Skip to content

Apa itu Altcoin?- Coin mana yang layak di investasikan

Apa itu Altcoin?- Coin mana yang layak di investasikan

04 May 2020 zipmexteam Learn

Apa itu Altcoin?

Altcoin adalah semua aset digital yang bukan Bitcoin. Alt berasal dari kata “Alternatif,” jadi pada dasarnya itu berarti pilihan selain Bitcoin. Setelah Bitcoin diciptakan di dunia pada tahun 2008, Bitcoin menginspirasi begitu banyak orang untuk membuat aset digital mereka sendiri. Jika kamu tidak yakin apa itu Bitcoin, lihat artikel kami tentang Bitcoin terlebih dahulu.

Saat ini, ada lebih dari 5.000 Altcoin di pasar. Mirip dengan Bitcoin, kamu dapat memperjualbelikan Altcoin dan menghasilkan keuntungan juga. Volume perdagangan Altcoin mencapai 35% dari kapitalisasi pasar perdagangan aset digital pada April 2020. Seperti yang bisa dilihat dari grafik di bawah ini, kapitalisasi Bitcoin dalam warna oranye mendominasi hampir semua pasar sebelumnya, dan kemudian pada tahun 2018, Altcoin mulai dapatkan momentum. Pada satu titik, salah satu Altcoin paling terkenal, Ethereum, mencapai 30% dari kapitalisasi pasar kripto. Bitcoin berhasil memulihkan dominasinya, tetapi Altcoin masih merupakan pilihan yang sangat baik bagi banyak trader.

Setiap Altcoin memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing-masing. Mungkin beberapa cara kerjanya seperti Bitcoin, yang berarti kamu harus menambangnya, sementara yang lain sama sekali berbeda. Mari kita lihat beberapa Altcoin paling terkenal dan pelajari lebih lanjut.

Apa itu Ethereum?

Ethereum (ETH) adalah aset digital terpopuler kedua setelah Bitcoin berdasarkan kapitalisasi pasar. ETH dibuat pada 2015 tanpa tujuan untuk menjadi segala bentuk alat pembayaran macam seperti Bitcoin. Malah, platform software terdesentralisasi nya yang memungkinkan Aplikasi Terdesentralisasi (DApps) dan Smart Contracts untuk dibangun dan dijalankan tanpa penipuan, kontrol, waktu henti, atau gangguan dari pihak ketiga. Aplikasi pada Ethereum bekerja pada token kriptografi spesifik platform yang disebut Ether.

Menurut kegunaannya, ethereum dapat digunakan untuk beberapa hal seperti, ‘meng-kodifikasi , mendesentralisasi , mengamankan, dan memperjualbelikan apa saja. Misalnya, jika kamu ingin membeli rumah secara tunai dari orang asing, kamu mungkin tidak yakin apakah si penjual akan menyerahkan rumah tersebut kepada kamu setelah kamu transfer uangnya. Sementara, jika kamu yang ada di posisi penjual, kamu mungkin tidak bisa memastikan apakah kamu akan dibayar setelah selesai transaksi. Tanpa perantara yang dapat dipercaya, kamu bisa menggunakan Smart Contracts untuk menyelesaikan masalah ini. Pembeli menyiapkan uang mereka, yang kemudian akan ditransfer ke penjual  sesudah kepemilikan rumah diselesaikan.

Pendiri Ethereum adalah Vitalik Buterin, seorang jenius dari Rusia yang pernah menjadi anggota tim pengembangan Bitcoin. Ia telah menerima dukungan luar biasa dari perusahaan raksasa seperti J.P Morgan Chase, Microsoft, dan Intel.

Ethereum sebenarnya adalah blockchain yang menggunakan token Ether. The New York Times menjelaskan Ethereum sebagai “satu komputer yang dijalankan bersama sama oleh jaringan pengguna yang sumber dayanya dibagikan dan dibayar oleh Ether.”, Yang juga mirip dengan Bitcoin dalam hal penambangan. Ethereum adalah catatan bersama dari seluruh riwayat transaksi, tetapi satu (tidak seperti Bitcoin) yang memungkinkan pengembang untuk menulis program mereka sendiri. Baca lebih lanjut tentang teknis di white paper nya di sini.

Apa itu Ripple?

Ripple (XRP) adalah sebuah nama platform dan token. Dirancang untuk transaksi instan, terutama yang lintas batas. Perbedaan utama antara XRP dan Bitcoin adalah bahwa XRP tidak dimaksudkan untuk penggunaan pribadi, melainkan diciptakan untuk memisahkan sistem transaksi tradisional pada tingkat global. Semua token Ripple dijual di awal; tidak ada penambangan seperti Bitcoin, yang artinya menggunakan biaya dan daya hitung yang jauh lebih sedikit.

