USDC dan LINK Kini Tersedia di Zipmex!

October 16, 2020

Zipmex telah melisting USDC dan LINK

Sekarang anda dapat membeli USDC di Zipmex!

Apa itu USDC?
USDC adalah stablecoin berbasiskan dolar AS sebagai alternatif untuk cryptocurrency dolar lainnya seperti Tether (USDT) atau TrueUSD (TUSD). Nilainya dipatok 1:1 ke USD, yang berarti $ 1 dari USD = 1 token USDC. Pada waktu tertentu, 1 USDC dapat ditukar dengan 1 dolar AS.

Apa itu Chainlink (LINK)?
ChainLink adalah jaringan oracle terdesentralisasi yang menyediakan data dunia nyata (off-chain) ke smart-contract di blockchain (on-chain). Sehingga keduanya dapat terhubung dan membentuk sebuah kode pemrograman yang aplikasinya semakin beragam dan dekat dengan kehidupan sehari-hari. Chainlink meningkatkan interkonektivitas smart-contract dengan memberikan akses smart-contract ke umpan data, API, pembayaran, dan sumber daya lainnya yang andal.

Apa bedanya dengan USDT?
Tether (USDT) dikeluarkan oleh perusahaan lain yang disebut Tether Holdings, dan merupakan stablecoin terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar dan volume perdagangan, sedangkan USDC dikeluarkan oleh Circle Ltd. dan merupakan stablecoin resmi Coinbase. Circle memiliki pendekatan regulasi yang lebih ramah dan memiliki perizinan yang diperlukan untuk beroperasi. Mereka mengeluarkan audit bulanan yang tersedia untuk umum yang memungkinkan pembeli memverifikasi bahwa USD Coin (USDC) didukung sepenuhnya oleh Dolar AS di rekening bank terpisah.

USDC Stablecoin
Beli USDC di Zipmex

Apa resiko membeli USDC?
Karena harga token dipatok ke dolar, risiko utama membeli koin yang stabil adalah fluktuasi mata uang. Jadi jika dolar melemah terhadap mata uang lokal (Indonesia rupiah), maka nilai IDR USDC anda akan turun. Tetapi jika USD menguat terhadap nilai mata uang lokal (Indonesia rupiah), nilai IDR dari total kepemilikan USDC anda akan meningkat.

Bagaimana nilai stablecoin seperti USDC bisa stabil?
Untuk setiap USDC yang diterbitkan, ada dolar AS terkait yang disimpan di rekening bank cadangan. Cadangan tersebut dijaga oleh kustodian independen dan diaudit secara teratur untuk memastikan kepatuhan terhadap ketentuan yang diberlakukan. Dengan mengikat nilai USDC ke mata uang fiat yang stabil, potensi spekulasi berkurang secara drastis, menghasilkan harga aset yang stabil.


Apa yang dapat saya lakukan dengan USDC saya?
Selain menjual dan memperdagangkannya ketika harga naik – yang tidak menghasilkan pengembalian yang tinggi karena nilai dolar AS yang stabil – hal yang cerdas untuk dilakukan adalah memasukkannya ke dalam produk simpanan berbunga, seperti yang ditawarkan Zipmex , yang memberi anda bunga tahunan 10% atas USDC Anda.