teringat pernah membeli Bitcoin. Untuk membuktikan perasaan itu, Koch menghabiskan waktunya seharian penuh untuk mencari private key yang benar untuk wallet Bitcoin miliknya. Begitu menemukannya, Koch terkejut dan langsung menukar seperlima dari investasinya menjadi uang tunai. 

Hasilnya, ia mendapatkan uang dalam jumlah yang cukup besar, yakni 886.000 dolar AS. Uang tersebut lantas ia gunakan untuk membeli apartemen nyaman di Oslo, Norwegia. 

Jeremy Gardner, Jutawan yang Putus Sekolah Dua Kali

Kisah trader aset kripto paling sukses lainnya juga datang dari Jeremy Gardner, seorang jutawan kripto berusia 20an. Gardner mengenal dunia kripto ketika salah satu temannya menawarkannya Bitcoin untuk mendapatkan uang tunai pada tahun 2013. 

Tidak butuh waktu lama bagi Gardner untuk jatuh cinta dengan Bitcoin. Ia jatuh cinta dengan ide melakukan penukaran dengan siapapun di dunia tanpa menggunakan pihak ketiga, baik bank maupun pemerintah. Cukup bermodal internet. 

Sejak saat itu, ia mulai menginvestasikan beberapa ribu dolar dari dalam tabungannya menjadi Bitcoin. Dalam beberapa rentang waktu, kekayaan bersihnya semakin berlipat ganda. Di usia yang ke-25, Gardner berhasil menjadi jutawan. 

Gardner mengalami awal yang sulit dalam hidupnya. Ia bahkan pernah putus sekolah  hingga dua kali. Namun aset Bitcoin yang telah ia beli membantunya untuk membangun kehidupan baru yang lebih layak. 

Kini, Gardner adalah salah satu pendiri Crypto Castle, sebuah kediaman tiga lantai di San Francisco. Crypto Castle merupakan tempat di mana para pengusaha cryptocurrency tinggal dan bekerja sama. Banyak perusahaan startup seperti Augur dan Comma.ai dibangun di rumah ini.

Kingsley Advani, Karyawan yang Berujung Menjadi Investor

Kisahnya dimulai ketika ia berusia awal 20an, saat Kingsley Advani bekerja di sebuah perusahaan software. Advani memasukkan sebanyak mungkin gajinya ke pasar aset kripto sebanyak yang ia mampu. Masih merasa kurang karena gajinya tidak cukup banyak, dia juga memutuskan untuk menjual harta miliknya mulai dari laptop hingga ponsel dan memasukan hasil penjualannya ke Bitcoin dan aset kripto lainnya.

Strategi tersebut ternyata membuahkan hasil. Advani berhasil mengubah investasinya menjadi tujuh digit, berkat bull run yang terjadi pada 2017. Setelah melihat kekayaan bersihnya melonjak, dia berhenti dari pekerjaannya dan saat ini Advani berkeliling dunia sebagai penasihat startup dan angel investor.

Mr. Smith, trader aset kripto paling sukses

Mr. Smith, Sosok Misterius yang Mengguncang Pasar Kripto

Kisah trader aset kripto paling sukses terakhir datang dari sosok misterius yang dikenal sebagai Mr. Smith. Mr. Smith lulus dari perguruan tinggi pada tahun 2008 dan bekerja sebagai Software Engineer pada sebuah perusahaan di Silicon Valley. Dia mengetahui tentang Bitcoin dari salah satu koleganya ketika nilai Bitcoin naik sepuluh kali lipat dalam kurun waktu lima hari. 

Setelah meneliti selama beberapa bulan, dia memutuskan untuk menginvestasikan uangnya sebesar 3.000 dolar AS pada Bitcoin. Investasi itu tidak banyak diperhatikan, malah justru terlupakan, sampai akhirnya pada 2013 harga Bitcoin mulai melonjak. Dia menjual beberapa Bitcoinnya dan kemudian memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya untuk berkeliling dunia.

Sosok misterius ini tentu saja menarik perhatian pelaku pasar cryptocurrency. Ia bahkan diwawancarai oleh majalah berkelas dunia Forbes karena dia telah menghasilkan lebih dari 25 juta dolar AS dari keuntungan investasi yang ia miliki. Uang tersebut lantas ia gunakan untuk berkeliling dunia dengan penuh kemewahan. 

Sampai saat ini, sosok Mr. Smith masih tetap menjadi misteri. Bahkan ketika diwawancara, ia enggan memperlihatkan wajahnya dan memberikan nama aslinya. 

———————————————

Cryptocurrency legal di Indonesia berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Bursa (Bappebti) pada Februari 2019.

Yuk, ikuti perkembangan dunia cryptocurrency dan trading aset digital hanya di akun media sosial Zipmex:

zipmex.co.id

Instagram Facebook Twitter