5 Alasan Token DeFi Cocok Dipertimbangkan Jadi Alternatif Investasi

Posted on February 15, 2021 in Articles, Investasi, Kriptopedia
View all Articles

Investasi token DeFi saat ini menjadi salah satu alternatif menarik bagi pegiat aset kripto. DeFi menyediakan teknologi untuk memanfaatkan dana investasi dengan efisien. 

DeFi menyediakan fitur transparansi, keberlanjutan (sustainability), dan skalabilitas. Penyedia layanan keuangan dapat menyiapkan dananya untuk memberikan pinjaman dengan suku bunga tinggi dengan tetap menerapkan agunan (collateral). Sehingga tak perlu khawatir dana yang dipinjamkan mengalami gagal bayar. 

Token DeFi menyediakan layanan keuangan yang terpercaya dengan risiko lebih rendah. Selain pinjaman, token DeFi juga dapat digunakan untuk asuransi, investasi, dan beragam tujuan lainnya. uang yang efisien, tetapi melakukannya dengan cara yang aman. Seluruh aktivitas yang tersedia juga dapat dinikmati tanpa adanya perantara, seperti lembaga perbankan. 

Tidak heran, token DeFi terus berkembang. Protokol penyedia DeFi berkembang menjadi ekosistem yang kompleks dengan beragam proyek dan token yang menonjol. Menurut perkiraan National Association of Securities Dealers Automated Quotations (Nasdaq), dalam kurun waktu dua tahun, protokol DeFi telah mengunci aset lebih dari 19 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 263, 82 triliun. 

Dilansir Bitpanda, berikut lima alasan mengapa Anda mesti mempertimbangkan token DeFi sebagai alternatif investasi. 

1. Memberikan Kemudahan dalam Layanan Keuangan

Token DeFi memungkinkan Anda untuk meminjam dan memberikan pinjaman secara peer-to-peer (P2P). Anda tidak membutuhkan perantara sama sekali, langsung berinteraksi dengan peminjam atau pemberi pinjaman. 

Dengan kata lain, token DeFi memberikan layanan yang sama dengan sektor keuangan tradisional. Hanya saja, token DeFi merupakan langkah yang evolusioner, mirip dengan layanan Netflix yang merupakan evolusi dari televisi kabel. Layanan P2P yang ditawarkan DeFi dihadirkan dalam bentuk digital.

Baca juga: Petunjuk Lengkap Decentralized Finance (DeFi)

2. Mengurangi Biaya Transaksi

Token DeFi memanfaatkan kelebihan dalam blockchain. Keunggulannya dalam segi transparansi dan akses membuat biaya yang dikenakan untuk layanan keuangan dapat dikurangi secara signifikan. 

Proses transaksi yang terjadi juga berjalan lebih cepat berkat sistem yang terotomatisasi. Kelebihan dari token DeFi ini menetapkan standar baru dalam layanan keuangan sehingga menarik lebih banyak minat dari pengguna. 

token defi

3. Menawarkan Beragam Jenis Layanan Keuangan

Tidak hanya pinjam-meminjam, token DeFi juga menawarkan beragam layanan keuangan lainnya. Mulai dari asuransi, tabungan berbunga, alat tukar untuk interaksi dalam game, dan beragam tujuan lainnya. Di luar itu, token DeFi juga memperbesar peluang investasi dan trading yang dapat diakses langsung oleh masing-masing pengguna secara individu. 

4. Memberikan Nilai Tambah Bagi Ethereum (ETH)

Kebanyakan token DeFi dibangun di atas blockchain Ethereum dengan memanfaatkan fitur smart contract. Sejumlah analis memperkirakan bahwa peningkatan jumlah dan skala proyek token DeFi dalam blockchain ETH akan membawa nilai tambah bagi koin Ether itu sendiri. Itu sebabnya token DeFi dianggap sebagai salah satu contoh pemanfaatan yang menarik dari sistem blockchain yang digunakan ETH. 

Beberapa analis bahkan percaya, bahwa Ethereum (ETH) akan bersaing ketat dengan Bitcoin (BTC) untuk mendapatkan posisi teratas dari sisi kapitalisasi pasar (market cap). Walau begitu, masih ada jalan panjang yang mesti dihadapi ETH untuk berkembang dan dapat bersaing dengan BTC. 

Baca juga: 5 Token DeFi Paling Populer untuk Alternatif Investasi

5. Menyediakan Banyak Pilihan untuk Diversifikasi Portofolio

Ada beragam pilihan yang bisa Anda pertimbangkan untuk melakukan diversifikasi portofolio menggunakan token DeFi. Anda bisa memilih token-token yang paling sesuai dengan kebutuhan. Misalnya memilih Enjin Coin (ENJ) untuk kebutuhan bermain game atau Yearn Finance (YFI) untuk mengoptimalkan keuntungan dari yield farming

Selain kedua token di atas, Anda mungkin bisa juga mempertimbangkan beragam token populer lainnya. Misalnya seperti token UNI yang dikelola menggunakan protokol Uniswap.

Ada pula SNX, proyek DeFi terbesar yang dikelola jaringan Synthetix. Opsi ketiga yang tak kalah menarik adalah Maker MKR yang dikenal sebagai protokol tata kelola terdesentralisasi tertua. Ketiga pilihan token populer ini bisa menjadi pilihan yang menarik untuk diversifikasi portofolio investasi. 

Nah, bagaimana? Apa Anda mulai berniat untuk memulai investasi token DeFi? Kalau iya, Anda bisa langsung meluncur ke platform Zipmex. Zipmex merupakan platform perdagangan aset digital yang legal dan aman. Platfrom ini juga telah teregulasi oleh BAPPEBTI dan Kemkominfo. 

Di dalamnya, Anda akan menemukan beragam token yang menarik untuk diversifikasi portofolio. Ditambah lagi dalam beberapa minggu ke depan, Zipmex juga akan menambahkan sejumlah token baru dalam layanannya. 

Tertarik? Segera daftarkan diri Anda dan nikmati keuntungannya!

———————————————

Cryptocurrency legal di Indonesia berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Bursa (Bappebti) pada Februari 2019.

Yuk, ikuti perkembangan dunia cryptocurrency dan trading aset digital hanya di akun media sosial Zipmex:

zipmex.co.id

Instagram Facebook Twitter