5 Figur Publik Dunia yang Jadi Pegiat Aset Kripto

Posted on February 18, 2021 in Articles, Berita Kripto
View all Articles

Popularitas aset kripto memang tak perlu diragukan. Banyak figur publik dunia yang dikenal sebagai pegiat aset kripto. Tidak sedikit dari mereka yang opininya bahkan menjadi insight bagi para analis, trader, atau investor aset kripto. 

Siapa saja mereka dan apa dampak dari pendapat figur publik itu pada aset kripto? Simak ulasan Zipmex berikut ini, ya!

Mark Cuban

Source: Texas Monthly

Miliarder sekaligus investor, Mark Cuban dikenal sebagai salah satu pegiat aset kripto yang pendapatnya sangat diperhitungkan. 

Dilansir Decrypt, Cuban baru-baru ini memprediksi bahwa blockchain akan menjadi “new internet” di masa depan. Ia juga mengatakan bahwa nantinya Pemerintah di berbagai negara akan membuat koinnya masing-masing karena biayanya lebih murah. 

Aktor dari Shark Tank tersebut juga pernah menyarankan Ethereum (ETH) dijadikan sebagai alat penyimpan nilai. ETH bahkan diperkirakan nantinya dapat mengalahkan Bitcoin (BTC). Cuban bahkan diketahui memiliki ketertarikan tinggi pada DeFi dan juga fitur smart contract yang ditawarkan Ethereum. 

Antusiasme Mark Cuban pada aset kripto bukan hanya diwujudkan melalui opini-opininya di media. Cuban bahkan pernah mengumumkan di forum aset kripto wallstreetbets bahwa ia memiliki aset BTC, ETH, LTC, Sushi, dan AAVE. 

Setelah pengumuman tersebut diluncurkan, harga aset AAVE melonjak tajam. Nilainya bahkan mencapai 500 dolar AS. Kejadian ini dinamai sebagai The Cuban Effect. 

Snoop Dogg

Ilustrasi Snoop Doge sebagai Pegiat aset kripto

Rapper asal Amerika ini memang dikenal senang berbisnis. Ia mendirikan perusahaan investasi (ventura) dan membuat rumah produksi sendiri. Tapi di luar dari dua bidang itu, rupanya Snoop Dogg juga tertarik pada aset kripto. 

Ketertarikan pelantun lagu “Drop It Like It’s Hot tersebut disampaikan melalui cuitan di akun Twitternya. Saking ‘cintanya’ dengan aset kripto, rapper kawakan itu mengatakan bahwa dalam penjualan album terbarunya, fans bisa membeli menggunakan Bitcoin.  

Kecintaan Snool Dogg pada kripto juga bukan sekadar karena Bitcoin. Ia benar-benar menjadi pegiat aset kripto dan turut berpendapat sesuai kondisi pasar. 

Salah satu buktinya adalah ketika harga Dogecoin melesat beberapa waktu lalu karena ulah Elon Musk. Snoop Dogg tak tinggal diam. Ia turut mengunggah parodi menggunakan albumnya yang bertajuk ” The Masterpiece” dengan wajan anjing Shiba Inu yang khas. Tak lupa ia juga menyematkan tulisan “Who Left the Doge Out.”

Ashton Kutcher

Source: Harpers Bazaar

Aktor sekaligus mantan suami Demi Moore, Ashton Kutcher, nampaknya juga tengah menggeluti pasar perdagangan aset kripto. Pada konferensi yang diselenggarakan oleh TechCrunch pada 2013 lalu, Kutcher mengatakan bahwa kini Bitcoin semakin relevan dengan dunia. 

Aksinya yang paling terkenal dalam dunia aset kripto adalah pada 2018. Saat itu, Kutcher dan timnya menyumbang donasi sebesar 4 juta dolar AS. Sumbangan itu diserahkan dalam bentuk token XRP pada  badan amal satwa liar The Ellen DeGeneres Wildlife Fund. 

“Kami sebenarnya dapat melakukan transfer (donasi) ke dalam franc Rwanda, tapi hal yang sebenarnya lebih mudah dilakukan adalah hanya dengan menekan tombol dan donasi (aset XRP) langsung tiba di akun Anda,” ujarnya. 

Melihat tindakan heroik Kutcher melalui XRP tentu menuai beragam opini dari masyarakat. Sayangnya, ketika gejolak XRP terjadi pada Desember tahun lalu, Kutcher memilih untuk bungkam. Namun, kini nampaknya dia telah berpindah pada aset kripto lainnya, seperti Lolli, aplikasi berhadiah Bitcoin. 

Gene Simmons 

Gene Simmons and Wolfgang Puck Host Rocktoberfest Opening Night at L.A. Live in Los Angeles on October 15, 2012 Source: Wikipedia

Bassist yang juga merangkap sebagai vokalis dari band Kiss, Gene Simmons juga nyatanya merupakan seorang pegiat pasar aset kripto. Melalui wawancaranya dengan Bitcoin.com, Simmons mengatakan bahwa ia lebih percaya pada aset yang tidak melibatkan lembaga perantara seperti perbankan.

 “Sedetik pun saya tidak percaya pun pada pemahaman orang-orang mengenai cryptocurrency, apa tujuan dan alasan yang mendasarinya. Tapi karena bersifat labgsung dan tidak perlu berurusan dengan bank, saya suka konsepnya,” ttur Simmons.

Pada wawancara berikutnya dengan American Songwriter, Simmons mengatakan bahwa cryptocurrency adalah sebuah game changer.

“Saya sangat senang dengan permainan ini dan saya melakukannya dengan sangat baik. Pemerintah dapat mencetak uang kapanpun mereka butuh. Sehingga, inflasi akan terus membesar. Dolar dulu didasarkan pada emas, tapi kini tidak. Sementara aset kripto todak akan hilang, kecuali Anda lupa ‘code wallet‘, atau kata sandi Anda,” jelasnya.

Selain itu, ia juga membuat cuitan berisi pengakuan kepada pengikutnya bahwa ia telah membeli aset kripto seperti Bitcoin, Ethereum, Litecoin, dan berbagai aset kripto lainnya.

Gene Simmons sebagai Pegiat aset kripto

Mike Tyson

Source: Wikipedia

Antusiasme akan aset kripto tidak hanya datang dari kalangan selebritis namun juga pada atlet tinju sekelas Mike Tyson. 

Ia menunjukkan ketertarikannya terhadap Bitcoin dengan meluncurkan ATM Bitcoin pada tahun 2015. Bahkan ia mendesain logonya dengan tattoo yang ia miliki pada wajahnya. “Saya bersyukur menjadi bagian dari revolusi perkembangan Bitcoin” ujarnya.

Setelah merilis ATM Bitcoin, di tahun selanjutnya ia juga membuat aplikasi wallet untuk Bitcoin. Aplikasi tersebut diluncurkan dengan nama ATM Mike Tyson Bitcoin. Diharapkan ATM Mike Tyson Bitcoin dapat menarik minat para penggemar petinju untuk melakukan konversi uang fiat menjadi Bitcoin.

Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk menyimpan dan memperdagangkan Bitcoin.

———————————————

Cryptocurrency legal di Indonesia berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Bursa (Bappebti) pada Februari 2019.

Yuk, ikuti perkembangan dunia cryptocurrency dan trading aset digital hanya di akun media sosial Zipmex:

zipmex.co.id

Instagram Facebook Twitter