Gagasan untuk Ripple dimulai pada 2004 tetapi baru diluncurkan  pada 2013 ketika Jed McCaleb, salah satu pendiri XRP dan pendiri jaringan Donkey, mengundang investor untuk berinvestasi di Ripple Labs. Chris Larsen ikut mendirikan proyek ini. Hingga hari ini, Ripple mendapat dukungan fantastis dari Google dan bahkan dari salah satu bank terbesar di Thailand, Siam Commercial Bank (SCB). Bank tersebut bergabung dengan RippleNet, jaringan kelembagaan Ripple untuk transaksi lintas batas yang lebih mudah yang bertujuan untuk menggantikan sistem SWIFT saat ini.

Beberapa orang mengatakan Ripple seperti kartu joker karena token dapat ditukar dengan apa pun yang Anda inginkan dari USD hingga frequent flyer miles.

Apa itu Litecoin?

Litecoin (LTC) diciptakan oleh seorang mantan insinyur di Google, Charles Lee. Tujuannya adalah agar Litecoin menjadi versi Bitcoin yang diperbaharui untuk para trader.

Perbedaan utama antara Litecoin dan Bitcoin adalah bahwa blok baru Litecoin  dibuat jauh lebih cepat daripada Bitcoin. Blok bitcoin biasanya dibuat setidaknya setiap 10 menit, yang membuat transaksi Litecoin jauh lebih cepat. Namun, ukuran blok Litecoin lebih besar dari Bitcoin, yang dapat menyebabkan blok yang tidak terpilih lebih mudah muncul.

Mirip dengan Bitcoin, Litecoin memiliki persediaan terbatas. Jumlah maksimum nya adalah 84 juta koin dan perlu ditambang selama periode waktu tertentu.

Apa itu Bitcoin Cash?

Bitcoin Cash (BCH) adalah Altcoin yang di “hard-forked” dari rantai Bitcoin utama. Proyek BCH dimulai dengan penambang dan pengembang Bitcoin yang memiliki kepedulian tentang skalabilitas dan kecepatan Bitcoin dengan lebih banyak transaksi di masa depan sehingga mereka tidak berpikir ada cara lain selain mencetuskan Bitcoin Cash.

* Hard fork adalah perubahan instruksi sehingga perangkat lunak yang memvalidasi berdasarkan aturan lama akan memeriksa blok-blok yang dihasilkan dengan aturan baru sebagai tidak valid.

Jadi pada Agustus 2017, Bitcoin Cash memulai Blockchain nya sendiri dan mengajak para penambang bergabung (seperti Bitcoin). Perbedaan utamanya adalah bahwa ia memiliki blok yang lebih besar, yang memungkinkan untuk transaksi lebih cepat dan lebih banyak fleksibilitas.

Tetapi, banyak yang berpikir bahwa transaksi yang cepat dan biaya pemrosesan yang lebih rendah mungkin menyebabkan tingkat keamanan yang lebih lemah. Bahkan dengan BCH, masih ada kekhawatiran tentang skalabilitas Bitcoin dan beberapa orang berpikir BCH bukan solusiyang tepat untuk masalah ini. Namun, banyak yang sudah berminat dengan Bitcoin Cash  dan mendapat dukungan dari pasar dengan volume perdagangan yang lumayan.

Koin apa yang harus saya perdagangkan dulu?

Ada banyak faktor yang harus Anda pertimbangkan saat menentukan aset digital terbaik untuk dibeli pada waktu tertentu. Aset Digital adalah investasi yang fantastis, asalkan ada yang tahu cara berdagang di dalamnya. Namun keadaan sudah bukan seperti di awal tahun 2009, sekarang keadaan sudah banyak berubah. Jadi apa aset digital yang bagus untuk dibeli? Semoga artikel ini akan memandu Anda untuk jawaban yang Anda cari.

Aset Digital mengalami kenaikan pada 2017. Kapitalisasi pasar aset digital tumbuh dari $ 21 miliar menjadi sekitar $ 454 miliar. Kebanyakan orang mulai memperjualbelikan Bitcoin terlebih dahulu karena merupakan aset digital paling dominan yang gampang diperoleh. Bisa dimulai dengan nilai sekitar $ 0,003.  Dan selama bertahun-tahun, nilainya telah meningkat secara drastis. Saat ini, Bitcoin bernilai sedikit di atas USD 170.000 pada saat artikel ini ditulis.Awalnya ini adalah satu-satunya mata uang digital yang tersedia, tetapi waktu telah berubah.  Sekarang, dengan adanya lebih dari 5.000 Altcoin yang tersedia, untuk memilih investasi yang tepat adalah keputusan yang cukup sulit. Pasar tidak lagi hanya tentang bitcoin. Dengan altcoin seperti Ethereum, Litecoin, dan Ripple yang telah tampil luar biasa selama bertahun-tahun, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Bitcoin adalah aset digital pertama yang saat ini memiliki nilai tertinggi dari semua aset digital. Apa yang awalnya dimulai sebagai sistem uang tunai elektronik peer to peer sekarang telah berubah menjadi penyimpan nilai dan baru-baru ini menjadi teknologi dalam bentuk blockchain. Aset Digital seperti Bitcoin dan Ethereum didesentralisasi. Dan karenanya, harga menjadi bergejolak, jadi penting untuk memahami hal ini ketika pertama kali berinvestasi.

Kami mungkin tidak dapat memberi tahu kamu apa yang harus diinvestasikan karena setiap investor memiliki kebutuhan pribadi dan batasan resiko masing masing. Jadi sekarang, mari kita lihat  beberapa faktor yang bisa kamu gunakan ketika memilih Altcoin. Di Zipmex, kami hanya menawarkan token token yang sudah dicoba dan token ‘blue-chip’ yang sesungguhnya di industri ini sehingga kamu dapat melakukan transaksi dengan aman dan tenang bersama kami.

Memahami pasar

Seperti Warren Buffet pernah berkata, “Jangan pernah berinvestasi pada sesuatu yang Anda tidak mengerti.” Langkah pertama untuk berinvestasi dalam aset digital adalah memahami apa itu dan bagaimana cara kerjanya. Jangan hanya terbatas pada mempelajari apa itu aset digital. Pahamilah cara kerja pasar, tren, dan sebagainya. Setelah kamu tahu bagaimana pasar bekerja, dan menentukan bagaimana pola atau tren terjadi, kamu akan menjadi lebih pintar untuk investasi. Ketahuilah bahwa pasar aset digital sangat bergejolak. Pergeseran agak tidak dapat diperkirakan. Altcoin biasanya memiliki lebih banyak pergerakan dibandingkan dengan Bitcoin dan memiliki volume perdagangan lebih sedikit, yang berarti lebih sedikit likuiditas. Pelajari pasar dan hitunglah dengan baik risikonya!

Pelajari tentang kegunaan

Pada dasarnya sebagian besar token diciptakan untuk beberapa kegunaan. Ethereum diciptakan untuk Smart contracts, dan Bitcoin dimaksudkan untuk menjadi mata uang baru. Cobalah untuk mempelajari kegunaan masing-masing koin dan manfaatnya karena itu yang membedakan koin tersebut dari koin lain dan memungkinkan kamu melihat nilai yang mendasarinya. Bacalah whitepapers  tentang mereka sebanyak yang kamu bisa. Dokumen yang lengkap dan terperinci ini bermanfaat bagi penggunanya dengan memberi mereka pengetahuan tentang koin dan tujuannya. Whitepapers seringkali merupakan cara yang baik untuk mengetahui apakah layak atau tidak berinvestasi di suatu proyek. Jika pihak yang menerbitkannya tidak dapat menjelaskan kegunaan token mereka, maka mungkin tidak layak untuk berinvestasi disitu. Informasi ini dapat membantu untuk mempersempit pilihan aset digital mana yang baik untuk dibeli. Hindari berinvestasi pada token tanpa manfaat (atau tanpa dukungan aset) karena ada kemungkinan besar itu bisa kehilangan nilainya dengan cepat.

Jangan taruh semua telur dalam satu keranjang

Jika kamu menjatuhkan sebuah keranjang, semua telurnya akan pecah. Lihatlah beberapa koin dan aset yang berbeda untuk mendiversifikasi portofolio kamu. Investasikan sejumlah kecil dulu sampai kamu tahu pasar mana yang lebih baik. Jika ada perubahan mendadak yang tidak terduga dalam salah satu harga, kamu akan selalu memiliki investasi lain untuk menyeimbangkan risiko.

Lihatlah berbagai jenis token

Ada lebih banyak jenis koin daripada yang Anda bayangkan, seperti Stablecoin atau token beragun Aset, yang mengikat nilainya dengan aset. Misalnya nilai USDT terikat dengan nilai USD sebenarnya. Token yang didukung aset nilainya bisa dipatok terhadap mata uang digital lain, komoditas seperti emas atau bahkan uang kertas. Token ini harganya lebih stabil karena mereka tidak memiliki gejolak yang tinggi seperti aset digital karena  ada bisnis yang mendukungnya.

Tidak seperti token beragun aset, token sekuritisasi biasanya tunduk pada peraturan yang diberlakukan oleh badan terkait pemerintah. STO adalah hal yang masih sangat baru, dan belum banyak dilihat atau diperdagangkan. Salah satu bentuk paling umum dari STO yang kita lihat adalah token sekuritisasi real estate. Misalnya, perusahaan real estate ingin mengumpulkan uang untuk proyek tertentu yang sedang mereka bangun. Daripada harus mengumpulkan dana publik untuk seluruh perusahaan melalui IPO, mereka hanya dapat mengumpulkan dalam skala yang lebih kecil melalui STO. Di sisi lain, tidak semua orang dapat memiliki akses ke saham pra-IPO sampai mereka sudah diperdagangkan secara publik di pasar. STO memungkinkan siapa saja untuk berpartisipasi dalam proses penggalangan dana utama dan juga dapat menjual (atau membeli lebih banyak) begitu token tersebut telah terdaftar di bursa.

Kami harap sekarang kamu mengerti apa itu Altcoin dan apa saja pilihan pilihan kamu.

Kami juga berharap kamu sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai masing-masing Altcoin begitu pula dengan pro dan kontranya.

Di Zipmex, kami adalah exchange yang teregulasi  oleh Bappebti yang siap membantu kamu dalam berinvestasi .

Ikuti kami di Facebook atau Twitter untuk promo terbaru kami.